MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI DINI DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK

Authors

  • Lilis Ade Putri Lukman Institut Agama Islam Negeri Ternate
  • Hanum Salsabiela Sahban Institut Agama Islam Negeri Ternate
  • Krisnawati Husaleka Institut Agama Islam Negeri Ternate
  • Nabilah Ilham Institut Agama Islam Negeri Ternate
  • Aprilia Higoro Institut Agama Islam Negeri Ternate
  • Delvi Samsudin Institut Agama Islam Negeri Ternate

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i01.30065

Keywords:

bahasa, anak usia dini, literasi, perkembangan

Abstract

Bahasa adalah salah satu domain perkembangan individu. Perkembangan bahasa yang baik berhubungan dengan kemampuan literasi, baik dari awal kehidupan juga pada masamasa selanjutnya. Kemampuan literasi individu berhubungan dengan keberhasilan pada prestasi akademik. Anak usia dini merupakan tahapan awal pra sekolah dan merupakan dasar bagi pengenalan dan pemahaman dasar literasi anak. Oleh karena itu penting adanya mengenali pola perkembangan dan upaya dalam memaksimalkan potensi perkembangan anak sesuai dengan keunikannya. Karena pentingnya hal tersebut maka artikel ini akan membahas perkembangan Bahasa dan literasi pada anak dan metode-metode yang digunakan dalam upaya mengembangan kemampuan Bahasa dan kemampuan literasi anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anak, P. B., Dini, U., Pertiwi, G. T., & Kebumen, K. (2019a). PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI Aisyah Isna (Vol. 2, Issue 2). https://ejournal.stainupwr.ac.id/

Anak, P. B., Dini, U., Pertiwi, G. T., & Kebumen, K. (2019b). PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI Aisyah Isna (Vol. 2, Issue 2). https://ejournal.stainupwr.ac.id/

Hewi, L. (n.d.). Pengembangan Literasi Anak Melalui Permainan Dadu Literasi.

Pendidikan Raudhatul Athfal, J., Fatihakun Ni, A., Wahidah, mah, Latipah, E., Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Jl Marsda Adisucipto, U., Depok, K., Sleman, K., & Istimewa Yogyakarta, D. (n.d.). Pentingnya Mengetahui Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Stimulasinya

Bodrova, E., & Leong, D. J. (2007). Tools of the mind: The Vygotskian approach to early childhood education (2nd ed.). Pearson/Merrill Prentice Hall.

Hall, K., & Robinson, A. (2013). Exploring writing and play in the early years (2nd ed.). Routledge.

Isbell, R., Sobol, J., Lindauer, L., & Lowrance, A. (2004). The effects of storytelling and story reading on the oral language complexity and story comprehension of young children. Early Childhood Education Journal, 32(3), 157–163. https://doi.org/10.1007/s10643-004-0034-5

Nahdi, D. S., & Yunitasari, F. (2019). Pengembangan metode D.I.A. TAMPAN untuk meningkatkan literasi awal anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 458–465. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.214

Neuman, S. B., & Roskos, K. (1997). Literacy knowledge in practice: Contexts of participation for young writers and readers. Reading Research Quarterly, 32(1), 10–32. https://doi.org/10.1598/RRQ.32.1.1

Setiyaningsih, I., & Syamsudin, A. (2019). Pengembangan media big book untuk meningkatkan literasi anak usia dini. Jurnal Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1), 18–27. https://doi.org/10.14421/jga.2019.41-02

Whitehurst, G. J., Arnold, D. S., Epstein, J. N., Angell, A. L., Smith, M., & Fischel, J. E. (1988). Accelerating language development through picture book reading. Developmental Psychology, 24(4), 552–559. https://doi.org/10.1037/0012-1649.24.4.552

Downloads

Published

2024-03-30