IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH AIMAS

Authors

  • Meis Betteng Universitas Pendidikan Muhamammadiyah Sorong
  • Nursalim Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Syam Kusumaningrum Universitas Pendidikan Muhamammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.29961

Keywords:

Implementation of Independent Curriculum, Elementary School Mathematics Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi Kurikulum Merdeka, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga penilaian yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses perencanaan meliputi analisis capaian pembelajaran, penyusunan tujuan dan alur tujuan pembelajaran, asesmen diagnostik, serta pengembangan modul ajar yang disusun sesuai karakteristik peserta didik. Pada tahap pelaksanaan, guru menerapkan strategi diferensiasi berupa diferensiasi konten, proses, produk, dan lingkungan belajar yang disesuaikan dengan gaya belajar, minat, dan kemampuan peserta didik. Penilaian dilakukan secara formatif dan sumatif, dengan penggunaan berbagai instrumen yang mendukung pengukuran capaian belajar peserta didik. Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Muhammadiyah Aimas sudah berjalan sesuai dengan prosedur dan standar yang ditetapkan, meskipun terdapat beberapa kendala yang perlu terus diperbaiki dan ditingkatkan agar proses pembelajaran lebih optimal. Secara umum, penerapan kurikulum ini mampu meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dan pengembangan potensi peserta didik secara menyeluruh.

                                                                                                                                 

Kata kunci: Implementasi Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Matematika SD

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almarisi, A. (2023). Kelebihan dan kekurangan kurikulum merdeka pada pembelajaran sejarah dalam perspektif historis. 111–117.

Analisis, S., & Pengembangan, K. (2013). SEJARAH KURIKULUM DI INDONESIA.

Anwar, Z., & Jannah, R. (2023). Zainul Anwar, Raudlatul Jannah / Telaah Kurikulum 13 dan Kurikulum Merdeka di SD/MI 151. 1(3), 151–162.

Ardianti, Y., Amalia, N., Dasar, G. S., & Surakarta, U. M. (2022). Kurikulum Merdeka : Pemaknaan Merdeka Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar dalam. 6(3), 399–407.

Azhar, S. (n.d.). Urgensi inovasi dalam sistem pendidikan. 257–273.

Di, P., & Dasar, S. (2022). PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING DALAM. 14–23.

Ilmiah, J., & Pendidikan, W. (2023). 1 , 2 2. 9(19), 979–988.

Islam, U., Mahmud, N., & Batusangkar, Y. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di SMKN 4 Sijunjung. 6(2), 125–136.

Modul, S., Keprofesian, P., Sekolah, B., & Sd, D. (n.d.). Pembelajaran 7 . Pengembangan Potensi Peserta Didik. 147–167.

Numerik, P., Anak, P., Pgmi, D., & Iain, F. (2009). Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD) http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD Vol.3 No.2. 3(2), 15–24.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia Restu Rahayu 1  , Sofyan Iskandar 2 , Yunus Abidin 3. 6(2), 2099–2104.

Rora Rizky Wandini et al., “Upaya Meningkatkan Proses Pembelajaran Matematika Di SDN 34 Batang Nadenggan,” Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 3 (2021): 385, 10.56832/edu.v1i3.143.

Salsabilla, I. I., & Jannah, E. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. 3(1), 33–41.

Sukri, M., Patras, Y. E., & Novita, L. (2024). No Title. 12(3).

Wiguna, I. K. W., Adi, M., & Tristaningrat, N. (2022). Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. 3(1), 17–26.

Yanti, W. T., & Fauzan, A. (2021). Jurnal basicedu. 5(6), 6367–6377.

Muhammad Rouf, Akhmad Said, and Dedi Eko Riyadi HS., “Pengembangan Kurikulum Sekolah: Konsep, Model Dan Implementasi,” Al-Ibrah 5, no. 2 (2020): 30–40, https://www.ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/106.

Rohman, Syaifudin, “Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing Di SMA Negeri 14 Palembang,” ..., hlm. 166.

Mulyasa, E. (2009). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dharma, Surya. 2010.”Manajemen Kinerja”. Pustaka Pelajar:Yogyakarta.

Ibid, hlm. 10.

Pd Akbar, Dadang H, M, “Modul Ajar,” Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, no. 4789 (2021), hlm. 2.

Anggraena Yogi and Dkk, Panduan Pembelajaran Dan Asesmen, Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2022: 25

Sufyadi, Pembelajaran Dan Asesmen Kompetensi, …, hlm. 23

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Muthoharoh, “Kurikulum Merdeka: Konsep Dan Impelemtasiannya”, …, hlm.129-130

Downloads

Published

2025-11-01

Most read articles by the same author(s)