STRATEGI PENINGKATAN MUTU SEKOLAH MELALUI PERENCANAAN, SUPERVISI, DAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 4 BALIKPAPAN

STRATEGI PENINGKATAN MUTU SEKOLAH MELALUI PERENCANAAN, SUPERVISI, DAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 4 BALIKPAPAN

Authors

  • dinda ruszayanthi Universitas Mulawarman
  • Muji Rahayu Universitas Mulawarman
  • Azizah Ramadhanti Universitas Mulawarman
  • Prof. Dr. Warman, M.Si Universitas Mulawarman
  • Dr. Masrur Yahya, M.Hum Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30054

Keywords:

Education Quality, School Planning, Supervision, Education Financing, School Management

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi peningkatan mutu sekolah melalui perencanaan pendidikan, supervisi, dan pengelolaan pembiayaan di SMP Negeri 4 Balikpapan. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan sekolah dilaksanakan secara kolaboratif dengan melibatkan kepala sekolah, guru, dan komite sekolah, serta didasarkan pada evaluasi diri dan rapor mutu sekolah. Supervisi dilakukan dalam dua bentuk, yaitu supervisi akademik yang berfokus pada observasi kelas dan pembinaan guru, serta supervisi manajerial untuk memantau pelaksanaan program sekolah agar sesuai dengan rencana strategis. Sementara itu, pembiayaan sekolah dikelola secara transparan dan akuntabel, dengan sumber utama berasal dari Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan dukungan dari pemerintah daerah. Dana tersebut digunakan untuk mendukung proses pembelajaran, pengembangan fasilitas sekolah, dan kegiatan ekstrakurikuler. Namun demikian, pelaksanaan strategi ini masih menghadapi beberapa tantangan seperti keterbatasan anggaran, rendahnya keterlibatan orang tua, serta ketimpangan kompetensi guru dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran. Meskipun demikian, hasil penelitian menekankan bahwa keberhasilan peningkatan mutu sekolah sangat bergantung pada sinergi antara perencanaan berbasis data, supervisi yang konsisten, dan pengelolaan keuangan yang transparan. Penguatan kolaborasi antar pemangku kepentingan serta peningkatan kapasitas sumber daya sekolah menjadi kunci penting dalam mengatasi tantangan dan mewujudkan mutu pendidikan yang berkelanjutan.   Kata Kunci: Mutu Pendidikan, Perencanaan Sekolah, Supervisi, Pembiayaan Pendidikan, Manajemen Sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Danim, S. (2006). Visi baru manajemen sekolah: dari unit birokrasi ke lembaga akademik. Jakarta: Bumi Aksara.

Dera Nugraha, D., Wibowo, A., Suwandi, S., & Aflahah, N. (2020). The effective school strategic plan implementation: A best practice at SMP Islam Cendekia Cianjur. Attractive: Innovative Education Journal, 2(1), 16–26. https://attractivejournal.com/index.php/aj/article/view/44

Fatimah, N. (2024). Transformasi digital dalam pendidikan: Strategi dan tantangan pembelajaran abad 21. Yogyakarta: Deepublish.

Glickman, C. D. (2007). Supervision and instructional leadership: A developmental approach (7th ed.). Boston: Allyn & Bacon.

Husnidar, H., Suherman, S., & Fitriani, R. (2022). Implementation of education financing management in junior high school. Jurnal Administrasi Pendidikan, 29(2), 183–195.

Margareta, R. & Ismanto, P. (2017). Strategi perencanaan pembiayaan sekolah dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 45–54.

Murtyaningsih, R., & Utami, Y. (2024). Supervisi pendidikan dalam meningkatkan profesionalisme guru di MI Muhammadiyah Blora. Al-Watzikhoebillah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 77–90. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/ALWATZIKHOEBILLAH/article/view/3410

Prasetyo, A. (2021). Manajemen berbasis sekolah dalam penguatan budaya mutu pendidikan dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 27(3), 203–210.

Raswati, R., & Suryaman, R. (2025). Peran perencanaan manajemen pembiayaan sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan. Tahsinia: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 33–41. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/ths/article/view/696

Sugiyono. (2021). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryaman, R., & Trisnawati, E. (2025). Kajian manajemen pembiayaan pendidikan dasar: Strategi, tantangan dan implikasinya terhadap mutu pendidikan. Tahsinia: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 55–67. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/ths/article/view/657

Susanti, N., & Muslihin, A. (2023). Strategi kepala sekolah dalam pengelolaan dana BOS untuk peningkatan mutu pembelajaran. Jurnal Edukasi Realistik (JER), 9(1), 12–22. https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/69277

Wandrianto, T., Ahmad, R., & Syahrial, S. (2019). School financing strategies in quality improvement: A case study at SMP Negeri 2 Sambas. Jurnal Education and Teaching Learning (JETL), 1(2), 65–75. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JETL/article/view/1909

Wibowo, A., Sutarto, D., & Arifin, I. (2025). Langkah strategis perencanaan supervisi pendidikan dalam meningkatkan mutu proses pembelajaran: Sebuah systematic review. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan (JAMP), 8(1), 101–113. https://journal.uny.ac.id/index.php/jamp/article/view/84737

Downloads

Published

2025-08-06