PENGGUNAAN STORYTELLING INTERAKTIF TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA LISAN ANAK USIA 5-6 TAHUN

Authors

  • Nurlela Syariat Institut Agama Islam Negeri Ternate
  • Rohana Sujud Institut Agama Islam Negeri Ternate
  • Syifa Jalaluddin Institut Agama Islam Negeri Ternate
  • Miranti Hamid Institut Agama Islam Negeri Ternate
  • Mega Umasugi Institut Agama Islam Negeri Ternate
  • Julaiha Makian Institut Agama Islam Negeri Ternate

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i01.30061

Keywords:

Storytelling interaktif, bahasa lisan, anak usia dini, perkembangan bahasa, pembelajaran PAUD

Abstract

Storytelling interaktif merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang melibatkan anak secara aktif dalam proses mendengarkan, merespons, dan mengembangkan cerita secara lisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan storytelling interaktif terhadap perkembangan bahasa lisan anak usia 5–6 tahun. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran di kelompok B Taman Kanak-kanak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa storytelling interaktif mampu meningkatkan kemampuan anak dalam menyusun kalimat, memperluas kosa kata, serta meningkatkan keberanian dan kelancaran berbicara di depan teman sebaya maupun guru. Kegiatan ini juga mendorong partisipasi aktif anak melalui dialog, tanya jawab, dan ekspresi verbal yang mendukung perkembangan aspek bahasa lisan secara menyeluruh. Dengan demikian, storytelling interaktif dapat dijadikan strategi efektif dalam mengoptimalkan kemampuan berbahasa anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Braun, V., & Clarke, V. (2020). Thematic analysis: A practical guide. SAGE Publications.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2021). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). SAGE Publication

Jusoh, S., & Abdullah, M. N. L. Y. (2022). Interactive storytelling in preschool education: Enhancing children’s verbal skills and imagination. International Journal of Early Childhood Education, 28(1), 45–58.

Papadopoulou, M., & Griva, E. (2020). The impact of interactive storytelling on children’s narrative skills and language awareness. European Journal of Psychology of Education, 35(2), 273–290. https://doi.org/10.1007/s10212-019-00422-3

Prioletta, J., & Pyle, A. (2021). Supporting oral language through play-based learning: Early childhood educators’ perspectives. Journal of Early Childhood Literacy, 21(2), 206–229. https://doi.org/10.1177/1468798420915926

Roskos, K. A., & Neuman, S. B. (2020). The classroom environment and young children’s oral language development. The Reading Teacher, 73(5), 621–630.

Setiawan, H., & Mahardika, D. (2023). Interaktif storytelling dalam pembelajaran bahasa anak usia dini: Studi kasus di TK bina bangsa Surabaya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 8(1), 14–24.

Downloads

Published

2023-06-30