MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DI KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29858Keywords:
Membaca Pemahaman, Model Pembelajaran STAD, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Klender 10 Pagi. Keterampilan ini sangat penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia karena berkaitan langsung dengan kemampuan memahami isi teks secara menyeluruh. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I, hasil evaluasi menunjukkan bahwa baru 58,6% atau 17 dari 29 siswa yang memperoleh nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Pada siklus II sebanyak 26 siswa atau 89,7% berhasil memperoleh nilai di atas KKM, sedangkan hanya 3 siswa atau 10,3% yang belum tuntas. Selain peningkatan hasil tes, aktivitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan sesuai indikator pemantauan.Downloads
References
Ginting, E. V., Ginting, R. R., Hasibuan, R. J., & Perangin-angin, L. M. (2022). ANALISIS FAKTOR TIDAK MERATANYA PENDIDIKAN DI SDN0704 SUNGAI KORANG. Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 3 No. 4.
Hikmawati, Ahiri, J., & Ramly. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achivement Divison (STAD) Dalam Pembelajaran Akuntansi Kelas X. Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi, Vol. 1, No. 3.
Kurniawati, F. N. A. (2022). MENINJAU PERMASALAHAN RENDAHNYA KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA DAN SOLUSI. AoEJ: Academy of Education Journal, Vol. 13 Nomor 1.
Rizal, S. (2018). Reading Skill: Teori dan Praktik Pengukurannya. Samudra Biru.
Selmedani, S., Septiana, V. W., & Lasari, Y. L. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKANMODEL SQ3R PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, Vol. 4 No.1.
Shofiyah, L. (2020). STAD-Type Cooperative Learning in IPS Lessons in Elementary School. Jurnal Universitas Sebelas Maret.
Tambunan, M. A. (2022). Keterampilan Membaca. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia (PRCI).
Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda, Vol 4, No 1.
Zakiah, L., Komarudin, K., & Somantri, M. (2025). The Sundanese Cultural Story Book as a Learning Media for Local Wisdom-Based in Pancasila and Civic Education Learning for Elementary School Students in Bandung. In S. Suprihatin et al. (Eds.), Proceedings of the International Conference on Education Practice (ICEP 2024), Advances in Social Science, Education and Humanities Research (Vol. 906, pp. 75–82). Atlantis Press.
Zakiah, L., Kusmawati, A. P., Yufiarti, Y., & Supena, A. (2022). Brain Based Learning in Civics Learning to Grow the Responsible Attitude of Elementary School Students. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(3), 534–540.
Zakiah, L., Marini, A., & Sarkadi, S. (2023). Teachers' strategies in teaching social tolerance to elementary school students in Jakarta, Indonesia. Issues in Educational Research.
Zakiah, L., Marini, A., Sarkadi, S., Komarudin, K., Kusmawati, A. P., & Casmana, A. R. (2023). Implementation of teaching multicultural values through Civic Education for elementary school students. Journal of Social Studies Education Research.
Zakiah, L., Sarkadi, Marini, A., Ariatmi, S. Z. (2025). Digital storybook based on local wisdom representing students’ cultural literacy and citizenship. AIP Conference Proceedings.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.