Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas V Dalam Menyelesaikan Soal HOTS
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30078Keywords:
Mathematical Problem Solving Ability, Factor Identification, HOTS QuestionsAbstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan keterampilan penting yang perlu dimiliki siswa, terutama dalam menghadapi soal-soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa serta mengidentifikasi faktor yang memengaruhi kemampuan tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian dipilih secara purposive berdasarkan hasil tes kepada 23 siswa, yang kemudian dikategorikan dalam tiga tahap kemampuan, yakni tinggi, sedang, dan rendah. Beberapa siswa dari masing-masing kategori dipilih sebagai partisipan, serta satu guru sebagai informan tambahan. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, dan dokumentasi, dengan analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa bervariasi sesuai kategorinya. Siswa kategori tinggi mampu melalui seluruh tahap pemecahan masalah, kecuali tahap memeriksa kembali. Siswa kategori sedang mampu memahami masalah dan menyusun rencana pada soal pertama, namun menunjukkan ketercapaian parsial pada tahap pelaksanaan, serta belum mencapai tahap memeriksa kembali dan menarik kesimpulan. Sementara itu, siswa kategori rendah mengalami hambatan sejak awal. Faktor yang memengaruhi meliputi keterbatasan pengalaman terhadap soal HOTS, aspek afektif, serta kemampuan kognitif.Downloads
References
Andreansyah, M. (2022). Analisis
Kemampuan Pemecahan
Masalah Matematis Dalam
Menyelesaikan Soal Matematika
Tipe HOTS (Higher Order
Thinking Skill) Pada Siswa Kelas
XI BIC MAN 1 Jember Ditinjau
Dari Self Confidence. Universitas
Islam Negeri Kiai Haji Achmad
Siddiq Jember.
Anggraini, Y. (2021). Analisis
Persiapan Guru Dalam
Pembelajaran Matematika Di
Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu,
5(4), 2415–2422.
https://doi.org/https://doi.org/10.3
1004/basicedu.v5i4.1241
Ansari, B. I., & Abdullah, R. (2020).
Higher-order-thinking skill
(HOTS) bagi kaum milenial
melalui inovasi pembelajaran
matematika. books.google.com.
https://books.google.com/books?
hl=en&lr=&id=wzXsDwAAQBAJ&
oi=fnd&pg=PT8&dq=kemampua
n+pemecahan+masalah+kelas+v
+faktor+dan+kelipatan+hots&ots
=pa85Jtf2Zq&sig=QcqkAj9_4Lna
argb6EggpFSLEx0
Ardiansyah, M., Dhani, R., & Zahyuni,
V. (2022). Page 120 of 129.
Intergral: Jurnal Penelitian
Matematika, 4(2), 120–129.
Cahya, N., Astuti, H. P., Rikhayana,
N. A., Hanifah, M. W. N., &
Ermawati, D. (2023). Analisis
Kemampuan Pemecahan
Masalah Matematis Siswa dalam
Menyelesaikan Soal HOTS pada
Kelas III SDN 1 Bumirejo. Jurnal
Pendidikan Dasar, 3(1), 93–99.
http://www.jurnal-
umbuton.ac.id/index.php/taksono
mi/article/view/3812
Fadillah, I., & Wahyudin, W. (2022).
Mathematical problem solving
ability viewed from students’
mathematical disposition.
Formatif: Jurnal Ilmiah ….
https://journal.lppmunindra.ac.id/i
ndex.php/Formatif/article/view/99
43
Febriandi, R. (2023). Meningkatkan
Kemampuan Problem Solving
Matematika Siswa Sd Melalui
Implementasi Model Problem
Based Learning. Jurnal
Elementaria Edukasia.
https://ejournal.unma.ac.id/index.
php/jee/article/view/7591
Hobri, Ummah, I. K., Yuliati, N., &
Dafik. (2020). The Effect of
Jumping Task Based on Creative
Problem Solving on Students’
Problem Solving Ability.
International Journal of
Instruction, 13 (1).
https://eric.ed.gov/?id=EJ123920
2
Irawan, I. P. E., Suharta, I. G. P., &
Suparta, I. N. (2016). Faktor-
faktor Yang Memengaruhi
Kemampuan Pemecahan
Masalah Matematika:
Pengetahuan Awal, Apresiasi
Matematika, dan Kecerdasan
Logis Matematika. Prosiding
Seminar Nasional MIPA, 69–73.
Irmawati, R., Rahayu, A., &
Ratnasari, S. (2021). ANALISIS
KEMAMPUAN PEMECAHAN
MASALAH SISWA DALAM
MENYELESAIKAN SOAL
HIGHER ORDER THINKING
SKILLS ( HOTS ). JEID: Journal
of Educational Integration and
Development, 1(4), 247–257.
Lathifah, H. F., Bintoro, H. S., & Ulya,
H. (2021). ANALYZING
FACTORS INFLUENCING THE
MATHEMATICAL PROBLEM
SOLVING ABILITY OF
ELEMENTARY SCHOOL
STUDENTS. Primary: Jurnal
Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
10(3), 515–523.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.