Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas V Dalam Menyelesaikan Soal HOTS

Authors

  • Bella Aulina PGSD STKIP PGRI Pacitan
  • Wulan Trisnawaty, Taufik Hidayat PGSD STKIP PGRI Pacitan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30078

Keywords:

Mathematical Problem Solving Ability, Factor Identification, HOTS Questions

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan keterampilan penting yang perlu dimiliki siswa, terutama dalam menghadapi soal-soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa serta mengidentifikasi faktor yang memengaruhi kemampuan tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian dipilih secara purposive berdasarkan hasil tes kepada 23 siswa, yang kemudian dikategorikan dalam tiga tahap kemampuan, yakni tinggi, sedang, dan rendah. Beberapa siswa dari masing-masing kategori dipilih sebagai partisipan, serta satu guru sebagai informan tambahan. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, dan dokumentasi, dengan analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa bervariasi sesuai kategorinya. Siswa kategori tinggi mampu melalui seluruh tahap pemecahan masalah, kecuali tahap memeriksa kembali. Siswa kategori sedang mampu memahami masalah dan menyusun rencana pada soal pertama, namun menunjukkan ketercapaian parsial pada tahap pelaksanaan, serta belum mencapai tahap memeriksa kembali dan menarik kesimpulan. Sementara itu, siswa kategori  rendah mengalami hambatan sejak awal. Faktor yang memengaruhi meliputi keterbatasan pengalaman terhadap soal HOTS, aspek afektif, serta kemampuan kognitif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andreansyah, M. (2022). Analisis

Kemampuan Pemecahan

Masalah Matematis Dalam

Menyelesaikan Soal Matematika

Tipe HOTS (Higher Order

Thinking Skill) Pada Siswa Kelas

XI BIC MAN 1 Jember Ditinjau

Dari Self Confidence. Universitas

Islam Negeri Kiai Haji Achmad

Siddiq Jember.

Anggraini, Y. (2021). Analisis

Persiapan Guru Dalam

Pembelajaran Matematika Di

Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu,

5(4), 2415–2422.

https://doi.org/https://doi.org/10.3

1004/basicedu.v5i4.1241

Ansari, B. I., & Abdullah, R. (2020).

Higher-order-thinking skill

(HOTS) bagi kaum milenial

melalui inovasi pembelajaran

matematika. books.google.com.

https://books.google.com/books?

hl=en&lr=&id=wzXsDwAAQBAJ&

oi=fnd&pg=PT8&dq=kemampua

n+pemecahan+masalah+kelas+v

+faktor+dan+kelipatan+hots&ots

=pa85Jtf2Zq&sig=QcqkAj9_4Lna

argb6EggpFSLEx0

Ardiansyah, M., Dhani, R., & Zahyuni,

V. (2022). Page 120 of 129.

Intergral: Jurnal Penelitian

Matematika, 4(2), 120–129.

Cahya, N., Astuti, H. P., Rikhayana,

N. A., Hanifah, M. W. N., &

Ermawati, D. (2023). Analisis

Kemampuan Pemecahan

Masalah Matematis Siswa dalam

Menyelesaikan Soal HOTS pada

Kelas III SDN 1 Bumirejo. Jurnal

Pendidikan Dasar, 3(1), 93–99.

http://www.jurnal-

umbuton.ac.id/index.php/taksono

mi/article/view/3812

Fadillah, I., & Wahyudin, W. (2022).

Mathematical problem solving

ability viewed from students’

mathematical disposition.

Formatif: Jurnal Ilmiah ….

https://journal.lppmunindra.ac.id/i

ndex.php/Formatif/article/view/99

43

Febriandi, R. (2023). Meningkatkan

Kemampuan Problem Solving

Matematika Siswa Sd Melalui

Implementasi Model Problem

Based Learning. Jurnal

Elementaria Edukasia.

https://ejournal.unma.ac.id/index.

php/jee/article/view/7591

Hobri, Ummah, I. K., Yuliati, N., &

Dafik. (2020). The Effect of

Jumping Task Based on Creative

Problem Solving on Students’

Problem Solving Ability.

International Journal of

Instruction, 13 (1).

https://eric.ed.gov/?id=EJ123920

2

Irawan, I. P. E., Suharta, I. G. P., &

Suparta, I. N. (2016). Faktor-

faktor Yang Memengaruhi

Kemampuan Pemecahan

Masalah Matematika:

Pengetahuan Awal, Apresiasi

Matematika, dan Kecerdasan

Logis Matematika. Prosiding

Seminar Nasional MIPA, 69–73.

Irmawati, R., Rahayu, A., &

Ratnasari, S. (2021). ANALISIS

KEMAMPUAN PEMECAHAN

MASALAH SISWA DALAM

MENYELESAIKAN SOAL

HIGHER ORDER THINKING

SKILLS ( HOTS ). JEID: Journal

of Educational Integration and

Development, 1(4), 247–257.

Lathifah, H. F., Bintoro, H. S., & Ulya,

H. (2021). ANALYZING

FACTORS INFLUENCING THE

MATHEMATICAL PROBLEM

SOLVING ABILITY OF

ELEMENTARY SCHOOL

STUDENTS. Primary: Jurnal

Pendidikan Guru Sekolah Dasar,

10(3), 515–523.

Downloads

Published

2025-08-02