Pemanfaatan Sejarah Lokal Waduk Cirata Purwakarta dalam Pembelajaran Sejarah dengan Pendekatan Pedagogi Kritis

Authors

  • Silvy Mei Pradita Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29573

Keywords:

Cirata Reservoir1; Local History2; Critical Pedagogy;3 History Learning4

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pemanfaatan waduk Cirata Purwakarta dalam pembelajaran sejarah berbasis perubahan budaya masyarakat melalui pendekatan pedagogik kritis. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik analisis data menggunakan pendekatan fenomenologi berdasarkan analisis studi pustaka. Hasil penelitian ini adalah untuk tercapainya refleksi sejarah dalam pembelajaran sejarah, digunakannya topik tentang sejarah lokal yang ada di sekitar peserta didik. Perkembangan masyarakat akuatik di waduk Cirata menjadi gambaran sejarah lokal yang dapat dianalisis dengan pendekatan pedagogik kritis. Dengan harapan diketahui juga bukti-bukti perkembangan masyarakat akuatik yang ada di Indonesia, dan masyarakat di waduk Cirata adalah salah satunya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pembelajaran sejarah lokal yang mendorong peserta didik untuk mengamati dan menganalisis masyarakat disekitar waduk Cirata yang tergolong masyarakat akuatik dengan pendekatan pedagogik kritis. Kemudian menghadirkan sebuah gambaran baru mengenai masyarakat Indonesia yang selama ini dikenal sebagai masyarakat agraria.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Magill, M., Martino, S., & Wampold, B. (2021). The principles and practices of psychoeducation with alcohol or other drug use disorders: A review and brief guide. Journal of substance abuse treatment, 126, 108442.

anis, mohamad, fitri mardiani, and fathurrahman. 2021. “Memperkuat Identitas Nasional Melalui Model Pembelajaran Historis (MPBH) : Antara Nyata Atau Sebuah Asa?” Prosiding Seminar Nasional Lahan Basah 6(April):1–6.

Bisyarda, Muhammad Iqbal. 2016. “Budaya Keraton Pada Babad Tanah Jawi Dalam Perspektif Pedagogi Kritis.” Sejarah Dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya 10(2):174–85. doi: 10.17977/um020v10i22016p174.

Budi Utomo, Cahyo, M. Pd, Ganda Febri Kurniawan, and S. Pd Jurusan Sejarah. 2017. “Bilamana Tradisi Lisan Menjadi Media Pendidikan Ilmu Sosial Di Masyarakat Gunungpati.” Harmony 2(2):169–84.

Fullan, Michael G., and Matthew B. Miles. 1992. “Getting Reform Right: What Works and What Doesn’t.” Phi Delta Kappan 73(10):744.

Hendrawan, Budi; Anggia Suci Pratiwi; Siti Komariah. 2017. “Kajian Aplikatif Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar Berdasarkan Perspektif Pedagogik Kritis.” ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 1:83–97.

Kholidah, Lilik Nur. 2022. “Improving Students’ Social Responsibility via Islamic Religious Education and Social Problem-Based Learning.” Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) 10(2):163–82. doi: 10.15642/jpai.2022.10.2.163-182.

Maulani, Muhammad Rifky. 2023. “Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Media Pembelajaran Sejarah.” Thesis Commons November(4):1–8.

Muhammad Afrillyan Dwi Syahputra, Sariyatun, and Deny Tri Ardianto. 2020. “Membangun Kesadaran Sejarah.” Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah 4(1):85.

Nurlaela, Nurlaela, Sugeng Haryono, and Kiki Ismanti. 2021. “Pengaruh Keberadaan Waduk Penjalin Terhadap Perekonomian Umkm Dan Sosial Budaya Masyarakat Kelurahan Winduaji.” Jurnal USAHA 2(1):1–8. doi: 10.30998/juuk.v2i1.554.

Pratiwi, Inesa Tri Mahardika, and Rini Intansari Meilani. 2018. “Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 3(2):33. doi: 10.17509/jpm.v3i2.11762.

Safitri, Wulan Dwi, Manihar Situmorang, Ramlan Silaban, and Ajat Sudrajat. 2022. “Penerapan Sumber Belajar Inovatif Berbasis Proyek Untuk Membangun Psikomotorik Mahasiswa Pada Pembelajaran Analisis Anion.” Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP) 2(2):181–91. doi: 10.23971/jpsp.v2i2.4002.

Somad, A. S. A. 2016. “Model Pendidikan Inklusif.” Jurnal Al-Murabbi 29(2).

Wiyanarti, Erlina, Nana Supriatna, and Murdiyah Winarti. 2020. “Pengembangan Sejarah Lokal Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Yang Kontekstual.” FACTUM: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah 9(1):67–74. doi: 10.17509/factum.v9i1.21666.

Arikunto, S. (2019). Suhardjono, & Supardi.(2015). Penelitian tindakan kelas, 1.

Sibarani, R., Situmorang, H., & Pawiro, M. A. (2018). Concerning Toba Batak’s local wisdoms and cultural values for regional character building. Indiana Journal of Science and Technology, 11(20).

Pernantah, P. S. (2020). Pembelajaran Sejarah Dalam Perspektif Pedagogi Kritis. Jurnal Pendidikan, 11(1), 49-58.

Hindayani, P., Pratama, A. R., & Anna, Z. (2021). Strategi Prospektif Pengembangan Dalam Ekowisata Waduk Cirata Yang Berkelanjutan. Jurnal Ilmu Lingkungan, 19(3), 620-629.

Downloads

Published

2025-08-05