MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI DINI DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK

Authors

  • Nabilah Nabilah Institut Agama Islam Negeri Ternate
  • Ramna Wagola Institut Agama Islam Negeri Ternate
  • Maya Sabtu Institut Agama Islam Negeri Ternate
  • Gusnawati Tomia Institut Agama Islam Negeri Ternate
  • Haerudin Haerudin Institut Agama Islam Negeri Ternate
  • Saeba Muhamad Sebe Institut Agama Islam Negeri Ternate

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i01.30063

Keywords:

Literasi dini, kemampuan berbahasa, anak usia dini, model pembelajaran, perkembangan bahasa

Abstract

Kemampuan berbahasa merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan anak usia dini karena berkaitan langsung dengan kemampuan komunikasi, berpikir, dan pembelajaran di masa depan. Literasi dini menjadi pendekatan efektif dalam menumbuhkan kemampuan berbahasa anak, karena memperkenalkan anak pada berbagai bentuk bahasa melalui kegiatan yang menyenangkan dan kontekstual. Artikel ini bertujuan menjelaskan bagaimana model pembelajaran berbasis literasi dini dapat diterapkan di lingkungan pendidikan anak usia dini untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Metode penulisan yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan menelaah berbagai sumber literatur terkait literasi dini dan perkembangan bahasa anak. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis literasi dini yang dilakukan melalui kegiatan membaca bersama, bercerita, bermain peran, dan eksplorasi buku bergambar dapat meningkatkan kosakata, kemampuan menyimak, serta kemampuan anak mengekspresikan diri secara lisan dan tulisan awal. Penerapan model ini juga memperkuat keterlibatan anak dan menciptakan lingkungan belajar yang kaya bahasa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitriani, R. (2021). Pengaruh Model Literasi Dini terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 122-130.

Hindman, A. H., Wasik, B. A., & Erhart, A. C. (2015). Developing early literacy skills: A meta-analysis of instructional strategies. Early Childhood Research Quarterly, 30, 425–439.

Putri, D. A. (2022). Penerapan Literasi Dini dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa Anak di PAUD Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 7(1), 55–64.

Sulistyarini, N. (2020). Literasi Dini dalam Perspektif Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media.

Tarigan, H. G. (2008). Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wasik, B. A., & Hindman, A. H. (2014). A comprehensive model of early literacy instruction: Reaching all children. Journal of Early Childhood Literacy, 14(4), 504–533.

Kemendikbudristek. (2023). Profil Hasil Asesmen Nasional PAUD 2022/2023. Jakarta: Pusat Asesmen Pendidikan.

Neuman, S. B., & Wright, T. S. (2019). The Power of Read-Alouds: Building Students’ Vocabulary and Comprehension. New York: Scholastic.

Sulistyorini, H. (2020). Literasi Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.

Whitehurst, G. J., & Lonigan, C. J. (2001). “Emergent Literacy: Development from Prereaders to Readers.” Handbook of Early Literacy Research, 1, 11–29.

Yuliani, N. (2021). “Peran Literasi Awal dalam Kemampuan Bahasa Anak.” Jurnal PAUD Indonesia, 5(2), 45–56.

Neuman, S. B., & Roskos, K. (2020). Literacy-Rich Environments Supporting Learning in All Domains. Early Childhood Education Journal, 48(1), 1–12.

Lonigan, C. J., & Whitehurst, G. J. (2009). Getting Ready to Read: Emergent Literacy and Family Literacy. Handbook of Early Literacy Research, 2, 77–103.

Sénéchal, M., & LeFevre, J. A. (2014). Continuity and change in the home literacy environment as predictors of growth in vocabulary and reading. Child Development, 85(4), 1552–1568.

Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kemendikbudristek. (2023). Laporan Evaluasi Implementasi Kurikulum PAUD Berbasis Literasi Tahun 2022/2023. Jakarta: Kemdikbudristek.

Program PAUD Inklusif Tunas Bangsa. (2023). Laporan Perkembangan Bahasa Anak Berdasarkan Observasi Literasi Dini. Lembaga PAUD Nasional.

Downloads

Published

2023-06-30