Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) dan Media Konkret Eksploratif Geometri terhadap Kemampuan Numerasi Siswa pada Materi Bangun Ruang
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29337Keywords:
problem based learning (PBL), concrete media, numeracy skillsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh penggunaan model PBL dan media konkret eksploratif geometri terhadap kemampuan numerasi siswa kelas V SD Negeri Krengseng 4. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Krengseng yang berjumlah 72 siswa. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik non-probability sampling jenis purposive sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri Krengseng 4 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V .SD Negeri Krengseng 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes kemampuan numerasi yang berjumlah sepuluh soal berupa soal essay. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik inferensial berupa uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat berupa uji linieritas, uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F. hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PBL dan media konkret eksploratif geometri pada uji F memiliki nilai sig 0,000 yang artinya hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model PBL dan media konkret eksploratif geometri terhadap kemampuan numerasi siswa pada materi bangun ruang kelas V SD Negeri Krengseng 4.Downloads
References
Dahlia, D., Oci, N., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2024). Peran Soft Skill dan Hard Skill dalam Kemampuan Numerasi Siswa (Systemactic Lyterature Review). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 4185–4196. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i4.7471
Darmastuti, L. ., Meiliasari, M. ., & Rahayu, W. (2024). 40289-Article Text-121040-1-10-20240416-1. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 8(1), 17–26.
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.
Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi., Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). “Materi Pendukung Literasi Numerasi.” Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, Tim GLN Kemendikbud., 8(9), 1–58. https://repositori.kemdikbud.go.id/11628/1/materi-pendukung-literasi-numerasi-rev.pdf
Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 905–910. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29305
Kemdikbud. (2024). Apa itu rapor pendidikan. https://pusatinformasi.raporpendidikan.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6545029651609-Tentang-Rapor-Pendidikan-dan-Rapor-Mutu
Khoirunnisa, S., & Adirakasiwi, A. G. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Smp Pada Era Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(3), 925–936. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17393
Meningkatkan, U., Konsep, P., & Siswa, G. (2024). DIKMAT: Jurnal Pendidikan Matematika. 5(2), 1–8.
Moh Slamet Sutrimo, Sajdah, S. N., Sinambela, Y. V. F., & Bagas, R. (2024). Peningkatan literasi numerasi melalui model pembelajaran dan hubungannya dengan kemampuan self-efficacy: Systematic literatur review. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(1), 61–72. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i1.21650
Murtafiah, Fauziah Hakim, & Dewi Sartika. (2024). Penguatan Literasi Numerasi Melalui Workshop Pengenalan Aplikasi Aksi Di Sekolah Dasar. Jurnal Abdi Nusa, 4(2), 126–131. https://doi.org/10.52005/abdinusa.v4i2.252
Ndraha, H., & Harefa, A. R. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Gunungsitoli Utara. Journal on Education, 06(01), 5328–5339.
OECD. (2023). Pisa 2022 Results. In Factsheets: Vol. I. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2022-results-volume-i_53f23881-en%0Ahttps://www.oecd.org/publication/pisa-2022-results/country-notes/germany-1a2cf137/
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2022). Analisis Capaian Siswa Indonesia Pada PISA dan Urgensi Kurikulum Berorientasi Literasi dan Numerasi Bagaimana trend capaian tersebut ? dan sejauh mana perubahan kurikulum selama ini berdampak pada. Jurnal Studi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–12.
Simbolon, S., Sapri, S., & Sapri, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2510–2515. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2081
Wahyuni, D., & Septiati, E. (2024). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik SMP Melalui Soal Cerita. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1579–1589. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.2721
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Downloads
Published
Versions
- 2025-08-06 (2)
- 2025-08-06 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.