IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS DALAM MENETAPKAN TUJUAN PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 2 PEMALANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i3.29319Keywords:
learning, clinical supervision, learning objectivesAbstract
The purpose of this study to describe the implementation of Clinical Supervision in helping teachers set learning objectives that are in accordance with student characteristics and learning outcomes at SMP Negeri 2 Pemalang. Clinical Supervision is a collaborative mentoring approach for teachers in teacher professional development. Clinical Supervision carried out on teachers at SMP Negeri 2 Pemalang aims to determine learning objectives with stages of planning, implementation, evaluation and follow-up. The research method used is descriptive qualitative with data collection techniques through interviews, observations, and documentation studies. The results of the study indicate that the implementation of clinical supervision can improve teachers' ability to formulate learning objectives that are in line with learning outcomes and student characteristics.Downloads
References
Aminah, I, A, N, dan Sya’bani, M, A, Y. Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Agama Islam Jurnal Pendidikan Islam Al Ilmi. Vol 6 No. 2 2023
Andina, F, N, dkk. (2023). Analisis Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Vol 7 (3) Juni 2023, Hal 392 – 404
Ansori, A, Supriyanto A, Burhanuddin. (2016). Pelaksanaan Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 12 Bulan Desember Tahun 2016 Halaman: 2321-2326.
Fauzi, F. (2020). Peningkatan Profesional Guru melalui Supervisi Klinis. EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam Volume 7 No 2 Hal 109-128 2020.
Ginanto, D. (2024). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Edisi Revisi Tahun 2024. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Husnah, A, dkk. (2023). Analisis Materi IPS dalam Pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora Vol.3, No.1 Nopember 2023.
Kartini dan Susanti. (2019). Supervisi Klinis oleh Kepala Sekolah terhadap Kualitas Pembelajaran JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan) Volume 4, No. 2, Juli-Desember 2019.
Perdirjen GTK. (2023). Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 2626/B/HK.04.01/2023 tentang Model Kompetensi Guru. Kemenristek.
Permendikbud Ristek. (2024). Nomor 25 Tahun 2024 tentang Perubahan atas Nomor Permendikbud Nomor 15 Tahun 2018 tentang pemenuhan beban kerja, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Kemendikbudristek.
Putri, C, A, D, Rindayatiti, E, dan Darmawisma, R. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. Jurnal PTK, Vol.3 No.1 November 2022.
Putri, T, A, Sari, N, dan Hidayani, S. (2025). Manajemen Supervisi Klinis Kepala Madrasah di MTS Tarbiyah Waladiyah Pulau Banyak. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam Volume 3, Nomor 2, Tahun 2025.
Nurcholiq, M. (2017). Supervisi Klinis. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol 1 No. 1 2017.
Slamet, dan Fatimah, M. (2025). Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam Melalui Supervisi Klinis. Didaktika: Jurnal Kependidikan Vol. 14 No. 1 Februari 2025.
Susanti, S, Lian B, dan Puspita Y. (2020). Implementasi Strategi Kepala Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai Halaman 1644-1657 Volume 4 Nomor 2 Tahun 2020.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.