PELESTARIAN KEARIFAN LOKAL MELALUI PROGRAM SABTU BUDAYA DI SMAN NEGERI 1 GANGGA KABUPATEN LOMBOK UTARA

Kearifan Lokal

Authors

  • Teguhh60 Satriaa Universitas Mataram
  • Muh.Zubair Universitas Mataram
  • Bagdawansyah Alqadri Universitas Mataram
  • Sawaludin Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29760

Keywords:

Program Sabtu Budaya, Kearifan Lokal, dan Budaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelestarian kearifan lokal melalui program sabtu budaya di SMAN 1 Gangga Kabupaten Lombok Utara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriftif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pelestraian kearifan lokal melalui program sabtu budaya tersebut memiliki beberapa rangkaian kegiatan. 1) Pagelaran seni yang meliputi: (a) Pentas seni, (b) Permainan Tradisional, (c) Teater, (d) Gendang Beleq. 2) Pameran Kreatifitas yang dirangkaian dengan kegiatan Pameran hasil karya P5. Kemudiam terdapat faktor pendukung dan penghambat didalam kegiatan program sabtu budaya. 1) Faktor Pendukung dibagi menajdi dua ada faktor internal dan eksternal yang meliputI: (a) Guru, Kepala Sekolah, Siswa, dan Staf TU, (b) Masyrakat dan Tokoh Adat. 2) Faktor penghambat dalam pelaksanaan kegiatan program sabtu budaya meliputi, kurangnya antusias sebagian siswa dan kurangnya tenaga pelatih budaya.   Kata Kunci: Program Sabtu Budaya, Kearifan Lokal, dan Budaya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alqadri, B., Kurniawansyah, E.,

& Fauzan, A. (2021). Habituasi

Nilai-nilai Karakter Sebagai

Perilaku Anti Korupsi Pada

Masyarakat Kajang. Pendidikan

Sosial Keberagaman, 8(1),

10–29.

Bariah. 2022. Analisis Implementasi

Kebijakan Pendidikan Sabtu

Budaya Di MI NW Tanak Beak

Narmada. Tesis. Mataram.

Universitas Islam Negeri Mataram.

Cresswell, J. W. (2016).

Pendekatan Metode Kualitatif,

Kuantitatif dan campuran. Edisi

keempat (Cetakan kesatu).

Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 240-

243.

Ebit. 2019. Implementasi Nilai-Nilai

Kearifan Lokal Pada Siswa Kelas

XI Dalam Pembelajaran Sejarah

Materi Sejarah Kerajaan Maritim

Islam Di SMA Negeri 3 Demak.Skripsi. Semarang. Universitas

Negeri Semarang.

Fatmah. (2018). Pembentukan

Karakter Dalam Pendidikan .

Jurnal Pemikiran Kei slaman.

Kediri. Insitut Agama Islam

Tribakti.

Handayono,P, Yudiwinata,P,H.

(2014). Permainan Tradisional

Dalam Budaya Dan

Perkembangan Anak.

ejournal.unesa.ac.id

Mustari, M (2012). Pengantar Metode

Penelitian. Yogyakarta: Laksbang

Pressindo.

Nurmayanti,A, Ismail, M, Sawaludin,

Yuliantin . (2023). Implementasi

Program Sabtu Budaya Sebagai

Penguatan Civic Dispotion DI SMP

Negeri 15 Mataram . Jurnal Ilmiah

Profesi Pendidikan.

Nurmayanti, Aulia, Alqadri B,

Rispawati, Kurniawansyah. (2023).

Efektivitas Rangkaian Kegiatan

Sabtu Budaya. Jurnl Ilmiah Profesi

Pendidikan.

Rodiatun, Kurniawansyah. (2022).

Nilai-nilai Yang Terkandung Dalam

Kegiatan Pekan Sabtu Budaya Di

SMA Negeri 1 keruak . Jurnal

Pengabdian Magister Pendidikan

IPA 5.

Rizkikaddhuhani,A. (2024). Dampak

Program Sabtu Budaya Dalam

Menumbuhkan Sikap Mulikultural

Di SMAN Negeri 3 Mataram .

Media Bina Ilmiah 18 (7), 1877-

1886.

Siti. 2018. Efektivitas Budaya

Sekolah Terhadap Pendidikan

Karakter Siswa. Skripsi. Jakarta.

Universitas Islam Negeri Syarif

Hidayatullah.

Syarifuddin, Pasopati Utungga

Rommel, Bhagaskoro Pridipto.

(2019). Pancasila Dalam Interaksi

Kearifan Lokal Dan Ideologi

Transnasional. Jurnal Inovasi Ilmu

Sosial Dan Politik. Hal 112-132.

Susiani. 2023. Peran Budaya

Sekolah Dalam Pembentukan

Karakter Islami Peserta Didik

Kelas VII.1 SMP Negeri 1

Parepare. Skripsi. Parepare.

Institut Agama Islam Negeri

Parepare.

Downloads

Published

2025-08-05