PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA ANAK MELALUI METODE CIRC PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29374Keywords:
CIRC Method, Reading Comprehension, Children’s StoriesAbstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman membaca cerita anak pada siswa kelas V SD Negeri Duren Jaya XII dengan menerapkan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya literasi membaca siswa, terbukti dari skor PISA 2022 dan hasil asesmen nasional sekolah yang menunjukkan nilai rata‑rata di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM ≥ 75). Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menurut Kemmis & McTaggart, dilaksanakan dalam dua siklus, masing‑masing terdiri atas empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 33 siswa kelas V, dengan data dikumpulkan melalui observasi aktivitas guru dan siswa serta tes membaca pemahaman. Hasil observasi menunjukkan peningkatan aktivitas guru dari 62,5% pada Siklus I pertemuan 1 menjadi 100% pada Siklus II pertemuan 2, dan aktivitas siswa dari 56,25% menjadi 93,75%. Nilai rata‑rata membaca pemahaman siswa meningkat dari 63,94 (kondisi awal) menjadi 68,61 pada Siklus I dan 77,80 pada Siklus II, dengan persentase ketuntasan belajar naik dari 55% menjadi 88%. Temuan ini menegaskan bahwa metode CIRC efektif mendorong keterlibatan aktif siswa dan meningkatkan pemahaman isi bacaan, sehingga direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar.Downloads
References
Ibtidaiyah, 3(1), 15–22.
https://doi.org/10.36835/au.v3i1.
475
Biat, I. T., & Abdulah, M. M. (2024).
PENINGKATAN KEMAMPUAN
MEMBACA PEMAHAMAN
SISWA KELAS III SD NEGERI 1
BIRA MELALUI METODE
COOPERATIVE INTEGRATED
READING AND COMPOSITION
disebabkan oleh beberapa faktor
, baik yang berasal dari diri siswa
atau dari luar diri. 5(5), 742–753.
Lutfiyana, A., Safira, E. R., Lukman,
G. P., Syahidah, I. N., Rahman,
N. M., & Purentra, S. J. (2019).
Analisis Kemampuan Membaca
Pemahaman Siswa dengan
Media Cerita Pendek. Seminar
Nasional Bahasa dan Sastra
Indonesia Sasindo Unpam 2019,
332–338.
Marliana, P., & Maharbid, D. A.
(2024). Efektivitas Kegiatan
Bimba Qwerty Terhadap
Peningkatan Literasi Pada Siswa-
Siswi di SDN Pantai Makmur 03.
xx(xx), 7–12.
OECD. (2023). PISA 2022 Results
Factsheets Indonesia. OECD
(Organisation for Economic Co-
operation and Development)
Publication, 1–9.
https://www.oecd.org/en/publicati
ons/pisa-2022-results-volume-i-
and-ii-country-notes_ed6fbcc5-
en/indonesia_c2e1ae0e-en.html
Restiani, O. N., Arafik, M., & Rini, T. A.
(2022). Analisis Kesulitan
Membaca Pemahaman Teks
Narasi pada Peserta Didik Kelas
V SD. Jurnal Pembelajaran,
Bimbingan, dan Pengelolaan
Pendidikan, 2(11), 1053–1067.
https://doi.org/10.17977/um065v
2i112022p1053-1067
Sidebang, R., Karo, K. B., & Ginting,
B. (2024). Penggunaan Media
Buku Cerita Dongeng untuk
Meningkatkan Keterampilan
Literasi Membaca Anak di SD
Negeri 043952 Sukaramai
Kabupaten Karo. 1(2), 177–181.
Yulia Rahmi, I. M. (2020).
Peningkatan Kemampuan
Membaca Pemahaman Siswa
Melalui Metode Pembelajaran
Cooperative Integrated Reading
And Compotion (CIRC). Jurnal
Basicedu, 4(3).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.