Analisis Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 di SDN Bahagia 03
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30151Keywords:
Teacher Strategy1, Beginning Reading Difficulties 2, Early Grade Learning 3Abstract
Keterampilan membaca permulaan merupakan fondasi utama dalam proses pembelajaran siswa kelas awal di sekolah dasar. Namun, masih banyak siswa kelas 1 yang mengalami kesulitan dalam membaca, seperti tidak mengenali huruf, kesulitan merangkai kata, dan tidak memahami arti kata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan siswa kelas 1 di SDN Bahagia 03, Kabupaten Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan berbagai strategi seperti bimbingan belajar individual, memberikan motivasi, menggunakan metode alfabet, ejaan, huruf-kata, dan dikte, serta menjalin komunikasi dengan orang tua. Strategi-strategi ini terbukti membantu meningkatkan keterampilan membaca siswa secara bertahap. Dengan demikian, pemilihan strategi yang tepat oleh guru memainkan peran penting dalam mengatasi kesulitan membaca awal dan meningkatkan efektivitas pembelajaran di kelas-kelas bawah.Downloads
References
Jannah, N., Fadhila, D., & Enawar, E. (2022). Strategi Guru Kelas Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Pada Siswa Kelas 2 Sdn Sukasari Ii Kabupaten Tangerang. Jurnal Elementary, 5(1), 6. https://doi.org/10.31764/elementary.v5i1.5786
Maulida, B. A., Diah, M., & Lestari, W. (2025). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Membaca Permulaan Pada Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Literasi Multimodal. 6(1), 59–74.
Nisa, K., Kusuma, A. S. H. M., & Sari, M. P. (2021). Implikasi Terhadap Metacognitive Awareness , Self-Regulating Dan Karakter Covid-19.
Rohman, Y. A., Rahman, R., & Damayanti, V. S. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas Satu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5388–5396. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2946
Rosyid, A., & Marwan, R. H. (2018). Upaya Guru Sekolah Dasar Non Kependidikan dalam Mengembangkan Kompetensi Pedagogik. Jurnal Eduscience, 3, 54.
Sintha Setyastuti, C., Budi Santoso, A., & Haryanti, U. (2021). upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas I sdn 1 munggung. Berajah Journal, 2(1), 58–62.
Sugiarsih, S. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Melalui Drop Everything and Read (DEAR) pada Siswa Sekolah Dasar (MI). Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(2), 157–168. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v9i2.18
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
Windrawati, W., Solehun, S., & Gafur, H. (2020). Analisis Faktor Penghambat Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SD Inpres 141 Matalamagi Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 10–16. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.405
Damayanti, D., Ramdhani, I. S., & Muttaqijn, M. I. (2024). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SDN Duri Kosambi 09 Pagi Kota Jakarta Barat. 07(01), 4158–4170.
Jannah, N., Fadhila, D., & Enawar, E. (2022). Strategi Guru Kelas Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Pada Siswa Kelas 2 Sdn Sukasari Ii Kabupaten Tangerang. Jurnal Elementary, 5(1), 6. https://doi.org/10.31764/elementary.v5i1.5786
Maulida, B. A., Diah, M., & Lestari, W. (2025). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Membaca Permulaan Pada Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Literasi Multimodal. 6(1), 59–74.
Nisa, K., Kusuma, A. S. H. M., & Sari, M. P. (2021). Implikasi Terhadap Metacognitive Awareness , Self-Regulating Dan Karakter Covid-19.
Rohman, Y. A., Rahman, R., & Damayanti, V. S. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas Satu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5388–5396. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2946
Rosyid, A., & Marwan, R. H. (2018). Upaya Guru Sekolah Dasar Non Kependidikan dalam Mengembangkan Kompetensi Pedagogik. Jurnal Eduscience, 3, 54.
Sintha Setyastuti, C., Budi Santoso, A., & Haryanti, U. (2021). upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas I sdn 1 munggung. Berajah Journal, 2(1), 58–62.
Sugiarsih, S. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Melalui Drop Everything and Read (DEAR) pada Siswa Sekolah Dasar (MI). Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(2), 157–168. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v9i2.18
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
Windrawati, W., Solehun, S., & Gafur, H. (2020). Analisis Faktor Penghambat Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SD Inpres 141 Matalamagi Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 10–16. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.405
Fitriani, N. (2019). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(3), 202–211.
Rahim, F. (2019). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Yulianti, D., & Pratiwi, R. D. (2021). Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar dan Alternatif Solusinya. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 101–109.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.