ANALISIS BENTUK KETIDAKSANTUNAN BERBAHASA PESERTA DIDIK SD PEMAIN GAME ONLINE MOBILE LEGEND

Authors

  • Mutiara Aura Nathasya Universitas Pendidikan Indonesia
  • Syarif Hidayat Universitas Pendidikan Indonesia
  • Erwin Rahayu Saputra Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30278

Keywords:

Impoliteness of language, Elementary school students, Game online, Mobile Legend.

Abstract

Penggunaan bahasa dalam dunia digital termasuk juga dalam permainan online, mengalami pergeseran seiring dengan tingginya intensitas interaksi antar pemain. Salah satu fenomena yang muncul adalah meningkatnya ketidaksantunan berbahasa di kalangan peserta didik sekolah dasar terutama pada peserta didik pemain aktif game online dalam berkomunikasi saat bermain game online seperti Mobile Legend. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan bentuk-bentuk ketidaksantunan berbahasa yang digunakan oleh peserta didik sekolah dasar saat bermain game tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara terhadap peserta didik yang aktif bermain game Mobile Legend. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik penggunaan strategi ketidaksantunan berbahasa yang umumnya digunakan antaranya yaitu ketidaksantunan secara langsung (bald on record impoliteness), ketidaksantunan negatif (negative impoliteness), dan ketidaksantunan positif (positive impoliteness). Strategi ini diwujudkan melalui penggunaan kata-kata kasar, umpatan atau makian menggunakan nama hewan, ejekan, serta ungkapan yang merendahkan atau menakut-nakuti lawan bermain.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandhi, D. (2025). Kesantunan

Berbahasa Pada Gen Alpha: Studi

Kasus di Sekolah Dasar. Dalam

Didaktika: Jurnal Kependidikan (Vol.

14, Nomor 1).

https://jurnaldidaktika.orgAkmal, A. F., & Suputra, G. A. (2022).

Ketidaksantunan Berbahasa pada

Pemain Game Online Mobile

Legends: Ketidaksantunan. Jurnal

Senarai Bastra, 2(3), 166–174.

Asmoroningtyas, B. (2021). Strategi

Ketidaksantunan Positif dalam Acara

Talkshow Brownis Trans TV. Nuansa

Indonesia, 22(2), 118.

https://doi.org/10.20961/ni.v22i2.4611

Astuti, E. (2022). Dampak Pemerolehan

Bahasa Anak Dalam Berbicara

Terhadap Peran Lingkungan.

Educatif : Journal of Education

Research, 1, 87–96.

Asy’ary, M. L., Rini, S., & Kusumawati, E.

R. (2023). Pengaruh Game Online

terhadap Pemerolehan Bahasa Anak

Sekolah Dasar. Fondatia, 7(1),

27–40.

https://doi.org/10.36088/fondatia.v7i1.

2896

Culpeper, J. (2011). Impoliteness Using

Language to Cause Offence.

Cambridge. University Press.

Darojah, Z., Ihsan, B., & Sukowati, I.

(2024). Penggunaan Jenis Kata Tabu

pada Tuturan Anak Usia 6-12 Tahun

(Kajian Sosiolinguistik) (Vol. 1, Nomor

1). https://e-

jurnal.unisda.ac.id/index.php/rungkat||

https://e-

jurnal.unisda.ac.id/index.php/rungkat

Hamila, H., & Rustan, E. (2023). The

Impact of the Free Fire Online Game

on Language Attitudes Elementary

School Students. Pedagogik Journal

of Islamic Elementary School,97–110.

https://doi.org/10.24256/pijies.v6i1.39

63

Ikhsan, K. N. (2024). Etika, Moral

Kesantunan Berbahasa. Language :

Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa

dan Sastra, 4(1), 14–19.

https://doi.org/10.51878/language.v4i

1.2811

Marcella, D., & Sazali, H. (2023).

Fenomena Trash-Talking Antar

Pemain Game Online Mobile

Legends: Bang Bang (Studi Kasus

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN

Sumatera Utara). Jurnal Indonesia :

Manajemen Informatika dan

Komunikasi, 4(3), 1138–1145.

https://doi.org/10.35870/jimik.v4i3.33

5

Nelwati, S., Khalilur Rahman, H., Imam

Bonjol Padang, U., & Sunan Kalijaga

Yogyakarta, U. (2022). Analisis Teori

Konitif Jean Piaget terhadap

Perkembangan Bahasa pada Anak

Usia Sekolah Dasar. Dalam Jurnal

Riset Pendidikan Dasar dan Karakter

(Vol. 4).

https://ejurnal.stkipadzkia.ac.id/index

Putri, S. K. (2021). Strategi

Ketidaksantunan Berbahasa dalam

Film Televisi (FTV) Indonesia.

Nuansa Indonesia, 23(1).

https://jurnal.uns.ac.id/ni

Rodhiyatullahmi, Makmun, S., & Muslim,

B. (2022). Peran Gawai Terhadap

Pemerolehan Bahasa Anak Usia 7-12

Tahun di Desa Ombe Baru

Kecamatan Kediri Kabupaten

Lombok Barat. Jurnal Ilmiah Telaah,

7(1), 38–47.

Sakti, D. K. P., Anrial, A., & Kamil, P.

(2022). Dampak Negatif Game Online

Mobile Legend Terhadap Etika

Komunikasi (Kebiasaan Trash

Talking) Siswa di Sd Negeri 08

Prumnas Batu Galing [Institut Agama

Islam Negeri (IAIN) Curup]. https://e-

theses.iaincurup.ac.id/2131/

Theresia, A., & Nisa, B. (2024).

Impoliteness Strategies Based On

Culpeper’s Model: A Discourse

Analysis Of A Man Called Otto.

International Journal of Humanity

Studies (IJHS), 8(1), 67–79.

https://doi.org/10.24071/ijhs.v8i1.724

2

Downloads

Published

2025-08-02