PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GALLERY WALK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SDN 21 TEMBAN KABUPATEN ENREKANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29596Keywords:
Gallery Walk, Hasil Belajar, IPASAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran gallery walk untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SDN 21 Temban Kabupaten Enrekang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari tiga pertemuan. Data dikumpulkan melalui observasi guru dan siswa serta Ketuntasan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran gallery walk untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SDN 21 berhasil meningkat secara signifikan. Pada akhir siklus I, penerapan metode pembelajaran gallery walk meskipun ketuntasan masih tergolong kurang dengan nilai rata-rata (71,46). Pada akhir siklus II, penerapan metode pembelajaran gallery walk menunjukkan kemajuan yang signifikan, dengan ketuntasan dan nilai rata-rata mencapai (85,30). Pada siklus I mencapai 61,53% dan pada siklus II mencapai 92,30%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa metode gallery walk sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan pemahaman siswa terhadap materi. Aktivitas siswa meningkat secara signifikan, baik dalam keaktifan bertanya, berpendapat, maupun dalam menyusun dan mempresentasikan hasil kerja kelompok.Downloads
References
Arikunto, S., Suhardjono, S., &
Supardi, S. (2015). Penelitian
Tindakan Kelas (S. Suryani
(ed.)). Oktober 2015.
Bulo, W. S., Satriwati, S., & Sabillah,
B. M. (2023). Penerapan Model
Pembelajaran Keliling Kelompok
Untuk Meningkatkan Keaktifan
Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN
435 Sanggalangi Kabupaten
Luwu. Selecta Education Jurnal,
6(2), 93–102.
Dari, D. K., Satriawati, S., Supardi,
R., & Cahyati. (2023). Pengaruh
Metode Pembelajaran Berbasis
Adaptasi Teknologi Terhadap
Motivasi Belajar Siswa SD Inpres
Borong Jambu II Kota Makassar.
Jurnal Pendidikan dan
Pengajaran, 1(2), 195–203.
Darman, A. R. (2020). Belajar dan
Pembelajaran. Guepedia
Publiser.
Elvianti, N., Jusmawati, J., Fitriana
HS, E., & Cayati, C. (2023).
Pengaruh Budaya Sekolah
Terhadap Karakter Siswa di UPT
SPF SD Inpres Unggulan BTN
Pemda Kota Makassar. Jurnal
Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4),
2703–2708.
https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.
1654
Fatimah, W., Aprilia, N. A., &
Damayanti, A. A. (2024).
Peningkatan literasi siswa
melalui program membaca
bersama di perpustakaan SDN
166 Tangru. SELAPARANG:
Jurnal Pengabdian MasyarakatBerkemajuan, 8(1), 723–731.
Paling, S., Sari, R., & Bakar, R. M.
(2023). Belajar & pembelajaran.
PT. Mifandi Mandiri Digital.
Putri, A. D., Kurniawati, W., &
Rigianti, H. A. (2024). Penerapan
Metode Pembelajaran Gallery
Walk Untuk Meningkatkan Kerja
Sama Pada Pembelajaran
Pancasila Kelas V. Borobudur
Educational Review, 4(1), 61–70.
https://doi.org/10.31603/bedr.114
78
Putri, E. A., Sari, P. M., Anitra, R., &
Sulistri, E. (2021). Pengaruh
Model Pembelajaran Gallery
Walk Terhadap Hasil Belajar Ipa
Siswa Kelas V Sdn 84
Singkawang. Pedagogi: Jurnal
Penelitian Pendidikan, 8(2),
127–136.
https://doi.org/10.25134/pedagog
i.v8i2.4929
Rijali, A. (2019). Analisis Data
Kualitatif. Alhadharah: Jurnal
Ilmu Dakwah, 17(33), 81.
https://doi.org/10.18592/alhadhar
ah.v17i33.2374
Rustam, R., Syamsudduha, S., &
Damayanti, E. (2020). Pengaruh
Penerapan Metode Gallery Walk
Terhadap Minat Belajar Peserta
Didik Biologi. Bioma : Jurnal
Biologi dan Pembelajaran
Biologi, 5(1), 1–10.
https://doi.org/10.32528/bioma.v
5i1.3672
Zahra, N. U. (2024). Tranformasi
Pembelajaran IPAS Di Sekolah
Dasar Melalui Kurikulum
Merdeka : Tantangan dan
Peluang. Jurnal Pendidikan
Dasar, 157–160
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.