PELESTARIAN KEARIFAN LOKAL MELALUI PROGRAM SABTU BUDAYA DI SMAN NEGERI 1 GANGGA KABUPATEN LOMBOK UTARA
Kearifan Lokal
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29760Keywords:
Program Sabtu Budaya, Kearifan Lokal, dan BudayaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelestarian kearifan lokal melalui program sabtu budaya di SMAN 1 Gangga Kabupaten Lombok Utara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriftif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pelestraian kearifan lokal melalui program sabtu budaya tersebut memiliki beberapa rangkaian kegiatan. 1) Pagelaran seni yang meliputi: (a) Pentas seni, (b) Permainan Tradisional, (c) Teater, (d) Gendang Beleq. 2) Pameran Kreatifitas yang dirangkaian dengan kegiatan Pameran hasil karya P5. Kemudiam terdapat faktor pendukung dan penghambat didalam kegiatan program sabtu budaya. 1) Faktor Pendukung dibagi menajdi dua ada faktor internal dan eksternal yang meliputI: (a) Guru, Kepala Sekolah, Siswa, dan Staf TU, (b) Masyrakat dan Tokoh Adat. 2) Faktor penghambat dalam pelaksanaan kegiatan program sabtu budaya meliputi, kurangnya antusias sebagian siswa dan kurangnya tenaga pelatih budaya. Kata Kunci: Program Sabtu Budaya, Kearifan Lokal, dan BudayaDownloads
References
Alqadri, B., Kurniawansyah, E.,
& Fauzan, A. (2021). Habituasi
Nilai-nilai Karakter Sebagai
Perilaku Anti Korupsi Pada
Masyarakat Kajang. Pendidikan
Sosial Keberagaman, 8(1),
10–29.
Bariah. 2022. Analisis Implementasi
Kebijakan Pendidikan Sabtu
Budaya Di MI NW Tanak Beak
Narmada. Tesis. Mataram.
Universitas Islam Negeri Mataram.
Cresswell, J. W. (2016).
Pendekatan Metode Kualitatif,
Kuantitatif dan campuran. Edisi
keempat (Cetakan kesatu).
Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 240-
243.
Ebit. 2019. Implementasi Nilai-Nilai
Kearifan Lokal Pada Siswa Kelas
XI Dalam Pembelajaran Sejarah
Materi Sejarah Kerajaan Maritim
Islam Di SMA Negeri 3 Demak.Skripsi. Semarang. Universitas
Negeri Semarang.
Fatmah. (2018). Pembentukan
Karakter Dalam Pendidikan .
Jurnal Pemikiran Kei slaman.
Kediri. Insitut Agama Islam
Tribakti.
Handayono,P, Yudiwinata,P,H.
(2014). Permainan Tradisional
Dalam Budaya Dan
Perkembangan Anak.
ejournal.unesa.ac.id
Mustari, M (2012). Pengantar Metode
Penelitian. Yogyakarta: Laksbang
Pressindo.
Nurmayanti,A, Ismail, M, Sawaludin,
Yuliantin . (2023). Implementasi
Program Sabtu Budaya Sebagai
Penguatan Civic Dispotion DI SMP
Negeri 15 Mataram . Jurnal Ilmiah
Profesi Pendidikan.
Nurmayanti, Aulia, Alqadri B,
Rispawati, Kurniawansyah. (2023).
Efektivitas Rangkaian Kegiatan
Sabtu Budaya. Jurnl Ilmiah Profesi
Pendidikan.
Rodiatun, Kurniawansyah. (2022).
Nilai-nilai Yang Terkandung Dalam
Kegiatan Pekan Sabtu Budaya Di
SMA Negeri 1 keruak . Jurnal
Pengabdian Magister Pendidikan
IPA 5.
Rizkikaddhuhani,A. (2024). Dampak
Program Sabtu Budaya Dalam
Menumbuhkan Sikap Mulikultural
Di SMAN Negeri 3 Mataram .
Media Bina Ilmiah 18 (7), 1877-
1886.
Siti. 2018. Efektivitas Budaya
Sekolah Terhadap Pendidikan
Karakter Siswa. Skripsi. Jakarta.
Universitas Islam Negeri Syarif
Hidayatullah.
Syarifuddin, Pasopati Utungga
Rommel, Bhagaskoro Pridipto.
(2019). Pancasila Dalam Interaksi
Kearifan Lokal Dan Ideologi
Transnasional. Jurnal Inovasi Ilmu
Sosial Dan Politik. Hal 112-132.
Susiani. 2023. Peran Budaya
Sekolah Dalam Pembentukan
Karakter Islami Peserta Didik
Kelas VII.1 SMP Negeri 1
Parepare. Skripsi. Parepare.
Institut Agama Islam Negeri
Parepare.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.