Penggunaan Permainan Kata Interaktif untuk Meningkatkan Literasi Siswa Kelas 5 di SDN 20 Selayo
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30180Keywords:
Literasi, permainan kata, motivasi belajarAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk membantu meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas V di SDN 20 Selayo dengan cara yang lebih menyenangkan, yaitu melalui permainan kata interaktif. Berdasarkan hasil wawancara dengan wali kelas, ditemukan bahwa banyak siswa memiliki tingkat kemampuan literasi yang rendah serta motivasi belajar yang kurang. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya semangat belajar, yang dipengaruhi oleh kebijakan kurikulum yang tidak lagi mendorong persaingan antar siswa maupun sistem tinggal kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara. Hasilnya menunjukkan bahwa permainan kata yang melibatkan siswa secara langsung mampu membuat suasana belajar jadi lebih hidup dan menarik. Siswa menjadi lebih antusias, aktif, dan lebih mudah memahami kosakata serta isi bacaan. Permainan kata interaktif terbukti bisa menjadi salah satu cara sederhana namun efektif untuk mendorong minat baca dan kemampuan literasi mereka.Downloads
References
Hildayanti, M. S., Wakhyudin, H., & Prima, F. (2024). KARTU SUKU KATA ( Pendekatan Kreatif untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia ). 3(2), 2533–2536.
Khoirunnisa, S. C. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN KAKARTU SEKATA DALAM MENGEMBANGKAN MINAT DAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DI SEKOLAH DASAR. Universitas Pendidikan Indonesia.
Lukcyhasnita, A., Irfansyah, I., & Sulistyaningtyas, T. (2018). Minat Siswa Sekolah Dasar pada Permainan Kosakata Bahasa Indonesia (Studi Kasus: Permainan Interaktif Katabrak, Si Udin Puzzle 5 Dasar, dan Dunia Kata). Jurnal Sosioteknologi, 17(2), 288–296.
Masitoh, M., Juhri, D. A., Anam, K., Hartono, B., Nurmawati, F., & Kurniawan, M. (2024). Fun Learning: Peningkatan Literasi Dasar Siswa Melalui Aktivitas Permainan Interaktif. Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan, 6(2), 167–180.
Pandiangan, A. J., Lubis, F., Wana, C. D., Sihite, D., Nabila, K., Parangin-angin, N. A., & Sagala, T. A. (2024). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia Pada Siswa Kelas 2 SD Melalui Penggunaan Permainan Kata-Kata yang Kreatif dan Interaktif Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Universitas Negeri. 8, 20876–20880.
Rany, N. M., & Suriani, A. I. (2023). Penerapan Permainan Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Siswa Kelas II UPTS SD Negeri 28 Tumampua II. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(4), 512–526.
Wulandari, P. L., & Susanto, R. U. (2025). Efektivitas Penggunaan Permainan Kartu Kata Kosakata (Karkakota) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Journal of Mandalika Literature, 6(2), 592–598.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.