UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN VOCABULARY HANGING GAME PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Siti Masitoh Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Arsyi Rizqia Amalia Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Iis Nurasiah Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29931

Keywords:

membaca permulaan, media pembelajaran, vocabulary hanging game

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 3 Ciracap melalui penggunaan media vocabulaly hanging game. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas I yang berjumlah 25 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan media vocabulary hanging game dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 3 Ciracap. Pada siklus pra siklus, ada 10 orang siswa setara dengan 40% yang sudah dapat mengenali suku kata dengan sangat baik, ada 13 orang siswa setara dengan 52% sudah dapat mengucapkan bunyi huruf dengan sangat baik, dan ada 11 orang setara dengan 44% sudah dapat memahami berbagai simbol berupa rangkaian huruf-huruf dalam suatu tulisan dan gambar dengan sangat baik. Pada siklus siklus I, ada 16 orang siswa setara dengan 64% yang sudah dapat mengenali suku kata dengan sangat baik, ada 17 orang siswa setara dengan 68% sudah dapat mengucapkan bunyi huruf dengan sangat baik, dan ada 12 orang setara dengan 48% sudah dapat memahami berbagai simbol berupa rangkaian huruf-huruf dalam suatu tulisan dan gambar dengan sangat baik.  Pada siklus siklus II, ada 21 orang siswa setara dengan 84% yang sudah dapat mengenali suku kata dengan sangat baik, ada 22 orang siswa setara dengan 88% sudah dapat mengucapkan bunyi huruf dengan sangat baik, dan ada 16 orang setara dengan 64% sudah dapat memahami berbagai simbol berupa rangkaian huruf-huruf dalam suatu tulisan dan gambar dengan sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alifia, A. S., Palupi, W., & .Jumiatmoko, J. (2022). Alat Permainan Edukatif Board Game untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun. Kumara Cendekia, 10(2). https://doi.org/10.20961/kc.v10i2.58600

Amalia, A. R. (2025). Media Vocabulary Hanging Game. In Wawancara.

Anggraeni, U. A. M., Winarni, R., & Yulisetiani, S. (2023). Yukiba sebagai Media Pembelajaran Membaca Permulaan untuk Anak di Era Digital. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 3980–3990. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4849

Fitriana, A. N., Aisah, M. N., Rianto, E. I., & Widakdo, R. (2024). Optimalisasi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi dan Kedisiplinan Siswa . JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 5(2), 97–105. https://doi.org/10.31949/madinasika.v5i2.8267

Gading, I. K., Magta, M., & Pebrianti, F. (2019). Pengaruh Metode Suku Kata dengan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Mimbar Ilmu, 24(3), 270–276. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21417

Iskandar, S., Rosmana, P. S., Putri, H. I., Alqindy, K. K., & Anggrain, S. K. P. (2024). Peran Guru dalam Membangun Lingkungan Belajar yang Positif di Kelas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 25762–25770.

Kunandar. (2016). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. PT Raja Grafindo Persada.

Muammar. (2020). Membaca Permulaan Sekolah Dasar. In Sanabali Creative. Sanabil.

Nugraheni, S. R., & Astuti, R. (2024). Implementasi Small Group Discussion Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Gotong Royong Pada Peserta Didik SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(3), 41156–41166.

Nurmalasari, W. (2023). Problematika dan Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2912–2919. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6101

Purba, H. M., Zainuri, H. S., Syafitri, N., & Ramadhani, R. (2023). Aspek-Aspek Membaca dan Pengembangan dalam Keterampilan Membaca di Kelas Tinggi. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 179–192. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i3.1025

Rasyid, F. (2022). Metodologi Penelitian Kuantittaif dan Kualitatif. In IAIN Press Kediri.

Rohman, Y. A., Rahman, R., & Damayanti, V. S. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas Satu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5388–5396. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2946

Sahito, Z. H. (2025). The Effectiveness of Active Learning Strategies in Enhancing Student Engagement and Academic Performance. 110–127.

Sari, H. M., Uswatun, D. A., Amalia, A. R., Mariam, S., & Yohana, E. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa melalui Kartu Kata Berbasis Wayang Sukuraga. Jurnal Basicedu, 6(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3557

Sudjana, N., & Rivai, A. (2019). Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo.

Downloads

Published

2025-08-05