PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN DAN KEMANDIRIAN SISWA KELAS II SDN TENGKET 03

Authors

  • Imatul Aliyah STKIP PGRI Bangkalan
  • Siska Pratiwi STKIP PGRI Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29783

Keywords:

Discovery Learning, Pemahaman, Kemandirian, Matematika, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap pemahaman dan kemandirian belajar siswa kelas II di SDN Tengket 03. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu dan desain One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan berupa soal uraian untuk mengukur pemahaman dan angket skala Likert untuk mengukur kemandirian. Teknik analisis data mencakup uji validitas, reliabilitas, normalitas, uji paired sample t-test, serta uji MANOVA dengan bantuan SPSS versi 21.0. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, baik pada pemahaman maupun kemandirian siswa, yang berarti terdapat perbedaan signifikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil uji MANOVA juga menunjukkan signifikansi 0,007 < 0,05, yang mengindikasikan bahwa model Discovery Learning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan pemahaman dan kemandirian siswa. Dengan demikian, model ini terbukti efektif dalam mendukung proses pembelajaran matematika di kelas II sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179. https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019

Balaka, M. Y. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif, 1, 130.

Budiastuti, P. N., & Rosdiana, R. (2023). Analisis Langkah-Langkah Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Teks Cerita Inspiratif Kelas IX SMP di Kabupaten Bogor Utara. Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajaran, 3(1), 39–45. https://doi.org/10.55215/triangulasi.v3i1.5129

Dari, F. W., & Ahmad, S. (2020). Model Discovery Learning sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1469–1479.

Djalal, F. (2017). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, dan Model Pembelajaran. Jurnal Dharmawangsa, 2(1), 33.

Intanghina. (2019). Tinjauan Pustaka Tinjauan Pustaka. Convention Center di Kota Tegal, 9.

Isnawati, N., & Samian. (2015). Kemandirian Belajar Ditinjau dari Kreativitas Belajar dan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(1), 128–144.

Juniarti, Y., & Gustiana, E. (2019). Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 6(1), 12.

Maulina, D. (2022). Pengembangan Model Discovery Learning dengan Model Group Investigation pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(2), 199. https://doi.org/10.30651/lf.v6i2.8532

Mukaramah, M., Kustina, R., & Rismawati, R. (2020). Menganalisis Kelebihan dan Kekurangan Model Discovery Learning Berbasis Audiovisual dalam Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1), 1–9.

Nasution, N., Rahayu, R. F., Yazid, S. T. M., & Amalia, D. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 12(1), 9. https://doi.org/10.32832/jpls.v12i1.2879

Nurfaidah Syam. (2023). Efektivitas Model Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan SMP Negeri 1 Lambuya.

Rachman. (2018). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Pemerolehan Konsep Terhadap Pemahaman Siswa Pada Materi Pelajaran. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru, 9–26.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Usmadi. (2020). Panduan Praktis Uji Statistik untuk Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Yestiani, D., & Zahwa, F. (2020). Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemandirian dan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 85–94.

Downloads

Published

2025-08-14