PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KODIG (KOMIK DIGITAL) DALAM MATERI KERAGAMAN BUDAYA PADA SISWA KELAS IV SDN MOJOROTO 4
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29711Keywords:
Media, Komik digital, Keragaman budayaAbstract
Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan Media Pembelajaran Berbasis Kodig (Komik Digital) Dalam Materi Keragaman Budaya Pada Siswa Kelas IV SDN Mojoroto 4. Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu (1) Analisis (Analyze), (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Development), (4) Implementasi (Implementation), dan (5) Evaluasi (Evaluation). Subyek penelitian ini adalah guru dan 28 siswa kelas IV SDN Mojoroto 4. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angke validasi ahli materi dan ahli media, angket kepraktisan guru dan siswa, serta soal evaluasi. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa (1) Hasil uji kevalidan diperoleh skor kevalidan dari ahli materi sebesar 96% dan skor kevalidan dari ahli media sebesar 92%. Rata-rata nilai hasil validasi yaitu sebesar 94% dengan kriteria sangat valid. (2) Hasil uji kepraktisan diperoleh skor respon guru sebesar 94% dan rata-rata skor respon siswa sebesar 93,25%. Kedua nilai tersebut dapat diakumulasikan menjadi 93,6% dengan kriteria sangat praktis. (3) Hasil uji keefektifan uji coba terbatas 87,5% dan uji coba luas 90%. Kedua skor tersebut diakumulasikan menjadi 88,75% dengan kriteria sangat efektif. Dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Berbasis Kodig (Komik Digital) Dalam Materi Keragaman Budaya Pada Siswa Kelas IV SDN Mojoroto 4 dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelasDownloads
References
Anggita, A. D., Ervina Eka Subekti, Muhammad Prayito, & Catur Prasetiawati. (2023). Analisis Minat Belajar Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Ipas Di Kelas 4 Sd N Panggung Lor. Inventa, 7(1), 78–84. https://doi.org/10.36456/inventa.7.1.a7104
Antara, M., & Vairagya, M. (2018). Keragaman budaya Indonesia sumber inspirasi inovasi. Desain Komunikasi Visual, Sekolah Tinggi Desain Bali, 2.
Aprilia, H. M., Aka, K. A., & Permana, E. P. (2021). Media Komik Berbasis Kearifan Lokal Kelud Untuk Materi IPS Siswa Sekolah Dasar. Semdikjar, 304–309.
Fatimah, N., & Ningsyih, S. (2021). Pengembangan Media Komik Interaktif Cerita Mbojo Berbasis Gerakan Literasi Sekolah untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4). https://doi.org/10.58258/jime.v7i4.2400
Guntur, M., Sahronih, S., & Ismuwardani, Z. (2023). Pengembangan Komik Sebagai Media Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 8(1), 34–44. https://doi.org/10.26618/jkpd.v8i1.9685
Hayati, Z. (2018). Pendidikan Sekolah Dasar dan Peningkatan SDM Yang Berkualitas. Primary Education Journal (Pej), 2(1), 66–71. https://doi.org/10.30631/pej.v2i1.13
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Nazhiroh, S. A., Jazeri, M., & Maunah, B. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif E-Komik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(November).
Rahmadani, C. R., & Wicaksono, V. D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Materi Keberagaman Sosial Budaya Di Indonesia. JPGSD, 11(10), 2172–2182.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Kedua). In Alfabeta (Vol. 3, Issue 2).
Syahmi, F. A., Ulfa, S., & Susilaningsih. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Smartphone Untuk Siswa Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 81–90. https://doi.org/10.17977/um038v5i12022p081
Syilviana, I. S., & Qurrotani, L. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Digital pada Materi Peninggalan Sejarah Kelas IV SD. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 11(1), 1–9. https://doi.org/10.17509/jppd.v11i1.68987
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.