POTENSI CERITA RAKYAT JAMBI DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN CERITA FANTASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI TINGKAT SMP

Authors

  • Eni Setyo Rahayu universitas pgri semarang
  • Nazla Maharani Umaya Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30199

Keywords:

Cerita rakyat Jambi, cerita fantasi, Bahasa Indonesia, pembelajaran efektif

Abstract

Penelitian ini menganalisis potensi cerita rakyat Jambi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran cerita fantasi di SMP melalui metode deskriptif kualitatif. Hasil kajian menunjukkan peningkatan minat dan pemahaman siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dinas Pendidikan Provinsi Jambi. (2021). Cerita rakyat Jambi sebagai bahan ajar. Dinas Pendidikan Provinsi Jambi.

Hartianti, T., Halidjah, S., Salimi, A., Kresnadi, H., & Pranata, R. (2023). Pengembangan bahan ajar cerita rakyat berbasis kearifan lokal Kalimantan Barat dalam pembelajaran tematik siswa kelas IV MIN 3 Pontianak Tenggara. Journal on Education, 6(1), 3650–3662.

Hutchison, A., Beschorner, B., & Schmidt-Crawford, D. (2012). Exploring the use of the iPad for literacy learning. The Reading Teacher, 66(1), 15–23.

Ismail, F. (2017). Mitos dan legenda masyarakat Jambi. Pustaka Rakyat.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Kurikulum Merdeka: Konsep dan implementasi. Kemendikbudristek.

Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Laporan survei minat baca siswa sekolah menengah pertama di Indonesia. Balitbang Kemendikbud.

Pramudito, A. (2022). Integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(1), 25–35.

Saleh, A. M., Wekke, I. S., Riswandi, A., & Aryanti, A. (2023). Integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah pendidikan Sulawesi Selatan: Gagasan dan temuan awal. Jurnal Idiomatik, 6(2), 167–172.

Septiani, D. (2018). Pendidikan karakter siswa melalui cerita fantasi dalam buku Bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VII edisi revisi 2017. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 8(1), 8–22.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Yuliati. (2021). Pengembangan bahan ajar cerita fantasi berbasis kearifan lokal untuk siswa SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(2), 150–160.

Downloads

Published

2025-08-04