IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER: PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUS DI LINGKUNGAN SMP AL MADINAH

Authors

  • Fatwa Qolbi Khoiriah, Tika Martalinda Institut Miftahul Huda
  • Naila Khairunnisa, Munasir, Muchamad Rifki Institut Miftahul Huda

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29538

Keywords:

Character Education Implementation, Character Development, Religious Character

Abstract

Pengembangan karakter religius merupakan aspek fundamental dalam pendidikan yang bertujuan menanamkan nilai-nilai keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia kepada peserta didik. Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembentukan karakter religius siswa di SMP Al Madinah melalui pendekatan terintegrasi dalam kehidupan sekolah. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggambarkan berbagai upaya yang dilakukan sekolah, seperti metode pembiasaan, keteladanan, integrasi pembinaan spiritual, peran aktif OSIS dalam bidang peribadatan, pelaksanaan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), serta dukungan fasilitas ibadah. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembiasaan kegiatan keagamaan secara rutin, keteladanan guru dalam perilaku sehari-hari, serta lingkungan yang mendukung praktik keagamaan mampu membentuk karakter religius siswa secara efektif. Selain itu, peran OSIS dan kegiatan PHBI memberikan ruang aktualisasi nilai keagamaan dalam bentuk yang kreatif dan partisipatif. Fasilitas ibadah yang memadai turut memperkuat proses internalisasi nilai religius dalam diri siswa. Dengan pendekatan yang holistik dan berkesinambungan, SMP Al Madinah mampu mencetak peserta didik yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga matang secara spiritual dan berakhlak mulia. Kata Kunci: Implementasi Pendidikan Karakter, Pengembangan Karakter, Karakter Religius

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aladdin, Hisyam & Alaika. (2019). Peran Materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah

dalam Membentuk Karakter Kebangsaan. Jurnal Penelitian Medan Agama,

10(2), 152-173.

Aryanti, Wida Dwi. (2017). Peranan Sekolah dalam Membentuk Karakter Religius dan

Disiplin Peserta Didik. Jurnal Civic Hukum, 2(2), 78-88.

Atin, Sri., dkk. (2024). Pembentukan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar dalam

Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 29-40.

Cahyani, D, I, dkk. (2021). Peran Lembaga Pendidikan dalam Membentuk Karakter

Peserta Didik Era 4.0 di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Journal of Educational

Integration and Development, 1(3), 181-190.

Dacholfany, M. I., dkk. (2023). Integrasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran

Agama Islam di SMP Islam Darul Muttaqin Metro Lampung. Profetik: Jurnal

Mahasiswa Pendidikan Agama Islam, 4(1), 97-103.

Firmansyah, Mokh, Iman. (2019). Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan,

Dasar, dan Fungsi. Ta’lim: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 79-90.

Fitrianis, Elsi., dkk. (2025). Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam di

Era Revolusi Digital. Aktivisme: Jurnal Ilmu Pendidikan, Politik, dan Sosial

Indonesia, 2(1), 135-144.

Hardiyanti, Rizki. (2016). Teachers Character Development in Teacher Education.

Proceedings of the 1st Annual International Seminar on Transformative

Education and Educational Leadership (AISTEEL).

Hayati, Fitri Nur., dkk. (2020). Strengthening of Religious Character Education Based

on School Culture in the Indonesian Secondary School. The European

Educational Researcher.

Hidayati, Nurul. (2012). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter

Siswa (Studi Kasus di SMP Islam Ma’arif 02 Malang). Skripsi. Malang: UIN

Maulana Malik Ibrahim.

Jaelani, Juhri, dkk. (2025). Analysis of The Thought of KH. Ahmad Dahlan and Its

Implications for The Development of Education, Akhlaq, and Religion in

Indonesia. Civillazation Research Journal of Islamic Studies, 4(1), 59-76.

Johan, Budi., dkk. (2024). Tantangan dan Peluang Pendidikan Islam dalam Konteks

Modern. Jurnal Pendidikan Islam, 1(4), 1-13.

Downloads

Published

2025-08-04