PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MELATIH KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29629Keywords:
Digital Picture Storybook, Problem Based Learning, Scientific LiteracyAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku cerita bergambar digital berbasis PBL yang dapat memfasilitasi dalam melatih kemampuan literasi sains siswa kelas IV SD. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tanjung Barat 07. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner, dan tes. Hasil uji validasi ahli memperoleh nilai sebesar 93,8% dari ahli media, 100% dari ahli materi, dan 91,7% dari ahli bahasa, dengan hasil rata-rata sebesar 95,1% yang menunjukkan kriteria sangat layak. Sementara hasil uji coba pengguna pada siswa memperoleh nilai sebesar 91,7% di tahap one to one, 91% di tahap small group, dan 91,1% di tahap field test, dengan hasil rata-rata sebesar 91,3% yang menunjukkan kriteria sangat baik. Kemudian hasil rata-rata pretest dan posttest menunjukkan peningkatan dari 51,43 menjadi 84,76, dengan memperoleh skor N-gain sebesar 0,68 yang menunjukkan kriteria sedang. Dengan demikian, buku cerita bergambar digital berbasis PBL layak untuk digunakan pada pembelajaran IPA materi fotosintesis dan melatih kemampuan literasi sains siswa kelas IV SD.
Kata Kunci: Buku Cerita Bergambar Digital, Problem Based Learning, Literasi Sains
Downloads
References
Ardianitni. (2022). Melejitkan Keterampilan Proses Sains Dasar melalui Model Problem Based Learning. Ruang Karya Bersama.
Arief, M. M. (2022). Belajar dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI). Literasi Nusantara Abadi.
Bintoro, T., Fahrurrozi, Lestari, I., & Rofiqoh, F. (2022). Learning Media Innovation: Lift the Flap Book Digital in Increasing Interest in Learning Science for Third-Grade Elementary School Students. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 266–274. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.50636
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer Science & Business Media.
Fitri, A. N., Auliaty, Y., & Imaningtyas. (2023). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Literasi Sains pada Pembelajaran IPA Materi Siklus Air Kelas V SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 364–374. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7157
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Irsan. (2021). Implemensi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5631–5639. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1682
Kristiantari, M. G. R., Widiana, I. W., Tristiantari, N. K. D., & Rediani, N. N. (2022). Impact of Prezi Media-Assisted Problem-Based Learning on Scientific Literacy and Independence of Elementary School Students. Journal of Education and E-Learning Research, 9(3), 184–191. https://doi.org/10.20448/jeelr.v9i3.4185
Naresti, D. A., Suratmi, & Hartono. (2024). Improving Elementary School Students’ Science Literacy Skills Through Digital Picture Storybooks. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 8(4), 634–643. https://doi.org/10.23887/jisd.v8i4.86894
Riduwan, & Akdon. (2020). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.
Rosyana, A., Ilhamdi, M. L., & Dewi, N. K. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pelajaran IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(3), 302–309. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i3.2473
Salsabila, F., & Aslam. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6088–6096. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3155
Sekaringtyas, T., Suyono, S., & Hadi, W. (2024). The Influence of Understanding Science Concepts, Critical Thinking Skills, and Scientific Literacy on Scientific Attitudes Class IV Primary School Students. Journal of Ecohumanism, 3(8), 6230–6247. https://doi.org/10.62754/joe.v3i8.5228
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukarelawa, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking: Analisis Perubahan Abilitas Peserta Didik dalam Desain One Group Pretest-Posttest.
Suparya, I. K., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Rendahnya Literasi Sains: Faktor Penyebab dan Alternatif Solusinya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 153–166. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.580
Wicaksono, R. S., Susilo, H., & Sueb. (2019). Implementation of Problem Based Learning Combined with Think Pair Share in Enhancing Students’ Scientific Literacy and Communication Skill through Teaching Biology in English Course Peerteaching. Journal of Physics: Conference Series, 1227(1), 1. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1227/1/012005
Yolida, B., Marpaung, R. R. T., Priadi, M. A., Sulika, A., & Prajoko, S. (2022). The Effect of the Edmodo-Assisted Discovery Learning Model on Students’ Scientific Literacy Ability. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 13(2), 125–134. https://doi.org/10.24042/biosfer.v13i2.14191
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						 
							
















