IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS NEGERI 3 BOLAANG MONGONDOW TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29602Keywords:
Implementation of Character Education, Aqidah Akhlak, Student CharacterAbstract
This research examines the implementation of character education in the Aqidah Akhlak learning process at MTs Negeri 3 Bolaang Mongondow Timur. The study aims to understand how the Aqidah Akhlak learning shapes student character as well as the supporting and inhibiting factors of the process. The method used is qualitative descriptive with a phenomenological approach. Data were collected through interviews, observations, and documentation involving the principal, teachers, and seventh-grade students, then analyzed using Miles and Huberman’s data analysis model, which includes data reduction, data display, and drawing conclusions. The results reveal that the Aqidah Akhlak learning successfully instills noble character values such as honesty, discipline, and responsibility. Teachers play a role not only as instructors but also as role models in applying Islamic values. The teaching methods used are diverse and interactive, including lectures, discussions, and modeling. Routine activities such as congregational prayers, Quran recitations, and prayers before and after the lessons are important parts of the character-building process. Obstacles faced include peer influence, family background, and limitations in school facilities and infrastructure.Downloads
References
Al-Qur’an Al-Karim
Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009).
Achmad Gholib, Akidah dan Akhlak dalam Perspektif Islam, (Ciputat: Diaz Pratama Mulia, 2016).
Achmadi, Ideologi Pendidikan Karakter (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005).
Adang Hambali, Bambang Q-Anees, Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an (Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2011).
Agus Wibowo, Manajemen Pendidikan Karakter Di Sekolah (Konsep Dan Praktik Implementasi) (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013).
Ahmad Sabri, Strategi Belajar Mengajar Dan Micro Teaching, ed. Quantum Teaching (Jakarta, 2005).
A. Zaimuddin dan Muhammad Jamhari, Al-Islam 2 (Muamalah dan Akhlak), (Bandung: Pustaka Setia, 1999).
Dharma Kesuma, Cepi Triatna, dan Johar Permana, Pendidikan Karakter, (Bandung: Rosdakarya, 2018).
Dimyati dan Mudjiono, Belajar Dan Pembelajaran (Jakarta: PT Rineka Cipta, 1999).
Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan Nasional, Model Pembinaan Pendidikan Karakter, (2010).
Djaali dan Pudji Muljono, Pengukuran dalam Bidang Pendidikan (Jakarta: Grasindo, 2007).
E. Mulyasa, manajemen Pendidikan Karakter, (Jakarta: Bumi Aksara, 2013).
Fitri, Agus Zainal, Pendidikan Karakter Berbasis Nilai & Etika Di Sekolah (Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2015).
Hamdani Hamid dan Beni Ahmad Saebani, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, (Bandung: Pustaka Setia, 2013).
Heri Gunawan, Pendidikan Karakter, (Bandung: Alfabeta, 2012).
Jamal Ma‟mur Asmani, Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah, (Jogjakarta: Diva Press, 2013), h
Jamil Suprihatiningrum, Strategi Pembelajaran, (Jogjakarta: Ar-ruzz media, 2013).
Jonathan Sarwono, Metode Penelitian Kuantitataif dan Kualitatif (Yogyakarta: Graham Ilmu, 2006).
Kemendiknas, Panduan Pendidikan Karakter Di Sekolah Menengah Pertama (Jakarta: Direktur Jenderal Mandikdasmen, 2010).
Kemendiknas, Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa (Jakarta: Direktur Jenderal Mandikdasmen, 2010).
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kemendikbud
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Buku Pedoman Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendikbud
Leli Halimah, Keterampilan Mengajar sebagai Inspirasi untuk Menjadi Guru yang Excellent di Abad ke-21, (Bandung: Refika Aditama, 2017).
Mahrus, Aqidah, (Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama RI, 2009).
Mansur Muslich. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional (Jakarta: Bumi Aksara, 2011).
Maria Ulfa, Dkk. Parenting With Love, (Bandung: Mizan Pustaka, 2010).
Miftahul Huda, Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran, (Yogyakarta: Pustaka pelajar, 2013).
Muchlas Samani dan Hariyanto, Konsep Dan Model Pendidikan Karakter (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012).
Muhammad Jafar Anwar dan Muhammad A. Salam As, Membumikan Pendidikan Karakter, (Jakarta: 2015).
Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Rosdakarya, 2013).
Nur Hidayat, Akidah Akhlak dan Pembelajarannya, (Yogyakarta: Ombak, 2015).
Permendiknas No. 41 Tahun 2007, Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. (Jakarta: Prenada Media Group, 2012).
Prayitno. Dasar Teori dan Praksis Pendidikan, (Jakarta: Grasindo, 2009).
