PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE DIBANTU DENGAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS II SD NEGERI 3 PURBALINGGA LOR
Penelitian Tindakan Kelas
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.29672Keywords:
Keaktifan, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Example Non Example, FlashcardAbstract
Keaktifan peserta didik dalam belajar menjadi faktor yang berkontribusi terhadap tercapainya keberhasilan belajar. Observasi di kelas II SD Negeri 3 Purbalingga Lor menunjukkan bahwa peserta didik belum terlibat aktif secara optimal dan masih rendah. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui peningkatan keaktifan serta prestasi belajar melalui penggunaan model kooperatif tipe Example Non Example dibantu media Flashcard. Metode yang dipilih yakni penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus dengan melibatkan 22 peserta didik kelas II, di SD Negeri 3 Purbalingga Lor sebagai subjek penelitian.Teknik pengumpulan data mencakup observasi keaktifan, aktivitas guru dan peserta didik, serta tes. Temuan dari penelitian mengungkapkan bahwa: pertama, penggunaan model kooperatif tipe Example Non Example dapat meningkatkan keaktifan belajar dari skor rata-rata 2,25 pada siklus I menjadi 3,02 pada siklus II. Kedua, peningkatan prestasi belajar tercermin dari rata-rata nilai mendapat 67,81 dengan kriteria cukup pada siklus I meningkat menjadi 82,81 pada siklus II dengan kriteria sangat baik. Peningkatan ini menunjukkan bahwa indikator keberhasilan penelitian telah tercapai.Downloads
References
Kurniati, B. I., Ahmad, H. J., & Rahmawati, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Smp Negeri 3 Batanghari. JUPITEK: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 23–30.
Amiruddin. (2021). Trik Example Non Example dalam Merdeka Belajar. Yogyakarta: CV Budi Utama,15.
Laelisqiah K. N., Nugroho, A., & Retnosari, A.D. (2021). Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar IPS Tema 8 Melalui Problem Based Learning. Dalam Prosiding Seminar Hasil PTK Pendidikan Profesi Guru FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Universitas Muhammadiyah Purwokerto. ISBN 978-623-97334-0-7.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.