Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Teknik Pukulan Gating pada Permainan Woodball
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29489Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap teknik pukulan gating pada permainan woodball. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah 33 siswa ekstrakurikuler woodball di SMAS Villa Mas Jakarta yang diambil dengan teknik total sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar penilaian keterampilan pukulan gating mencakup persiapan, cara memegang mallet, ayunan, pukulan, dan akurasi arah. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil post-test dibandingkan pre-test, yang berarti model pembelajaran PBL efektif dalam meningkatkan kemampuan teknik pukulan gating siswa dalam permainan woodball. Dengan demikian, PBL dapat direkomendasikan sebagai alternatif model pembelajaran olahraga berbasis keterampilan khususnya untuk cabang permainan woodball.Downloads
References
Adesemowo, P. O. (2022). Pendidikan sebagai Proses Integral Perkembangan Manusia.
Astuti. (2023). Meta-analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap
Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Dan
Pembelajaran Kimia, 12(2), 88–99.
Humas Media KONI Pusat. (2013). Woodball Resmi Menjadi Anggota KONI.
Kristiana. (2022). Pembelajaran Berbasis Masalah: Pengaruhnya terhadap Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1),
45–57.
Meilasari, S., Damris M, D. M., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan
Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849
Novitasari. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah: Strategi Pembelajaran Efektif dalam
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(2),
213–220.
Nugroho. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Kolaboratif terhadap Keterampilan
Komunikasi Ilmiah Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 10(3), 157–168.
Rohaeti, E. , & S. I. (2021). Desain Penelitian Pretest-Posttest dalam Penelitian Pendidikan.
Jurnal Penelitian Pendidikan.
Wardani, S. (2022). Karakteristik Masalah dalam Pembelajaran Berbasis Masalah: Tinjauan
Teoritis dan Praktis. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 55(1), 67–79.
Wulandari. (2021). Pengembangan Keterampilan Metakognitif Siswa melalui Implementasi
Problem Based Learning dalam Pembelajaran Fisika SMA. Jurnal Pendidikan Sains Dan
Matematika, 9(1), 12–26.
Yustianingsih. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pembelajaran
Berbasis Masalah: Tahap Menguraikan dan Menyajikan Hasil Karya. Jurnal Didaktik
Matematika, 9(2), 76–89.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.