DETERMINASI PENGGUNAAN GADGET DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS ATAS SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29568Keywords:
Penggunaan gadget, motivasi belajar, prestasi belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas atas di SD Negeri 2 Beji, Boyolangu, Tulungagung. Seiring meningkatnya penggunaan perangkat digital dalam kehidupan sehari-hari, penting untuk memahami dampaknya dalam konteks pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan melibatkan 87 siswa kelas IV hingga VI. Data dikumpulkan melalui angket tertutup dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar, baik secara parsial maupun simultan. Nilai koefisien determinasi (R² = 0,818) menunjukkan bahwa 81,8% variasi prestasi belajar siswa dapat dijelaskan oleh kedua variabel tersebut. Motivasi belajar memberikan pengaruh yang lebih kuat dibandingkan penggunaan gadget. Meskipun gadget dapat menjadi media pembelajaran yang efektif, penggunaan yang tidak terkontrol berisiko mengganggu konsentrasi. Oleh karena itu, peran guru dan orang tua sangat penting dalam mengarahkan penggunaan gadget secara bijak dan mendorong motivasi belajar siswa. Penelitian ini menekankan pentingnya keseimbangan antara pemanfaatan teknologi dan dorongan belajar internal untuk mendukung keberhasilan akademik siswa.Downloads
References
Agustina, N., & Priambodo, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Motivasi Belajar Siswa mengikuti Pembelajaran PJOK selama COVID-19.
Ajar, D., Rindrayani, S. R., & Widyawati, L. (2025). The Effect of Digital Literacy, Gadget Use, And Availability of Technological Media in School on Junior High School Students’ Learning Motivation. 3(1), 1–11.
Astuti, I., Faizal, & Afandi. (2023). Profil Penggunaan Gadget pada Siswa Sekolah Dasar. 10(1), 38–44.
Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur. (2024). Statis Pendidikan Provinsi Jawa Timur 2023. 8.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches 5th Edition. Sage Publications.
Hasanah, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Gadget dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Atas (IV, V, dan VI) Di MI Miftahul Huda Mojosari Kepanjen.
Jannah, D. M., Hidayat, M. T., & Ibrahim, M. (2021). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. 5(5), 3378–3384.
Kurniawan, A. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik Kelas V SD Negeri 1 Jati Agung.
Rahmadani, N. (2023). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Satria Pekanbaru.
Sabri, I. (2019). Peran Pendidikan Seni Di Era Society 5 . 0 untuk Revolusi Industru 4.0. 2019.
Santrock, J. W. (2008). Psikologi Pendidikan (2nd ed.). Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, CV.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo (ed.); Cet. 1). Alfabeta.
Umar, A. F. F., Yusuf, A., Amini, A. R., & Alhadi, A. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Peningkatan Prestasi Akademik Siswa. 7(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.