PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KODIG (KOMIK DIGITAL) DALAM MATERI KERAGAMAN BUDAYA PADA SISWA KELAS IV SDN MOJOROTO 4

Authors

  • Della Talia Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Farida Nurlaila Zunaidah, Tutut Indah Sulistiyowati Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29711

Keywords:

Media, Komik digital, Keragaman budaya

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan Media Pembelajaran Berbasis Kodig (Komik Digital) Dalam Materi Keragaman Budaya Pada Siswa Kelas IV SDN Mojoroto 4. Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu (1) Analisis (Analyze), (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Development), (4) Implementasi (Implementation), dan (5) Evaluasi (Evaluation). Subyek penelitian ini adalah guru dan 28 siswa kelas IV SDN Mojoroto 4. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angke validasi ahli materi dan ahli media, angket kepraktisan guru dan siswa, serta soal evaluasi. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa (1) Hasil uji kevalidan diperoleh skor kevalidan dari ahli materi sebesar 96% dan skor kevalidan dari ahli media sebesar 92%. Rata-rata nilai hasil validasi yaitu sebesar 94% dengan kriteria sangat valid. (2) Hasil uji kepraktisan diperoleh skor respon guru sebesar 94% dan rata-rata skor respon siswa sebesar 93,25%. Kedua nilai tersebut dapat diakumulasikan menjadi 93,6% dengan kriteria sangat praktis. (3) Hasil uji keefektifan uji coba terbatas 87,5% dan uji coba luas 90%. Kedua skor tersebut diakumulasikan menjadi 88,75% dengan kriteria sangat efektif. Dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Berbasis Kodig (Komik Digital) Dalam Materi Keragaman Budaya Pada Siswa Kelas IV SDN Mojoroto 4 dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggita, A. D., Ervina Eka Subekti, Muhammad Prayito, & Catur Prasetiawati. (2023). Analisis Minat Belajar Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Ipas Di Kelas 4 Sd N Panggung Lor. Inventa, 7(1), 78–84. https://doi.org/10.36456/inventa.7.1.a7104

Antara, M., & Vairagya, M. (2018). Keragaman budaya Indonesia sumber inspirasi inovasi. Desain Komunikasi Visual, Sekolah Tinggi Desain Bali, 2.

Aprilia, H. M., Aka, K. A., & Permana, E. P. (2021). Media Komik Berbasis Kearifan Lokal Kelud Untuk Materi IPS Siswa Sekolah Dasar. Semdikjar, 304–309.

Fatimah, N., & Ningsyih, S. (2021). Pengembangan Media Komik Interaktif Cerita Mbojo Berbasis Gerakan Literasi Sekolah untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4). https://doi.org/10.58258/jime.v7i4.2400

Guntur, M., Sahronih, S., & Ismuwardani, Z. (2023). Pengembangan Komik Sebagai Media Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 8(1), 34–44. https://doi.org/10.26618/jkpd.v8i1.9685

Hayati, Z. (2018). Pendidikan Sekolah Dasar dan Peningkatan SDM Yang Berkualitas. Primary Education Journal (Pej), 2(1), 66–71. https://doi.org/10.30631/pej.v2i1.13

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Nazhiroh, S. A., Jazeri, M., & Maunah, B. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif E-Komik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(November).

Rahmadani, C. R., & Wicaksono, V. D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Materi Keberagaman Sosial Budaya Di Indonesia. JPGSD, 11(10), 2172–2182.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Kedua). In Alfabeta (Vol. 3, Issue 2).

Syahmi, F. A., Ulfa, S., & Susilaningsih. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Smartphone Untuk Siswa Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 81–90. https://doi.org/10.17977/um038v5i12022p081

Syilviana, I. S., & Qurrotani, L. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Digital pada Materi Peninggalan Sejarah Kelas IV SD. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 11(1), 1–9. https://doi.org/10.17509/jppd.v11i1.68987

Downloads

Published

2025-08-03