R. Ibrahim, dkk, Kurikulum Dan Pembelajaran (Jakarta: Rajawali Pers, 2011).
Sri Narwanti, Pendidikan Karakter (Yogyakarta: Relasi Inti Media, 2016), h.1.
Sudarsono, Etika Islam Tentang Kenakalan Remaja (Jakarta: Rineka Cipta, 2005).
Thomas Lickona, Educating for Character How out Scools Can Teach Respect and Responsibility, Penerjemah Juma Abdu Wamaungo (Jakarta: PT.Bumi Aksara, 2013).
Winarno, Budi. 2015. Implementasi Kebijakan Publik: Teori, Proses, dan Studi Kasus. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Zainal Arifin, Evaluasi Pembelajaran, (Bandung: Rosdakarya, 2017).
Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter Konsep Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan (Jakarta: Prenada Media Group, 2012).
Zulhijrah, “Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah”, Tadrib Vol. 1 No. 1, 2015.
Andi Banna, “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Akidah Akhlak”, JILFAI-UMI Vol. 16 No. 1, 2019. https://journal3.uin-alaudin.ac.id/index.php/diskursus_islam/article/download/7989/6294
Andi Bunyamin, Andi Darmawangsa, and others, ‘Peran Kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu Pendidikan di MAN 1 Kota Makassar’. Journal of Gurutta Education, 1.2 (2022), h. 107-123. https://pasca-umi.ac.id/index.php/jge/article/view/970
Andi Marauleng, Ahmad Hakim and others, ‘Peran Guru dalam menginternalisasikan Nilai-nilai karakter pada siswa’, Education and Learning Journal, Vol. 5, No. 1, (2024), h. 34-35. https://repository.umi.ac.id/6210/1/875-1764-1-PB.pdf
A. Zulfikar Imran, Andi Bunyamin & Nursetiawati, ‘pendidikan karakter di SMP Negeri 8 Kota Makassar’, Journal of Gurutta education (JGE), Vol.1, No.1, (2021), h.13-14. https://www.pasca-umi.ac.id/index.php/jge/article/download/713/754
Binti Maunah, “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa,” Jurnal Pendidikan Karakter 0, no. 1 (2015),
Chairul Anwar, dkk, Jurnal inovasi matematika (inomatika), pengaruh model pembelajaran discovery, learning tipe POE dan aktivitas belajar terhadap kemampuan metakognitif, Vol.2 No.2, 2020.
Chalil, MN, Bunyamin, A., Tahir, M., & Wahab, A. Penerapan metode pembelajaran belajar tuntas (Mastery Learning) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada matapelajaran fiqih di kelas VII. Pondok pesantren Muhammadiyah kabupaten enrekang, journal of gurutta Education, 1.2 (2022), h. 107-123. https://pasac-umi.ac.id/index.php/jge/artuicle/view/970
Dini Palupi Putri, “Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital,” Ar-Riayah Jurnal Pendidikan Dasar 2, no. 1 (Juli, 2018).
Ibnu Hadjar, Pendekatan Keberagaman Dalam Pemilihan Metode Pengajaran Pendidikan Karakter, Dalam Metodologi Pengajaran Karakter (Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang bekerjasama dengan Pustaka Pelajar, 1999).
Khusnul Istikharah, “Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Pada Siswa Kelas X B MAN Pakem Sleman Yogyakarta,” jurnal PendidikanPendidikan,Vol. 1 No. 1 (2012).
Maksudin, Pendidikan Karakter Non-Dikotomik, (Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013).
Muhammad Ali Ramdhani, “Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter,” Jurnal Pendidikan UNIGA 8, no. 1 (February 20, 2017).
Mujizatullah, “Implementasi Pendidikan Karakter Pada Madrasah Aliyah Puteri Aisyiah Di Palu”, Jurnal Al-Qalam, Vol. 20 No. 1 (2014): 102.
Nur Hadi, “Islam, Iman Dan Ihsan Dalam Kitab Matan Arba‟in An-Nawawi: Studi Materi Pembelajaran Pendidikan Islam Dalam Perspektif Hadis Nabi Saw,” Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman Vol. 9 No.1 (Aprl 2012).
Rifdah Rohadatul „Aisy, Mohammad Afifulloh, dan Devi Wahyu Ertanti, “Strategi Guru Aqidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Siswa di MTs Al Maarif 01 Singosari”, Pendidikan Islam, Vol. 4, No. 2, 2019.
Sukarta, Perkembangan Dan Pendidikan Anak Atau Peserta Didik Dalam Tinjauan Psikilogi Islam (Psikologi Pendidikan Islam) (materi Perkuliahan Psikologi pendidikan islam, IAIN Mataram, 10/2013).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.