IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER: PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUS DI LINGKUNGAN SMP AL MADINAH
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29538Keywords:
Character Education Implementation, Character Development, Religious CharacterAbstract
Pengembangan karakter religius merupakan aspek fundamental dalam pendidikan yang bertujuan menanamkan nilai-nilai keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia kepada peserta didik. Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembentukan karakter religius siswa di SMP Al Madinah melalui pendekatan terintegrasi dalam kehidupan sekolah. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggambarkan berbagai upaya yang dilakukan sekolah, seperti metode pembiasaan, keteladanan, integrasi pembinaan spiritual, peran aktif OSIS dalam bidang peribadatan, pelaksanaan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), serta dukungan fasilitas ibadah. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembiasaan kegiatan keagamaan secara rutin, keteladanan guru dalam perilaku sehari-hari, serta lingkungan yang mendukung praktik keagamaan mampu membentuk karakter religius siswa secara efektif. Selain itu, peran OSIS dan kegiatan PHBI memberikan ruang aktualisasi nilai keagamaan dalam bentuk yang kreatif dan partisipatif. Fasilitas ibadah yang memadai turut memperkuat proses internalisasi nilai religius dalam diri siswa. Dengan pendekatan yang holistik dan berkesinambungan, SMP Al Madinah mampu mencetak peserta didik yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga matang secara spiritual dan berakhlak mulia. Kata Kunci: Implementasi Pendidikan Karakter, Pengembangan Karakter, Karakter ReligiusDownloads
References
Aladdin, Hisyam & Alaika. (2019). Peran Materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah
dalam Membentuk Karakter Kebangsaan. Jurnal Penelitian Medan Agama,
10(2), 152-173.
Aryanti, Wida Dwi. (2017). Peranan Sekolah dalam Membentuk Karakter Religius dan
Disiplin Peserta Didik. Jurnal Civic Hukum, 2(2), 78-88.
Atin, Sri., dkk. (2024). Pembentukan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar dalam
Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 29-40.
Cahyani, D, I, dkk. (2021). Peran Lembaga Pendidikan dalam Membentuk Karakter
Peserta Didik Era 4.0 di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Journal of Educational
Integration and Development, 1(3), 181-190.
Dacholfany, M. I., dkk. (2023). Integrasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran
Agama Islam di SMP Islam Darul Muttaqin Metro Lampung. Profetik: Jurnal
Mahasiswa Pendidikan Agama Islam, 4(1), 97-103.
Firmansyah, Mokh, Iman. (2019). Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan,
Dasar, dan Fungsi. Ta’lim: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 79-90.
Fitrianis, Elsi., dkk. (2025). Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam di
Era Revolusi Digital. Aktivisme: Jurnal Ilmu Pendidikan, Politik, dan Sosial
Indonesia, 2(1), 135-144.
Hardiyanti, Rizki. (2016). Teachers Character Development in Teacher Education.
Proceedings of the 1st Annual International Seminar on Transformative
Education and Educational Leadership (AISTEEL).
Hayati, Fitri Nur., dkk. (2020). Strengthening of Religious Character Education Based
on School Culture in the Indonesian Secondary School. The European
Educational Researcher.
Hidayati, Nurul. (2012). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter
Siswa (Studi Kasus di SMP Islam Ma’arif 02 Malang). Skripsi. Malang: UIN
Maulana Malik Ibrahim.
Jaelani, Juhri, dkk. (2025). Analysis of The Thought of KH. Ahmad Dahlan and Its
Implications for The Development of Education, Akhlaq, and Religion in
Indonesia. Civillazation Research Journal of Islamic Studies, 4(1), 59-76.
Johan, Budi., dkk. (2024). Tantangan dan Peluang Pendidikan Islam dalam Konteks
Modern. Jurnal Pendidikan Islam, 1(4), 1-13.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.