Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Kelas II Di SDN Teluk Pucung VI Kota Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30124Keywords:
Membaca, Kata Kunci: Membaca Permulaan, Faktor Internal, Faktor Eksternal, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Siswa Sekolah DasarAbstract
Kondisi literasi di SDN Teluk Pucung VI Kota Bekasi masih perlu ditingkatkan. Beberapa kondisi literasi yang terjadi saat ini yaitu (1) minat membaca rendah, banyak siswa yang hanya membaca saat ada tugas sekolah, bukan suatu kebiasaan, padahal sekolah memiliki perpustakaan dengan koleksi buku yang cukup banyak mulai dari buku pelajaran, sampai buku cerita fiksi maupun non fiksi. (2) pemahaman baca minim, siswa sering hanya membaca teks tanpa memahami isi atau makna bacaaan (3) peran guru dalam literasi, tidak semua guru memahami metode pembelajaran literasi yang menarik, sehingga pembelajaran seringkali hanya berfokus pada aspek teknis membaca.Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian juga sebagai alat yang dipergunakan untuk mengumpulkan, memeriksa, menyelidiki suatu masalah yang sedang diteliti agar menjadi jelas dan bermakna (Astuti, 2015).Hasil penelitian yang dibahas oleh peneliti berupa 1) Analisis kemampuan membaca permulaan kelas II di SDN Teluk Pucung VI Kota Bekasi. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca permulaan kelas II di SDN Teluk Pucung VI Kota Bekasi. 3) Upaya guru dalam membaca permulaan siswa kelas II di SDN Teluk Pucung VI Kota Bekasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai faktor internal dan eksternal berperan penting dalam kemampuan membaca permulaan siswa. Faktor-faktor internal meliputi kondisi fisiologis, intelektual, dan psikologis siswa. Kesehatan fisik, termasuk alat bicara, penglihatan, dan pendengaran, sangat mempengaruhi kemampuan membaca.Downloads
References
Aisyah, S. (2019). Pengaruh Model Tebak Kata pada Pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas III SDN Centre Mawang Kab. Gowa. h. 48.
Alpian, V. S., & Yatri, I. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5573–5581.
Astuti, R. D. (2015). Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Menggunakan Metode Struktural Analitik Sintetik Pada Siswa Kelas I SDN NGLUWAR 2 Magelang Jawa Tengah. 9.
Aulia, D., Firman, F., & Desyandri, D. (2023). Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Canva Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 32–41.
Awiria, A., Aryanto, S., Yohamintin, Y., & Markum, M. (2021). Implementasi Pendidikan Ramah Anak Berbasis Literasi Digital Atasi Cybercrime Pada Mahasiswa. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 4(1), 11–19.
Damayanti, D., Ramdhani, I. S., & Muttaqijn, M. I. (2024). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SDN Duri Kosambi 09 Pagi Kota Jakarta Barat.
Debi Tripuanti, Fitri Siti Sundari, & Resyi A. Gani. (2024). Analysis of Beginning Reading Difficulties of Dyslexic Students. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(1), 198–204.
Imroatussolikhah, W. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 MI Modern Darul Ulum Cisuru Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2022/2023.
L, N. D. D., Ibrahim, M., Amin, S. M., & Kasiyun, S. (2021). Jurnal basicedu. Research & Learning in Elementary Educational, 5(4), 2611–2616.
Liansyah, R., Heldayani, E., & Kuswidyanarko, A. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD Negeri 81 Palembang. Innovative: Journal Of Social Science Research,
Monika, M., Simarmata, Y., & Hartati, M. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Dalam Pidato Persuasif Dengan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Herepada Siswa Kelas IX A SMP Negeri 1 Sekadau Hulu. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 1–12.
Permana, D. (2024). Analisis Faktor Lingkungan Keluarga dalam Membentuk Kemandirian Belajar Siswa. 11(3), 232–241.
Septiana Soleha, R., Enawar, E., Fadhillah, D., & Sumiyani, S. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Berajah Journal, 2(1), 58–62.
Subli, S. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Media Kartu Huruf Pada Siswa Kelas 1 SD N 166/IX Tanjung Lanjut Kecamatan Sekernan Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11(2), 323.
Yohamintin, Y., Gumala, Y., Pratiwi, V., & Awiria, A. (2021). Pembinaan Literasi Membaca melalui Self Motivation sebagai Upaya Mengembangkan Life Skill dan Meningkatkan Hasil Belajar pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 234–243.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.