PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN DAN KARTU MISTERI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V MI MIFTAHUL ULUM PANDANARUM
indonesia
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30253Keywords:
Media Pembelajaran Papan Kartu Misteri, Kemampuan Membaca, siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan dan pengaruh media pembelajaran papan kartu misteri terhadap kemampuan membaca siswa kelas V MI Miftahul Ulum Pandanarum. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif Quasi Eksperimen. Dengan sampel penelitian kelas V yang berjumlah 29 siswa kelas eksperimen dan 26 siswa kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data ditunjukan bahwa media pembelajaran papan kartu misteri dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa, dibuktikan dengan hasil uji rata-rata pada data postest kelas eksperimen sebesar 81,17 sedangkan kelas kontrol sebesar 69,08 maka rata-rata skor siswa di kelas eksperimen lebih baik dari pada di kelas kontrol. Begitupula dengan uji independent sample t-test diperoleh nilai sig. (2 tailed) sebesar 0.001 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan membaca siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.Downloads
References
Ahdar Djamaluddin and Wardana, Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis
(Parepare: CV. Kaaffah Learning Center, 2019)
Albaburrahim, Pengantar Bahasa Indonesia untuk Akademik (Malang: Madza Media, 2019)
Alfiyatun Nisa’ dan Aan Widiyanto, “Pengembangan Media Papan dan Kartu Rahasia (PAKARSA) Untuk Meningkatkan hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar”, (Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, 2023).
Anas Arifin, Pengantar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008)
Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013)
Anisatul Khusniah “Pengaruh Metode Pembelajaran Make A Match Berbantu Media Papan Onet Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SD Di Desa Pengit” (Magelang. 2022.).
Azhar Arsyad, Media Pembelajaran (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007)
Basyiruddin Usman Asnawir, Media Pembelajaran (Jakarta: Ciputat Pers, 2002)
Binti Maunah, Landasan Pendidikan, (Yogyakarta: Teras, 2009),
Cecep Kustandi and Daddy Darmawan, Pengembangan Media Pembelajaran (Jakarta: Kencana, 2020),5-37.
Chairul Anwar, Teori-teori Pendidikan Klasik Hingga Kontemporer, (Yogyakarta: IRCISOD, 2017),
Dalman, Keterampilan Membaca, (Jakarta: Rajawari Pers, 2014),
Damayanti and Puspasari, “Pengembangan Media Pembelajaran Papan Dan Kartu Misteri (PAKARMIS)
Berbasis Quiz Team Pada Mata Pelajaran Korespondensi Di SMK Adhikawacana Surabaya.”
Damayanti and Puspasari, “Pengembangan Media Pembelajaran Papan dan Kartu Misteri (PAKARMIS)
Berbasis Quiz Team pada Mata Pelajaran Korespondensi di SMK Adhikawacana Surabaya.”
Devi Rovi’atus Solikhah, “ Pengaruh Media Pembelajaran Papan dan Kartu Misteri Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia MI Ma’arif Cekok, Babadan, Ponorogo”, (Ponorogo: IAIN Ponorogo, 2023), hlm ii.
DR. H. Dalman, Mpd, Keterampilan Membaca, (Jakarta: Rajawali Pers, 2014),
Esti Ismawati, Faraz Umaya, and Wahjudi Djaja, Belajar Bahasa di Kelas Awal (Yogyakarta: Ombak,
2017)
Fitriani Damayanti “Pengembangan Media Pembelajaran Papan dan Kartu Misteri (PAKARMIS) Berbasis Quiz Team pada Mata Pelajaran Korespondensi di SMK Adhikawacana Surabaya‟, Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8.1 (2020).
Hamilatur Rizqiyah, „Kualitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Strategi Know Want Learned
dengan Media Puzzle pada Siswa Kelas IV SDN Purwoyoso 06 Semarang‟ (SKRIPSI, Universitas Negeri Semarang, 2015),
Happy Komikesary, Peningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar fisika peserta didik pada model pembelajaran cooperative tipe student team achievement division, (Jurnal keguruan dan ilmu tarbiyah 2016), ISSN 2301-7564
Ida Farida, Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Nasional, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017),
Itsna Oktaviyanti, Dara Aryanti Amanatulah, Nurhasanah, Setiani Novitasari “Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar” DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2719
Jemmy Rumengan, Metodologi Penelitian Dengan SPSS, (Batam: Uniba Press,2012)
Masganti Sitorus, Metodologi Penelitian Pendidikan Islam, (Medan: IAIN Press, 2011),
Matondang et al., Ragam Media Pembelajaran Di SD/MI.
Muhammad Asdam, Bahasa Indonesia (Pengantar Pengembangan Kepribadian dan Intelektual).(Makassar: LIPa, 2016
Nana syaodih sukmadinata, Landasan Psikologis Proses Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005)
Nurmawati, Evaluasi Pendidikan Islam, (Bandung: Ciptapustaka Media, 2014),
Rahmawati Matondang and others, Ragam Media Pembelajaran di SD/MI (Batu: Literasi Nusantara 2021)
Samsudin, Pembelajaran Pendidikan Jesmani Olahraga dan Kesehatan SD/MI. (Jakarta: Litera Prenada Media Group, 2008)
Samsudin, Pembelajaran Pendidikan Jesmani Olahraga dan Kesehatan SD/MI. (Jakarta: Litera Prenada MediaGroup, 2008)
Sugiyono, “Metode Pendekatan Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D”. (Bandung: Alfabeta.2014)
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RND, (Bandung: Alfabeta, 2016)
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RND, (Bandung: Alfabeta, 2017).
Sukandarrumidi, Metodologi Penelitian (petunjuk praktis untuk peneliti Pemula),(Jogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2012), cet 4,
Sukardi, metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2003)
Syofiyan Siregar. Metode Penelitian Kuantitatif, (Padang: UNP Press, 2007),
Tarigan, Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.