EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN RADEC UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS 5 PADA MATERI SIKLUS AIR

Authors

  • Astri Nuraeni Universitas Pendidikan Indonesia
  • Atep Sujana, Cucun Sunaengsih Universitas pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30093

Keywords:

Model Pembelajaran RADEC, Pendidikan Karakter, Peduli Lingkungan

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran RADEC dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan siswa kelas 5 pada materi siklus air yang dilatar belakangi oleh rendahnya kepedulian siswa terhadap lingkungan. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan desain quasi-eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Pasirbenteng II yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan SDN Citungku dengan jumlah siswa sebanyak 32 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran RADEC terbukti efektif untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan siswa kelas 5 pada materi siklus air. sehingga model pembelajaran RADEC dapat berimplikasi pada karakter peduli lingkungan siswa kelas 5 untuk lebih sadar terhadap akan pentingnya menjaga lingkungan serta membentuk sikap tanggung jawab yang kuat sejak dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

(read-answer, discuss, explain

and create) dalam Meningkatkan

Motivasi Belajar Siswa. JIIP -

Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan,

7(2), 2057–2063.

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.

3226

Khafiza, A. Q., Sopandi, W., Sujana,

A., Hendrawan, M. G., Salsabila,

N. A., Firdausi, A. S., Dasar, P.,

& Indonesia, U. P. (2024).

Efektivitas model pembelajaran

radec dalam meningkatkan

pemahaman konsep materi sifat-

. November, 193–204.

Kurniayati, H., Hardiansyah, F., &

Sukitman, T. (2025). Pengaruh

Model Pembelajaran Radec

dalam Meningkatkan

Keterampilan Partisipasi dan

Kolaborasi Siswa di Sekolah

Dasar. 8, 159–168.

Kusumaningpuri, A. R., & Fauziati, E.

(2021). Model Pembelajaran

RADEC dalam Perspektif Filsafat

Konstruktivisme Vygotsky. Jurnal

Papeda: Jurnal Publikasi

Pendidikan Dasar, 3(2), 103–

111.

https://doi.org/10.36232/jurnalpe

ndidikandasar.v3i2.1169

Maspiroh, I., & Eddy Sartono, E. K.

(2022). Model Pembelajaran

Radec (Read, Answer, Discuss,

Explan, And Create) Untuk

Meningkat Kemampuan Berikir

Tingkat Tinggi (High Order

Thingking Skill) Peserta Didik

Pada Pembelajaran IPA di

Sekolah Dasar. Metakognisi :

Jurnal Kajian Pendidikan, 4(2),

82–92.

https://doi.org/10.57121/meta.v4i

2.43

Nurhasanah Salsabila Iwanda, C.,

Nuh Malika, H., Aqshadigrama,

M., Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,

F., Jakarta, U., Ilmu Sains dan

Downloads

Published

2025-08-02