RELEVANSI PERUBAHAN KURIKULUM INDONESIA TERHADAP TANTANGAN PENDIDIKAN ABAD KE-21

Authors

  • Ahmad Farian Listianto, Daniel Minarso, Hikmah Maulidah Universitas Pendidikan Guru Republik Indonesia Semarang
  • Nurus Sa’adah, Sri Nurhayati, Ngurah Ayu Nyoman Murniati Universitas Pendidikan Guru Republik Indonesia Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29555

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Pendidikan Abad 21, Implementasi Kurikulum

Abstract

Perubahan kurikulum di Indonesia merupakan respons terhadap dinamika zaman dan tantangan global, termasuk tuntutan pendidikan abad ke-21 yang kompleks dan multidimensional. Kajian ini bertujuan untuk menganalisis relevansi perubahan kurikulum khususnya Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka terhadap kebutuhan pendidikan abad ke-21, yang menekankan pada pengembangan kompetensi abad 21. Dengan menggunakan metode tinjauan pustaka naratif terhadap 10 artikel ilmiah terpilih, hasil kajian menunjukkan bahwa perubahan kurikulum di Indonesia telah mengarah pada pendekatan yang lebih fleksibel, berorientasi kompetensi, serta memperkuat peran guru dan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Meskipun demikian, tantangan implementasi seperti kesiapan guru, infrastruktur digital yang belum merata, dan mindset pendidikan tradisional yang kurang adaptif masih menjadi hambatan utama dalam mencapai tujuan perubahan kurikulum. Artikel ini memberikan rekomendasi yang konstruktif untuk penguatan kebijakan pendidikan, peningkatan kualitas pelatihan guru, pengembangan infrastruktur yang memadai, dan evaluasi berkelanjutan demi efektivitas kurikulum yang relevan dan adaptif terhadap kebutuhan peserta didik dan tuntutan zaman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, A., dkk. (2021). Perubahan Kurikulum di MAN 2 Ponorogo. Muslim Heritage, 6(2), 220–225.

Amalina, A. (2024). Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum. JAMP, 7(1), 127–135.

Anriani, T., dkk. (2025). Dinamika Implementasi Kurikulum di MI. Ideguru, 10(2), 956–963.

Fernandes, R. (2019). Relevansi Kurikulum 2013 dengan Revolusi 4.0. Socius, 6(2), 70–80.

Listyaningsih, D., dkk. (2024). Pengembangan Kurikulum Berbasis TIK di SD. Attadib, 8(1), 1–12.

Machali, I. (2014). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Islam, III(1), 71–94.

Putri, Z. F., & Maula, N. (2024). Transformasi Kurikulum Indonesia dari 1947 ke Kurikulum Merdeka. Jurnal Teknodik, 28(1), 77–93.

Ramadhan, I., dkk. (2023). Transformasi Kurikulum di SMA Pontianak. Vox Edukasi, 14(1), 53–62.

Romlah, L. S., dkk. (2024). Manajemen Strategis Kurikulum Digital. Didaktika, 13(SI), 1057–1060.

Rusmiati, M. N., dkk. (2023). Problematika Kurikulum Merdeka di SD. Naturalistic, 7(2), 1490–1499.

Downloads

Published

2025-08-01