Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Construct 2 pada materi Keragaman Budaya Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30077Keywords:
media, pembelajaran, budaya, siswaAbstract
Permasalahan pada kegiatan pembelajaran seperti yang terjadi di SDN 3 Ngromo, Pacitan yaitu adanya siswa yang tidak berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, media pembelajaran yang belum inovatif dan penggunaan teknologi dalam kegiatan pembelajaran belum optimal. Sehingga perlu adanya inovasi yang kreatif seperti pengembangan media interaktif dalam pembelajaran berbasis construct 2 pada materi keragaman budaya indonesia. Tujuan penelitain ini yakni 1) Meghasilkan media pembelajaran interaktif yang layak digunakan, 2) Mengetahui respon siswa terhadap media inetarktif yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation dan Evaluation). Hasil temuan pada penelitian ini menunjukan presentase 90% pada aspek penyajian media, 93% pada aspek penggunaan media oleh ahli materi yang menunjukan kriteria "Sangat Layak". Kriteria "Sangat Layak" oleh ahli materi diperoleh presentase 92% pada aspek kelayakan isi materi dan 97% pada aspek kesesuaian isi materi. Sedangkan ahli bahasa diperoleh kriteria "Sangat Layak" dengan presentase penilaian pada aspek penggunaan bahasa 80%, aspek ketepatan bahasa 90% dan aspek keterbacaan dan komunikatif 83%. Hasil temua kedua terkait respon siswa diperoleh presentase dengan kriteria "Sangat Baik" yakni pada aspek pengorganisasian materi 98%, aspek bahasa 92%, aspek evaluasi, aspek perangkat media 94%, dan aspek tampilan visual sebanyak 96%.Downloads
References
Fernanda, A. B., & Ahmadi, F. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKAGA BERBASIS CONSTRUT 2 MUPEL IPAS KELAS IV SDN BUTUH 1 SAWANGAN. Pengembangan Media Pembelajaran Tekaga Berbasis Construct 2 Mupel Ipas Kelas IV SDN Butuh 1 Sawangan, 6, 167–176.
Fidiyanti, L. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Flashcard untuk Meningkatkan Penguasaan Vocabulary dengan Materi Narrrative Text. 4(1), 42–51.
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.
Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran. In Media Pembelajaran.
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Axiom : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 6. Https://Doi.Org/10.30821/Axiom.V7i1.1778
Khotimah, S. K. S. H. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran, Inovasi Di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2149–2158. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i4.857
Khoirunnisya, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Software Construct 2 Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Universitas Islam Riau. https://repository.uir.ac.id/13589/
Purwaningtyas, N., Susi Damayanti, & Erwin Putera Permana. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Construct 2 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Organ Pencernaan Manusia pada Siswa Kelas V SDN Ngasem 1. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 188–194. https://doi.org/10.54259/diajar.v2i2.1434
Saleh & Syahruddin, D. (2023). Media Pembelajaran. 1–77. Https://Repository.Penerbiteureka.Com/Publications/563021/Media-Pembelajaran
Silahuddin, A., Misbahul, S., Gumawang, U., Desa, B. J. I., Merah, T., Belitang, K., Raya, M., Oku, K., & Sumatera-Selatan, T. P. (2022). Pengenalan Klasifikasi, Karakteristik, Dan Fungsi Media Pembelajaran Ma Al-Huda Karang Melati. Idaarotul Ulum (Jurnal Prodi Mpi), 4(02 Desember), 162–175. Https://Jurnal.Insanprimamu.Ac.Id/Index.Php/Idaarotul/Article/View/244
Syuhendri, S., Musdalifa, N., & Pasaribu, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Stem Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 8(1), 73–84. Https://Doi.Org/10.36706/Jipf.V8i1.14034
Tamara, A., Budiawan, R., Kurniawan, A. P., Terapan, F. I., Telkom, U., & Flash, A. (2018). Aplikasi Pembelajaran Keanekaragaman Budaya Dan Suku Untuk Siswa Kelas 5 Sdi Al-Azhar 7 Sukabumi Culture And Ethnic Learning Application In Grade 5 Sdi Al-Azhar 7. 4(1), 104–113.
Tabawati emi, wulan trinawaty. (1981). Tipe Teams Games Tournament Dengan Menggunakan Media Permainan Chess Math Pada Mata Kuliah. 1(2), 162–167.
Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.