Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Dalam Pendidikan Pancasila Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Authors

  • Sabrina Wulandari Universitas Negeri Jakarta
  • Linda Zakiah Universitas Negeri Jakarta
  • Edwita Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29838

Keywords:

Keterampilan, Kolaborasi, Pembelajaran, Jigsaw, Pancasila, Skills, Collaboration, Learning, Jigsaw, Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan kolaborasi siswa kelas IV Sekolah Dasar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada pembelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini dilakukan di kelas IVB SDN Karang Tengah 14 dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc Taggart. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, rubrik penilaian, dan catatan lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah model pembelajaran Cooperative tipe Jigsaw mampu meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa kelas IVB SDN Karang Tengah 14 dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila. Hal ini didukung dengan hasil penilaian keterampilan kolaborasi siswa pada siklus I sebesar 60,12% atau sebanyak 17 siswa, sementara itu terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 81,96% atau sebanyak 23 siswa. Dengan begitu, model pembelajaran Cooperative tipe Jigsaw mampu berdampak positif guna meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa dalam Pendidikan Pancasila.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Elliot Aronson et al. 1978. The Jigsaw Classroom (Beverly Hills: CA: Sage Publishing Company.

Fauriza Tahta Alfinatusya’diyah, Bekti Nuryani, and Mahalisa Dyah Prostanti. (2024). “Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Melalui Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Di Kelas V Sekolah Dasar” 09.

Juwita Febri Cahyani Zendrato and Noel Michael Putra Ziliwu. (2025). “Dampak Teknologi Digital Dalam Pembentukan Karakter Gen Alpha” 02.

Laura Greenstein, Assessing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning (United States of America: SAGE Publication, 2012).

Putri Mulia Yaumil Akhir, Yustia Suntari, and Rosinar Siregar, “Analisis Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Pada Pelajaran Ips Di Sekolah Dasar” 1, no. 1 (n.d.).

Parinussa, Jolanda Dessye, and Viona Sapulette. (2024). Buku Referensi Pengantar Penelitian Tindakan Kelas (Meningkatkan Pembelajaran Di Kelas). PT. Literasi Nusantara Abadi Group.

Ummi Bunga Aditya, “Implementasi Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Kelas Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 14, no. 1 (n.d.).

Sinar, Kompetensi Pedagogik: Upaya Menguasai Karakteristik Peserta Didik (Yogyakarta: CV. Bintang Semesta Media, 2023).

Suryadi, Asip, and Ika Berdiati. (2018). Menggagas Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Remaja Rosdakarya.

Yusuf Syamsu. 2007. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja (Bandung: Rosdakarya.

Zaenul Slam, “Implementasi Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Kolaborasi Peserta Didik Melalui Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan,” Jurnal Civic Hukum 5, no. 2 (November 17, 2020): 125–35, https://doi.org/10.22219/jch.v5i2.11117.

Zakiah, L., Sarkadi, Marini, A., & Ariatmi, S. Z. (2025, March). Digital storybook based on local wisdom representing students’ cultural literacy and citizenship. In AIP Conference Proceedings (Vol. 3142, No. 1, p. 020034). AIP Publishing LLC.

Downloads

Published

2025-08-06