PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GALLERY WALK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SDN 21 TEMBAN KABUPATEN ENREKANG

Authors

  • Nirmayani Tiala Universitas Megarezky
  • Bellona Mardhatillah Sabillah Universitas Megarezky
  • R Supardi Universitas Megarezky
  • A. Alfiani Damayanti Universitas Megarezky

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29596

Keywords:

Gallery Walk, Hasil Belajar, IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran gallery walk untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SDN 21 Temban Kabupaten Enrekang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari tiga pertemuan. Data dikumpulkan melalui observasi guru dan siswa serta Ketuntasan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran gallery walk untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SDN 21 berhasil meningkat secara signifikan. Pada akhir siklus I, penerapan metode pembelajaran gallery walk meskipun ketuntasan masih tergolong kurang dengan nilai rata-rata (71,46). Pada akhir siklus II, penerapan metode pembelajaran gallery walk menunjukkan kemajuan yang signifikan, dengan ketuntasan dan nilai rata-rata mencapai (85,30). Pada siklus I mencapai 61,53% dan pada siklus II mencapai 92,30%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa metode gallery walk sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan pemahaman siswa terhadap materi. Aktivitas siswa meningkat secara signifikan, baik dalam keaktifan bertanya, berpendapat, maupun dalam menyusun dan mempresentasikan hasil kerja kelompok.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S., Suhardjono, S., &

Supardi, S. (2015). Penelitian

Tindakan Kelas (S. Suryani

(ed.)). Oktober 2015.

Bulo, W. S., Satriwati, S., & Sabillah,

B. M. (2023). Penerapan Model

Pembelajaran Keliling Kelompok

Untuk Meningkatkan Keaktifan

Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN

435 Sanggalangi Kabupaten

Luwu. Selecta Education Jurnal,

6(2), 93–102.

Dari, D. K., Satriawati, S., Supardi,

R., & Cahyati. (2023). Pengaruh

Metode Pembelajaran Berbasis

Adaptasi Teknologi Terhadap

Motivasi Belajar Siswa SD Inpres

Borong Jambu II Kota Makassar.

Jurnal Pendidikan dan

Pengajaran, 1(2), 195–203.

Darman, A. R. (2020). Belajar dan

Pembelajaran. Guepedia

Publiser.

Elvianti, N., Jusmawati, J., Fitriana

HS, E., & Cayati, C. (2023).

Pengaruh Budaya Sekolah

Terhadap Karakter Siswa di UPT

SPF SD Inpres Unggulan BTN

Pemda Kota Makassar. Jurnal

Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4),

2703–2708.

https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.

1654

Fatimah, W., Aprilia, N. A., &

Damayanti, A. A. (2024).

Peningkatan literasi siswa

melalui program membaca

bersama di perpustakaan SDN

166 Tangru. SELAPARANG:

Jurnal Pengabdian MasyarakatBerkemajuan, 8(1), 723–731.

Paling, S., Sari, R., & Bakar, R. M.

(2023). Belajar & pembelajaran.

PT. Mifandi Mandiri Digital.

Putri, A. D., Kurniawati, W., &

Rigianti, H. A. (2024). Penerapan

Metode Pembelajaran Gallery

Walk Untuk Meningkatkan Kerja

Sama Pada Pembelajaran

Pancasila Kelas V. Borobudur

Educational Review, 4(1), 61–70.

https://doi.org/10.31603/bedr.114

78

Putri, E. A., Sari, P. M., Anitra, R., &

Sulistri, E. (2021). Pengaruh

Model Pembelajaran Gallery

Walk Terhadap Hasil Belajar Ipa

Siswa Kelas V Sdn 84

Singkawang. Pedagogi: Jurnal

Penelitian Pendidikan, 8(2),

127–136.

https://doi.org/10.25134/pedagog

i.v8i2.4929

Rijali, A. (2019). Analisis Data

Kualitatif. Alhadharah: Jurnal

Ilmu Dakwah, 17(33), 81.

https://doi.org/10.18592/alhadhar

ah.v17i33.2374

Rustam, R., Syamsudduha, S., &

Damayanti, E. (2020). Pengaruh

Penerapan Metode Gallery Walk

Terhadap Minat Belajar Peserta

Didik Biologi. Bioma : Jurnal

Biologi dan Pembelajaran

Biologi, 5(1), 1–10.

https://doi.org/10.32528/bioma.v

5i1.3672

Zahra, N. U. (2024). Tranformasi

Pembelajaran IPAS Di Sekolah

Dasar Melalui Kurikulum

Merdeka : Tantangan dan

Peluang. Jurnal Pendidikan

Dasar, 157–160

Downloads

Published

2025-08-03