PENGEMBANGAN APLIKASI PEMALAK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PAI BP UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS V PADA MATERI AKHLAK
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29325Keywords:
Aplikasi PEMALAK, Pembelajaran PAI BP, Materi akhlakAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi PEMALAK (Pembelajaran Materi Akhlak) sebagai media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas V dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI BP), khususnya pada materi akhlak. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Aplikasi ini dirancang untuk menyajikan materi akhlak secara menarik melalui fitur-fitur seperti teks materi, video animasi, lagu edukatif, dan kuis interaktif. Hasil validasi oleh ahli materi dan media menunjukkan rata-rata kelayakan sebesar 99,5% yang tergolong “sangat valid”. Uji efektivitas menggunakan pretest dan posttest menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman siswa, dengan nilai N-Gain rata-rata sebesar 0,64 (kategori sedang). Selain itu, tanggapan siswa terhadap aplikasi sangat positif, dengan tingkat kelayakan mencapai 94%. Temuan ini menunjukkan bahwa aplikasi PEMALAK mampu menjadi solusi inovatif dalam pembelajaran akhlak di sekolah dasar, serta berkontribusi dalam membentuk karakter siswa melalui pendekatan digital yang relevan dengan kebutuhan zaman.Downloads
References
Abdurrochim, P. L., Khairunnisa, Y., Nurani, M., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan aplikasi BEAT (belajar asyik tentang) pendidikan agama islam untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam siswa sekolah dasar. 6(3), 3972–3981. https://jbasic.org/index.php/basicedu
Aeni, A. N., Aulia, C. R., Fauziah, L. N. E., & Fernando, Y. (2022). Pengembangan lagu “malaikatku” sebagai mediaedukasi mengenalkan malaikat Allah dalam islam bagi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4549–4557. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2722
Aeni, A. N., Djuanda, D., Maulana, M., Nursaadah, R., & Sopian, S. B. P. (2022). Pengembangan aplikasi games edukatif wordwall sebagai media pembelajaran untuk memahami mater pendidikan agama islam bagi siswa SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1835. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9313
Ahmad, S. A., Sriwahyuni, W., Aeni, A. N., & Mutmainnah, A. (2023). Pengembangan BANGDZAMAL sebagai media pembelajaran digital PAI kelas VI SD. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 690. https://doi.org/10.35931/am.v7i2.2079
Diniyati, A., Salma, N. D., & Farhurahman, O. (2025). Pemanfaatan media pembelajaran digital untuk meningkatkan literasi siswa pada mata pelajaran IPS di sekolah dasar. Aliansi: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(1), 97–110. https://doi.org/10.62383/aliansi.v2i1.672
Fatimah, S. N., Aghniya, H. Z., Rahmanto, D., & Aeni, A. N. (2022). Penerapan aplikasi character building untuk meningkatkan akhlak terpuji siswa kelas 3 sekolah dasar. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(3), 1193. https://doi.org/10.35931/aq.v16i3.1056
Haq, I. A., Enjang Yusup Ali, & Atep Sujana. (2024). Pengembangan video animasi SIDARAH (sistem peredaran darah manusia) untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik SD. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1499–1514. https://doi.org/10.58230/27454312.704
Laras, I., Supriatna, A., Mariam, H. E., Asyrika, S., & Mulyati, S. (2023). Implementasi pembelajaran pendidikan agama islam (PAI) dalam peningkatan akhlak siswa sekolah dasar. Jurnal Primary Edu, 1(2), 203–214.
Oktaviany, D., & Ramadan, Z. H. (2023). Analisis dampak bullying terhadap psikologi siswa sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1245–1251. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5400
Purnamasari, N. L. (2019). Metode addie pada pengembangan media interaktif adobe flash pada mata pelajaran TIK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 5(1), 23–30. https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/pena-sd/article/view/1530
Rabbani, M. R., Zaky, U., Informatika, P. S., Sains, F., Yogyakarta, U. T., Studi, P., Informasi, S., Sains, F., & Yogyakarta, U. T. (2024). Development of counseling applications in prevention efforts. 7, 2173–2183.
Sari, M., Wardefi, R., & Padang, U. N. (2025). Efektivitas media pembelajaran lift the flap book. 03(01), 19–34.
Septiani, I. R., Ali, E. Y., & Ismail, A. (2024). Analisis keefektifan implementasi game based learning dalam meningkatkan pemahaman siswa materi sistem tata surya. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1560–1566. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1171
Solihin, A., Subrata, H., Ummah, F., & Rodiyana, R. (2024). Meningkatkan minat belajar musik nusantara melalui kartu eksplorasi kearifan lokal QR-code di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 8(5), 3(2), 524–532. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7989
Suci, M. N., & Ibrahim, R. (2023). Penanaman nilai-nilai pendidikan akhlak sebagai upaya preventif tindakan bullying di boarding school kasus bullying di Indonesia yang dilakukan oleh federasi serikat guru Indonesia ( FSGI ). Mereka mencatat terdapat sebanyak 16 kasus perundungan di sekola. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 308–322. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v6i2.3176
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141
Yunianti, C. (2023). Reaktualisasi pendidikan akhlak dalam upaya pencegahan terhadap maraknya isu bullying di dunia pendidikan. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 4208–4226. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/8513
Yusriutami, A., Nugraha, R. G., & Ali, E. Y. (2024). Pengembangan video pembelajaran berbasis KineMaster pada pelajaran pendidikan pancasila kelas IV sekolah dasar. 13(3), 4257–4272.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.