ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30011Keywords:
Media Pembelajaran Interaktif, PowerPoint, Hasil Belajar Siswa, Pendidikan Dasar, Pembelajaran DigitalAbstract
Perkembangan teknologi digital yang berkembang pesat telah memengaruhi beberapa sektor, salah satunya adalah sektor pendidikan, sehingga diperlukan metode pembelajaran inovatif untuk meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa. Transformasi ini menuntut pendidik untuk memanfaatkan teknologi dalam menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif, menarik, dan sesuai dengan kebutuhan siswa di era digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) untuk menelaah, menganalisis, dan mengintegrasikan berbagai sumber literatur yang relevan secara sistematis yang dilakukan pada tahun 2022 hingga 2025 yang mengevaluasi efektivitas PowerPoint interaktif dalam pendidikan dasar. Penelitian ini membuktikan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis PowerPoint secara signifikan meningkatkan pemahaman, keterlibatan, dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran seperti Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Pendidikan Kewarganegaraan. Studi ini juga menyoroti pentingnya integrasi elemen visual, audio, dan interaktif dalam menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan efektif. Temuan ini mendukung penggunaan media pembelajaran berbasis PowerPoint sebagai pendekatan praktis dalam mendorong pembelajaran yang berpusat pada siswa di era digital serta memberikan kontribusi positif bagi perkembangan metode pengajaran inovatif.Downloads
References
Digital, L., Guru, B., Calon, D. A. N., Sekolah, G., Penunjang, S., & Dan, P. (2022). 3 1,2,3. 2(9), 87–94.
Kartika, J. N., Salimi, A., & Pranata, R. (2024). Pengaruh Penerapan Powerpoint terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 11 Pontianak Timur. 06(02), 12783–12789.
Karya, A., Kacaribu, A., & Sipayung, R. F. (2024). Pengaruh Penggunaan Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD Harapan 1 Medan. 2(2), 194–200.
Kependidikan, J. I., Nurwahidin, M., Izzatika, A., Perdana, D. R., Fadya, A., Meilandari, A., & Lampung, U. (2024). PENGARUH MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL. 5, 17–23.
Nasional, P. S., Huda, S. N., Tarigan, J. E., Faizah, S., Lubis, L., & Quality, U. (2024). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI PANAS DAN PERPINDAANNYA DI KELAS V SDN 064025 KEC . MEDAN TUNTUNGAN T . P 2023 / 2024 THE INFLUENCE OF POWERPOINT-BASED LEARNING MEDIA ON SCIENCE LEARNING OUTCOMES ON H. 3, 1–7.
Presiden Republik Indonesia. (2021). Standar Nasional Pendidikan. 102501.
Riza, M., Trihapsari, B., Suci, E., & Sari, L. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Untuk Meningkatkan Pemahaman Bilangan Cacah Siswa Kelas 6 SDN Baratajaya. 2(1), 1–10.
Sari, M., Syabrina, A. T., P, A. A. B., Harahap, A. N., Fauziah, S., Andriani, S., Simanungkalit, A. F., Nike, E., & Br, P. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN KELAS IV SEKOLAH DASAR ada dalam diri setiap individu . Menurut Nugraha et . al . ( 2020 ), pendidikan diartikan sebagai teknologi informasi ( Delyani et . 6(1), 558–565.
Tiffani, I. E., & Pramasdyahsari, A. S. (2024). PENDIDIKAN DASAR Efektivitas Penggunaan Media PowerPoint Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V dalam Mata Pelajaran IPAS. 7(1), 46–51.
Tribhuwana, U., Malang, T., & Warna, J. T. (2025). HUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SDN MERJOSARI 3 KOTA MALANG. 10, 73–86.
Widyardi, T., Sulianto, J., Azizah, M., & Kurniasari, N. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Powerpoint terhadap Hasil Belajar Kelas 4 di SD Negeri Sawah Besar 01. 7(2019), 4567–4573.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.