EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN RADEC UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS 5 PADA MATERI SIKLUS AIR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30093Keywords:
Model Pembelajaran RADEC, Pendidikan Karakter, Peduli LingkunganAbstract
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran RADEC dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan siswa kelas 5 pada materi siklus air yang dilatar belakangi oleh rendahnya kepedulian siswa terhadap lingkungan. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan desain quasi-eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Pasirbenteng II yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan SDN Citungku dengan jumlah siswa sebanyak 32 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran RADEC terbukti efektif untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan siswa kelas 5 pada materi siklus air. sehingga model pembelajaran RADEC dapat berimplikasi pada karakter peduli lingkungan siswa kelas 5 untuk lebih sadar terhadap akan pentingnya menjaga lingkungan serta membentuk sikap tanggung jawab yang kuat sejak dini.Downloads
References
(read-answer, discuss, explain
and create) dalam Meningkatkan
Motivasi Belajar Siswa. JIIP -
Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan,
7(2), 2057–2063.
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.
3226
Khafiza, A. Q., Sopandi, W., Sujana,
A., Hendrawan, M. G., Salsabila,
N. A., Firdausi, A. S., Dasar, P.,
& Indonesia, U. P. (2024).
Efektivitas model pembelajaran
radec dalam meningkatkan
pemahaman konsep materi sifat-
. November, 193–204.
Kurniayati, H., Hardiansyah, F., &
Sukitman, T. (2025). Pengaruh
Model Pembelajaran Radec
dalam Meningkatkan
Keterampilan Partisipasi dan
Kolaborasi Siswa di Sekolah
Dasar. 8, 159–168.
Kusumaningpuri, A. R., & Fauziati, E.
(2021). Model Pembelajaran
RADEC dalam Perspektif Filsafat
Konstruktivisme Vygotsky. Jurnal
Papeda: Jurnal Publikasi
Pendidikan Dasar, 3(2), 103–
111.
https://doi.org/10.36232/jurnalpe
ndidikandasar.v3i2.1169
Maspiroh, I., & Eddy Sartono, E. K.
(2022). Model Pembelajaran
Radec (Read, Answer, Discuss,
Explan, And Create) Untuk
Meningkat Kemampuan Berikir
Tingkat Tinggi (High Order
Thingking Skill) Peserta Didik
Pada Pembelajaran IPA di
Sekolah Dasar. Metakognisi :
Jurnal Kajian Pendidikan, 4(2),
82–92.
https://doi.org/10.57121/meta.v4i
2.43
Nurhasanah Salsabila Iwanda, C.,
Nuh Malika, H., Aqshadigrama,
M., Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,
F., Jakarta, U., Ilmu Sains dan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.