PENGEMBANGAN MEDIA GAME TTL MATA PELAJARAN SENI BUDAYA PADA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29903Keywords:
Media Interaktif, Game TTL, Seni Budaya.Abstract
Berdasarkan observasi dan wawancara di Kelas 1 SDN Pagung 1 ditemukan permasalahan bahwa, banyak peserta didik yang kurang mengenal dengan lagu wajib nasional. Kurangnya pengetahuan lagu wajib nasional menyebabkan lunturnya nilai nasionalisme didalam diri peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu Mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan pengembangan media interaktif Game TTL (Teka-Teki Lagu) pada siswa kelas 1 SDN Pagung 1. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian kali ini menunjukkan bahwa (1) Hasil validasi yang diperoleh dari validasi media yaitu 96% dan validator materi 95%. Maka hasil rata-rata kevalidan media interakaktif game TTL (Teka-Teki Lagu) yaitu 95,5%. (2) Hasil kepraktisan yang diperoleh dari uji coba terbatas angket respon guru yaitu 95% dan angket respon siswa mendapatkan 90%. Maka rata-rata yang diperoleh dari kepraktisan uji coba terbatas yaitu 92,5 %. Sementara hasil kepraktisan dari uji coba luas yaitu dari angket respon guru yaitu 95% dan angket respon siswa mendapatkan 95%. Maka rata-rata yang diperoleh dari kepraktisan uji coba luas yaitu memperoleh 95%.(3) Hasil keefektifan yang diperoleh dari uji coba terbatas yaitu 100% dan uji coba luas mendapatkan 91,6%. Maka dapat disimpulkan media Interaktif game TTL (Teka-Teki Lagu) mata pelajaran seni budaya pada siswa kelas 1 SDN Pagung 1 dinyatakan valid, praktis, dan efektif.Downloads
References
Agam, T. N., & Sulistiowati. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Permainan Alat Musik Sederhana Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Untuk Kelas VII di SMP Negeri 50 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendiidikan, 1–8.
Annisa, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.
Assabilah, A. D., & Murni, A. W. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif JERA pada Mata Pelajaran PPKn Materi Mengenal Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-Hari Kelas V SDN Sumokali Candi. Nusantara Agam, T. N., & Sulistiowati. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Permainan Alat Musik Sederhana Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Untuk Kelas VII di SMP Negeri 50 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendiidikan, 1–8.
Annisa, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.
Assabilah, A. D., & Murni, A. W. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif JERA pada Mata Pelajaran PPKn Materi Mengenal Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-Hari Kelas V SDN Sumokali Candi. Nusantara Educational Review, 1(1), 15–22. https://doi.org/10.55732/ner.v1i1.996
Branch, R. M., & Varank, İ. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722, p. 84). New York: Springer.
Hanum, D. M., & Herlawati, H. (2019). Animasi Interaktif Pengenalan Interval Nada Melalui Lagu-Lagu Nasional Pada SDN Pengasinan 8 Bekasi. Jurnal Mahasiswa Bina …, 4(1), 11–22.
Mahmudin, N. S., & Saprudin, U. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VII Dengan Metode Research and Development (R&D). Jurnal Informasi Dan Komputer, 11(1), 1–18.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.