PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID DENGAN SISTEM BARCODE MODIFIKASI BAHAN BEKAS PADA MATERI STATISTIK DI SMP NEGERI 2 NABIRE

Authors

  • Faridha Rasyid Universitas PGRI Adibuana Surabaya
  • Achmad Noor Fatirul, Agung Pramujiono Universitas PGRI Adibuana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30027

Keywords:

Media pembelajaran interaktif, ADDIE, statistik.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Android dengan sistem barcode modifikasi bahan bekas pada materi statistik di SMP Negeri 2 Nabire, dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini melibatkan serangkaian uji coba yang dilakukan oleh berbagai ahli, termasuk ahli desain, ahli materi, ahli media, serta uji coba perorangan, kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Pada tahap analisis dilakukan identifikasi kebutuhan pembelajaran di SMP Negeri 2 Nabire yang membutuhkan media pembelajaran yang interaktif dan inovatif. Tahap desain, mencakup pembuatan prototipe. Prototipe tersebut kemudian diuji coba oleh ahli desain, ahli materi, dan ahli media, yang masing-masing memberikan hasil yang sangat baik dengan persentase kelayakan mencapai 91%, 97%, dan 91%, yang menunjukkan bahwa produk ini sangat layak untuk digunakan. Pada tahap pengembangan, media pembelajaran yang sudah diuji coba diperbaiki dan ditingkatkan berdasarkan feedback dari para ahli. Uji coba perorangan menunjukkan hasil yang sangat positif dengan persentase kelayakan mencapai 92%, dan uji coba kelompok kecil memperoleh persentase kelayakan sebesar 90%. Hal ini menunjukkan bahwa mayoritas responden sangat mendukung penggunaan media ini dalam pembelajaran statistik. Tahap implementasi, dilakukan  uji coba lapangan menunjukkan hasil sangat baik dengan persentase kelayakan mencapai 91%. Selain itu, uji coba yang dilakukan oleh teman sejawat menghasilkan persentase kelayakan sebesar 95%, sangat layak digunakan di lingkungan sekolah. Tahap Evaluasi menunjukkan media pembelajaran interaktif berbasis Android dengan sistem barcode modifikasi bahan bekas pada materi statistik di SMP Negeri 2 Nabire sangat efektif, menarik, dan layak digunakan dalam proses pembelajaran, sesuai dengan kriteria kelayakan yang ditetapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penulisan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Branch, R., M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Verlag US : Springer US.

Hake, R. R. 1998. Interactive engagement vs traditional methods: A six thousand student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics Teachers. 66(1): 64-74.

Hamzah, A. (2019). Media Pembelajaran Interaktif: Teori dan Praktik. Jakarta: Penerbit Edukasi.

Hapsari, DIS, Fahmi, S. Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android pada operasi pada matriks. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika …. jurnal.umj.ac.id; 2021;. Available from: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/10017

Lestari, R. (2022). Inovasi Pembelajaran Menggunakan Bahan Bekas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Martin, F & Hoskins, O. & Brooks, R & Bennett, T. (2013). Development of an Interactive Multimedia Instructional Module. Journal of Applied Instructional Design. 3. 5-17.

Mulyatiningsih, Endang.2014.Metode Penulisan Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nurfadhillah, S, Rachmadani, A, Salsabila, CS, .... Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android melalui aplikasi quiziz pada pelajaran matematika vi SDN Karang Tengah 06. Pensa. ejournal.stitpn.ac.id; 2021;. Available from: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa/article/view/1359

Prabowo, S. (2021). Pemanfaatan Teknologi Barcode dalam Pembelajaran. Surabaya: Jurnal Teknologi Pendidikan.

Rahman, M. (2020). Statistik untuk Pembelajaran yang Efektif. Bandung: Alfabeta.

Salsabila, P, Marhamah, M, .... Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android untuk Materi Aritmatika Sosial. Suska Journal of …. ejournal.uin-suska.ac.id;. Available from: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/20787

Sari, D., & Yulianto, B. (2020). Pengembangan Aplikasi Mobile dalam Pendidikan. Semarang: Universitas Pendidikan.

Sugiono, metode penulisan pendidikan pendekatan kuantitatif kualitatif dan (R&D) Bandung: alfabeta 2009 hlm. 407

Sugiyono. (2017). Metode Penulisan Kuantitatif, Kualitatif dan Gabungan. Alfabeta : Bandung.

Trianto. 2010. Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wahyuni, DQ, Ananda, R. Pengembangan media pembelajaran matematika interaktif berbasis android pada materi bentuk aljabar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. j-cup.org; 2022;. Available from: https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/1294

Downloads

Published

2025-08-04