Peningkatan Minat Belajar melalui Model TGT Berbantuan Poster Pertanyaan Kuis
Penelitian tindakan kelas skripsi
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29860Keywords:
Minat Belajar, Model Team Games Tournament (TGT)Abstract
Penelitian berikut dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada IPAS norma pada adat istiadat daerahku kelas IV C SDN Ciledug 02 Setu, Kabupaten Bekasi. Adapun solusi dari permasalahan ini yaitu dalam implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Penelitian berikut mempunyai tujuan dalam meningkatkan minat belajar siswa terhadap IPAS materi norma pada adat istiadat daerahku kelas IV C SDN Ciledug 02 Setu,Kabupaten Bekasi dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan terdapat empat tahapan: Perencanaan,pelaksanaan,observasi, dan refleksi. Penelitiam ini dilaksanakan pada bulan April hingga Mei 2025. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV C SDN Ciledug 02 kecamatan setu kabupaten Bekasi, dengan jumlah siswa 43 orang siswa, yang meliputi 19 siswa laki-laki serta 22 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian berikut adalah wawancara pra siklus, observasi, angket serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian minat belajar siswa pada IPAS materi norma dalam adat istiadat daerahku disimpulkan bahwa dalam pra siklus memperoleh 55% pada kategori rendah terhadap siklus I meningkat menjadi 63% terjadi peningkatan tetapi belum signifikan dan pada siklus II di kategorikan tinggi dengan persentase 82%.Downloads
References
A., Putrini Mahadewi, L. P., & Ngurah Japa, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (Tgt) Bermediakan Questions Box Terhadap Hasil Belajar Ipa. Mimbar Ilmu, 24(1), 73. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17453
Anjar Palupi, M., & Husamah, H. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Ipas Siswa Kelas 4 Sdn Sumbersari 2 Kota Malang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4653–4661. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8155
Arif, S., & Oktafiana, S. (2023). PENELITIAN TINDAKAN KELAS. In Mitra Ilmu. Mitra Ilmu.
Arlina et al, 2023, p. 23. (2019). Hakikat & Prinsip Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 8(2), 292–300.
Asih, & Imami, A. I. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Smp Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 799–808. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.799-808
Aulia, L., & Anwar, K. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Minat Belajar Pai Dan Budi Pekerti Peserta Didik Kleas 5 Di Sdn Wringinjajar 3. Jurnal Ilmiah Sultan Agung, 2(1), 454–463.
Dhia Octariani, A. C. P. (2020). Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. ASIMETRIS: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(2), 43–49.
Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2), 18–22. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480
Makrifah, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Terhadap Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Kalikutuk. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Masdul, M. R. (2018). Komunikasi Pembelajaran Learning Communication. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 1–9.
Pemikiran, S., Zaenal, A., & Nurfauzizah, L. (2023). Pentingnya Menentukan Tujuan Hidup untuk Masa Depan : Analisis Singkat Pemikiran Ali Zaenal Abidin. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 01(02), 31–36.
Pujilestari, Y., & Susila, A. (2020). Pemanfaatan Media Visual dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 19(02), 40–47. https://doi.org/10.21009/jimd.v19i02.14334
Qomariyah, S. (2022). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Sifat Bangun Ruang Melalui Cooperative Learning Type Team Games Tournament (TGT) Kelas IV Semester I MI Negeri 6 Cilacap Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap. Jurnal Insan Cendekia, 3(1), 35–41. https://doi.org/10.54012/jurnalinsancendekia.v3i1.58
Rubiman, R., & Kamali, S. R. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap. Sintesa, 11(1), 177–186.
Siswanto2, R. M. T. & I. (2015). Inovasi Kurikulum Dalam Pengembangan Pendidikan (Suatu Analisis Implementatif) Razali. 1(July), 216–228.
Syarifudin, A. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling. 6(1), 76–91.
Ulfa, R., Susilawati, W. O., & Darniyanti, Y. (2021). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Di SDN 04 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 125–131. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2246
Utami, A., Astriana, M., Walid, A., Fatmawati, U., & Bengkulu, S. (2022). Analisis minat siswa terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran ipa. 11(1), 46–57.
Wati, N. nyoman K. (2020). M Meta-analisis Pengaruh Model Pembelajaran TGT terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Widyanatya, 2(02), 100–108. https://doi.org/10.32795/widyanatya.v2i02.904
Winarto silaban, M. P. (2024). Model-Pembelajaran-Kooperatif-Ebook aprido dkk.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.