Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Teknik Pukulan Gating pada Permainan Woodball

Authors

  • Rifky Faran Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Irfan Zinat Achmad, S.Pd., M.Pd.2 Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Astri Ayu Irawan, S.Pd., M.Pd. Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ruslan Abdul Gani, S.Pd., M.Pd. Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29489

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap teknik pukulan gating pada permainan woodball. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah 33 siswa ekstrakurikuler woodball di SMAS Villa Mas Jakarta yang diambil dengan teknik total sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar penilaian keterampilan pukulan gating mencakup persiapan, cara memegang mallet, ayunan, pukulan, dan akurasi arah. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil post-test dibandingkan pre-test, yang berarti model pembelajaran PBL efektif dalam meningkatkan kemampuan teknik pukulan gating siswa dalam permainan woodball. Dengan demikian, PBL dapat direkomendasikan sebagai alternatif model pembelajaran olahraga berbasis keterampilan khususnya untuk cabang permainan woodball.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adesemowo, P. O. (2022). Pendidikan sebagai Proses Integral Perkembangan Manusia.

Astuti. (2023). Meta-analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap

Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Dan

Pembelajaran Kimia, 12(2), 88–99.

Humas Media KONI Pusat. (2013). Woodball Resmi Menjadi Anggota KONI.

Kristiana. (2022). Pembelajaran Berbasis Masalah: Pengaruhnya terhadap Kemampuan

Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1),

45–57.

Meilasari, S., Damris M, D. M., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem

Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan

Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849

Novitasari. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah: Strategi Pembelajaran Efektif dalam

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(2),

213–220.

Nugroho. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Kolaboratif terhadap Keterampilan

Komunikasi Ilmiah Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 10(3), 157–168.

Rohaeti, E. , & S. I. (2021). Desain Penelitian Pretest-Posttest dalam Penelitian Pendidikan.

Jurnal Penelitian Pendidikan.

Wardani, S. (2022). Karakteristik Masalah dalam Pembelajaran Berbasis Masalah: Tinjauan

Teoritis dan Praktis. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 55(1), 67–79.

Wulandari. (2021). Pengembangan Keterampilan Metakognitif Siswa melalui Implementasi

Problem Based Learning dalam Pembelajaran Fisika SMA. Jurnal Pendidikan Sains Dan

Matematika, 9(1), 12–26.

Yustianingsih. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pembelajaran

Berbasis Masalah: Tahap Menguraikan dan Menyajikan Hasil Karya. Jurnal Didaktik

Matematika, 9(2), 76–89.

Downloads

Published

2025-08-04