PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG FLASHCARD BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) PADA IPAS MATERI STRUKTUR LAPISAN BUMI KELAS V DI SD NEGERI 2 BALEREJO

Authors

  • Niti Cahyaning Tias Universitas Bhinneka PGRI
  • Nurna Listya Purnamasari Universitas Bhinneka PGRI

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i3.29788

Keywords:

augmented reality (AR), flashcard, IPAS, learning media

Abstract

Konsep IPAS seringkali sulit dicapai oleh peserta didik dikarenakan sering melibatkan konsep-konsep abstrak sehingga memerlukan media yang mampu memberikan visualisasi menarik dan terlihat nyata. Media yang mampu menampilkan visualisasi menarik dan terlihat nyata salah satunya adalah teknologi Augmented Reality (AR). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi sekolah yang masih minim penggunaan media pembelajaran yang bervariasi dan masih mengandalkan media pembelajaran tradisional seperti buku maupun gambar 2D. Selain itu, belum tersedia media pembelajaran yang mampu memvisualisasikan konsep IPAS secara nyata dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Big Flashcard berbasis Augmented Reality (AR) pada IPAS Materi Struktur Lapisan Bumi Kelas V serta memahami tingkat kevalidan dan keterterapan media pembelajaran Big Flahcard berbasis Augmented Reality (AR) pada IPAS Materi Struktur Lapisan Bumi kelas V. Dalam penelitian ini, model ADDIE digunakan sebagai metode penelitian dan pengembangan (R&D). Tahapan-tahapan tersebut terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Validasi yang dilakukan oleh ahli materi mendapatkan 94% dengan kriteria sangat valid, sedangkan ahli media mendapatkan 90% dengan kriteria sangat valid. Media pembelajaran Big Flashcard berbasis Augmented Reality (AR) pada IPAS Materi Struktur Lapisan Bumi dapat digunakan di kelas V SD Negeri 2 Balerejo.     Kata Kunci: IPAS, Media Pembelajaran, Flashcard, Augmented Reality (AR)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggreani, C., & Satrio, A. (2021). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Pengembangan Flashcard Berbasis Augmented Reality Untuk Anak Usia Dini. 3(6), 5126–5135.

Carolina, Y. Dela, Wates, S. M. A. N., Progo, K., & Yogyakarta, D. I. (2023). Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif 3D Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Digital Native. 8(1), 10–16.

Fahrin Nailatil Karomah, Devita, Zulfikar Januarga Ramli, M. M. (2024). Peran Dan Manfaat Media Pembelajaran Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ika: Ikatan Alumni Pgsd Unars, 15(2), 211–222.

Firdaus, D., & Prastiyono, H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Jenga IPS ( JIPS ) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Materi Peran Pelaku Ekonomi. 3(2), 118–127.

Ginting, M., & Tambunan, H. P. (2023). Ijms : Indonesian Journal Of Mathematics And Natural Science Pengaruh Media Pembelajaran Ar ( Augmented Reality ) Berbasis 3d Menggunakan Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Tema 3 Sub Tema 1 Di Sdn 065015 Medan Ginting & Tambunan. 01(03), 132–139.

Kafi, M. N., & Purnamasari, N. L. (2024). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Mobile Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Di SMKS Veteran 1 Tulungagung. 3(3), 195–205.

Klesman, D. M. I. (2022). Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. 2(2), 72–78.

Listiana, M., Herlinawati, M., Supyadi, M. R., Keguruan, F., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Animasi Dan Simulasi Interaktif Pada Pembelajaran IPAS. 9, 29–35.

Mariyati, D., Cholifah, P. S., & Sukamti, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Android Tema Organ Gerak Hewan Dan Manusia Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(12), 991–1002. Https://Doi.Org/10.17977/Um065v1i122021p991-1002

Moha, A., & Budiana, S. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipas Kelas 3. 10(September), 623–630.

Natasya, Zahrah. Khoirunnisa, P. T. A. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Pembelajaran Ipas Materi Harmoni Dalam Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar Natasya. 10.

Nina, Q. A., Fatih, M., & Alfi, C. (2023). Pengembangan Media Flashcard Berbasis Augmented Reality Materi Gaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV. 6(November).

Parmadi, T., Nahdlatul, U., Kalimantan, U., Nurcahyo, M. A., Nahdlatul, U., & Kalimantan, U. (2023). Pengembangan Media Miniatur Sistem Tata Surya 3d Terhadap Pengenalan Sistem Tata Surya Kelas Vi Sd. 1.

Salsabela, Y., & Oktaviarini, N. (2024). Pengembangan Media Lift The Flap Book Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Tumbuhan , Sumber Kehidupan Di Bumi Untuk Peserta Didik Kelas IV SDN 1 Wajak Lor Boyolangu Tulungagung. 07(01), 2604–2614.

Satria, P., & Putra, U. (N.D.). Sumber & Pengembangan Media Pembelajaran.

Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. 2(1), 470–477.

Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian Dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan Dan Kelebihan. 9, 1220–1230.

Yusup, A. H., Azizah, A., & Rejeki, E. S. (2023). Literature Review : Peran Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Dalam Media Sosial. 3(5). Https://Doi.Org/10.59818/Jpi.V3i5.575

Downloads

Published

2025-09-01