PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI DAN NUMERASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 18
Keywords:
Literasi, Numerasi, Berpikir Kritis, Pembelajaran IPS, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana penerapan pembelajaran berbasis literasi dan numerasi dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Muhammadiyah 18. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan menelaah lima artikel dari berbagai sumber terpercaya yang relevan dengan topik. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan literasi numerasi dalam pembelajaran IPS mampu mengembangkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Literasi numerasi tidak hanya melatih kemampuan matematika dasar, tetapi juga mendukung pemahaman terhadap data dan pengambilan keputusan berbasis informasi. Pembelajaran kontekstual, integrasi teknologi, dan desain kurikulum berbasis masalah terbukti efektif dalam membangun kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini merekomendasikan penguatan literasi numerasi sebagai strategi utama dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan kualitas berpikir peserta didik sejak dini.Downloads
References
Anggraeni, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas Tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 84–90. http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD
Anggriani, R., Hakim, A. R., & Hairunisa. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Literasi Numerasi Menggunakan Model PjBL dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN Inpres Muku. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 101–110. https://doi.org/https://doi.org/10.53299/jppi.v4i1.438
Anugrahana, A., & Pamekas, Y. (2024). Penerapan Literasi Membaca dan Numerasi Bagi Anak Sekolah Dasar. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 17(2), 107–114. https://ejournal.unib.ac.id/pgsd/index
Arbi, M., Ferisca, S., Safitri, N., Istakhori, M. K., & Prayoga, G. (2024). Desain Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa: A Literatur Review. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(04), 123–132.
Darmastuti, L., Meiliasari, & Rahayu, W. (2024). Kemampuan Literasi Numerasi : Materi , Kondisi Siswa , dan Pendekatan Pembelajarannya. JRPMS (Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah), 8(1), 17–26. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpms/article/download/40289/17023/121040
Diatmika, I. P., & Sudirman, I. N. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar Kelas V SDN 2 Batur. Pentagon : Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(4), 108–117. https://doi.org/https://doi.org/10.62383/pentagon.v2i4.295
Drana, R., Setyowati, R., & Mariana, D. (2024). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPS di Kelas V SDN 03 Selakau. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 35262–35271. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/19164/13831/34136
Hidayah, N., & Rahmawati, D. (2023). Gerakan Literasi Dalam Menghadapi Ketrampilan Pembelajaran Abad 21 Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 89–96. https://ojs.unm.ac.id/jppsd/index
Hidayati, N., Nugrahani, F., & Suwarto. (2024). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis dan Minat Baca Terhadap Kemampuan Literasi Digital Pendahuluan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3201–3212.
Kusumasari, E. D., Sumarno, & Dwijayanti, I. (2024). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Literasi Digital pada Kurikulum Merdeka. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 22–29. https://doi.org/https://doi.org/10.57251/tem.v3i1.1399
Manurung, D. R., Haloha, B., & Napitu, U. (2023). Pelaksanaan Kegiatan Literasi dan Numerasi Bagi Peserta Didik Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 12(2), 82–91.
Mustapa. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Program Kampus Mengajar. Jurnal Basicedu, 8(5), 4043–4049. https://jbasic.org/index.php/basicedu
Mutmainnah, Prayitno, S., Kertiyani, N. M. I., & Subarinah, S. (2024). Pengaruh Literasi Numerasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Peluang. Mandalika Mathematics and Education Journal, 6(2), 895–906. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29303/jm.v6i2.8156
Napisah, A., & Agusta, A. R. (2024). Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kritis Muatan IPS Menggunakan Model Pintar Pada Kelas IV Di SDN. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(4), 1158–1172. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk
Ngatminiati, Y., Hidayah, Y., & Suhono. (2024). Keterampilan Berpikir Kritis Untuk Mengembangkan Kompetensi Abad 21 Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 8210–8216.
Ningsih, S., Gunayasa, I. B. K., & Dewi, N. K. (2022). Pengaruh Literasi Numerasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III SDN Lingkok Lima Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(September), 3–8. https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/881
Novitasari, D., Nopriyanti, T. D., & Rosita, L. (2024). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Literasi Numerasi untuk Siswa Kelas V SD. Indonesian Research Journal on Education, 4(2), 14–20. https://irje.org/index.php/irje
Putri, F. A., Bramasta, D., & Hawanti, S. (2020). Studi Literatur Tentang Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran The Power Of Two di SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 605–610. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.561 P-ISSN
Rahayu, R., Febriani, M., & Sobrul, S. (2024). Pengaruh Media Monopoli Education Terhadap Minat Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. 3(8), 8791–8799. https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/14605
Rahman, A., & Aslamiah. (2023). Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Model PANTING pada Siswa Kelas V. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 6(2), 192–204. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33369
Sahrina, A., & El-Yunusi, M. Y. M. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Melalui Soal Cerita Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di SDN Candipari 2 Porong. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(04), 39–48.
Susanto, A., Qurrotaini, L., & Mulyandini, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Model Controversial Issue. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 4(2), 71–76.
Warastuti, W., Prayitno, H. J., & Rahmawati, L. E. (2025). Penerapan Literasi Digital dalam Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 350–365. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta
Wardani, D. A. P., Pujiastutik, E. F., & Sholekha, N. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Priject Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Untuk Meningkatkan Berfikir Kritis Siswa. Primary Education Journal, 4(3), 321–326.
Wijaya, S., Inayah, L., Sapuroh, A., Awaliah, A., & Patmawati. (2024). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran IPS. Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisiplin, 8(1), 288–292. https://sejurnal.com/pub/index.php/jpim/article/download/525/601/1906
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.