PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA ANAK MELALUI METODE CIRC PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ardian Falentina Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Decenni Amelia Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29374

Keywords:

CIRC Method, Reading Comprehension, Children’s Stories

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman membaca cerita anak pada siswa kelas V SD Negeri Duren Jaya XII dengan menerapkan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya literasi membaca siswa, terbukti dari skor PISA 2022 dan hasil asesmen nasional sekolah yang menunjukkan nilai rata‑rata di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM ≥ 75). Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menurut Kemmis & McTaggart, dilaksanakan dalam dua siklus, masing‑masing terdiri atas empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 33 siswa kelas V, dengan data dikumpulkan melalui observasi aktivitas guru dan siswa serta tes membaca pemahaman. Hasil observasi menunjukkan peningkatan aktivitas guru dari 62,5% pada Siklus I pertemuan 1 menjadi 100% pada Siklus II pertemuan 2, dan aktivitas siswa dari 56,25% menjadi 93,75%. Nilai rata‑rata membaca pemahaman siswa meningkat dari 63,94 (kondisi awal) menjadi 68,61 pada Siklus I dan 77,80 pada Siklus II, dengan persentase ketuntasan belajar naik dari 55% menjadi 88%. Temuan ini menegaskan bahwa metode CIRC efektif mendorong keterlibatan aktif siswa dan meningkatkan pemahaman isi bacaan, sehingga direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ibtidaiyah, 3(1), 15–22.

https://doi.org/10.36835/au.v3i1.

475

Biat, I. T., & Abdulah, M. M. (2024).

PENINGKATAN KEMAMPUAN

MEMBACA PEMAHAMAN

SISWA KELAS III SD NEGERI 1

BIRA MELALUI METODE

COOPERATIVE INTEGRATED

READING AND COMPOSITION

disebabkan oleh beberapa faktor

, baik yang berasal dari diri siswa

atau dari luar diri. 5(5), 742–753.

Lutfiyana, A., Safira, E. R., Lukman,

G. P., Syahidah, I. N., Rahman,

N. M., & Purentra, S. J. (2019).

Analisis Kemampuan Membaca

Pemahaman Siswa dengan

Media Cerita Pendek. Seminar

Nasional Bahasa dan Sastra

Indonesia Sasindo Unpam 2019,

332–338.

Marliana, P., & Maharbid, D. A.

(2024). Efektivitas Kegiatan

Bimba Qwerty Terhadap

Peningkatan Literasi Pada Siswa-

Siswi di SDN Pantai Makmur 03.

xx(xx), 7–12.

OECD. (2023). PISA 2022 Results

Factsheets Indonesia. OECD

(Organisation for Economic Co-

operation and Development)

Publication, 1–9.

https://www.oecd.org/en/publicati

ons/pisa-2022-results-volume-i-

and-ii-country-notes_ed6fbcc5-

en/indonesia_c2e1ae0e-en.html

Restiani, O. N., Arafik, M., & Rini, T. A.

(2022). Analisis Kesulitan

Membaca Pemahaman Teks

Narasi pada Peserta Didik Kelas

V SD. Jurnal Pembelajaran,

Bimbingan, dan Pengelolaan

Pendidikan, 2(11), 1053–1067.

https://doi.org/10.17977/um065v

2i112022p1053-1067

Sidebang, R., Karo, K. B., & Ginting,

B. (2024). Penggunaan Media

Buku Cerita Dongeng untuk

Meningkatkan Keterampilan

Literasi Membaca Anak di SD

Negeri 043952 Sukaramai

Kabupaten Karo. 1(2), 177–181.

Yulia Rahmi, I. M. (2020).

Peningkatan Kemampuan

Membaca Pemahaman Siswa

Melalui Metode Pembelajaran

Cooperative Integrated Reading

And Compotion (CIRC). Jurnal

Basicedu, 4(3).

Downloads

Published

2025-08-02