MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN: EVALUASI MODEL PENGELOLAAN PEMBIAYAAN DANA BOS

Authors

  • Novi Andriani STIS Syubbanul Wathon Magelang
  • Nursaidah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Fina Umu Rif Athi STAI Syubbanul Wathon Magelang
  • Sidik Al Kahfi Albukhary International University
  • Fadhillah Izzatun Nisa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29563

Keywords:

Manajemen, dana BOS, kinerja

Abstract

Manajemen pembiayaan adalah salah satu faktor yang sangat utama dan yang paling penting dalam lembaga pendidikan, salah satunya di MI Tarbiyatul Athfal Tugurejo Magelang. Pengembangan model pengelolaan pembiayaan yang ada di MI Tarbiyatul Athfal Tugurejo yaitu menyesuaikan dengan situasi dan kondisi dari lembaga tersebut. Dana BOS yang diterima oleh Sekolah MI Tarbiyatul Athfal Tugurejo Magelang dengan dua tahap, tahap 1 (Januari-Juni) sebesar Rp 26.650.000 dan tahap 2 (Juli-Desember) sebesar Rp 26.650.000. Satuan biaya BOS MI sebesar Rp 900.000,00 (Sembilan ratus ribu rupiah) per 1 (satu) peserta didik setiap 1 (satu) tahun. Pengelolaan dana BOS di madrasah ini menerapkan prinsip efisiensi, efektivitas, transparansi dan akuntabilitas.  Adapun jenis penelitian ini yaitu kualitatif , karena data yang dikumpulkan berupa kata-kata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan wawancara. Adapun narasumber dalam penelitian ini yaitu kepala Sekolah MI Tarbiyatul Athfal ibu Munthofiyah, S.Pd dan bendahara BOS Ibu Wahyu Okta Verinawati. Adapun hasil penelitiannya yaitu implementasi pengembangan model pembiayaan dana BOS sudah sangat baik, karena dana BOS dikelola dengan baik oleh pihak MI Tarbiyatul Athfal Tugurejo. Laporan dana BOSnya juga sudah mengikuti Juknis yang telah ditentukan oleh Pemerintah serta meningkatkan kinerja guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif Syukri Nasution. (2022). Analisis Manajemen Pembiayaan Pendidikan Dalam Menunjang Proses Pendidikan di Perguruan Tamansiswa Cabang Pematangsiantar. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 2(3), 82–87. https://doi.org/10.47065/arbitrase.v2i3.343

Ason, A., & Mardiana, M. (2020). Analisis Implementasi Delapan Standar Nasional Pendidikan Di Sekolah Menengah Pertama (Smp) Kabupaten Sintang. Bestari: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(2), 44–53. https://doi.org/10.46368/bjpd.v1i2.199

Fadhila, H. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta. Manajemen_Pembiayaan_Pendidikan_untuk_Meningkatkan_Mutu_Pendidikan

Haryati, S. (2012). Pengembangan Model Manajemen Pembiayaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) Di Kota Magelang. Journal of Economic Education, 1(1), 64–70.

Ismail, F., & Sumaila, N. (2020). Implementasi Manajemen Pembiayaan dalam Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bitung, Sulawesi Utara. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 1–18. https://doi.org/10.14421/manageria.2020.51-01

Maliki, M., Sadali, I., & Murtafiah, N. H. (2022). Analisis Model-Model Manajemen Pembiayaan. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 01(04), 169–178.

Mesiono, M., & Roslaeni, R. (2021). Model-Model Pembiayaan Pendidikan (Analisis Efektivitas Dan Efisiensi Dalam Institusi Pendidikan). Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.51672/jbpi.v2i1.10

Sukoco, J. B. (2019). Administrasi Pendidikan Dalam Pengelolaan Perpustakaan Desa. Maret, 3(3), 342–349.

Susan, E. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 952–962.

Wirian. (2022). Model-Model Pembiayaan Pendidikan. Educate: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 44–56. https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/%0Ahttps://ejurnalilmiah.com/index.php/Educate/article/download/211/240

Downloads

Published

2025-07-21