ANALISIS BENTUK KETIDAKSANTUNAN BERBAHASA PESERTA DIDIK SD PEMAIN GAME ONLINE MOBILE LEGEND
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30278Keywords:
Impoliteness of language, Elementary school students, Game online, Mobile Legend.Abstract
Penggunaan bahasa dalam dunia digital termasuk juga dalam permainan online, mengalami pergeseran seiring dengan tingginya intensitas interaksi antar pemain. Salah satu fenomena yang muncul adalah meningkatnya ketidaksantunan berbahasa di kalangan peserta didik sekolah dasar terutama pada peserta didik pemain aktif game online dalam berkomunikasi saat bermain game online seperti Mobile Legend. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan bentuk-bentuk ketidaksantunan berbahasa yang digunakan oleh peserta didik sekolah dasar saat bermain game tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara terhadap peserta didik yang aktif bermain game Mobile Legend. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik penggunaan strategi ketidaksantunan berbahasa yang umumnya digunakan antaranya yaitu ketidaksantunan secara langsung (bald on record impoliteness), ketidaksantunan negatif (negative impoliteness), dan ketidaksantunan positif (positive impoliteness). Strategi ini diwujudkan melalui penggunaan kata-kata kasar, umpatan atau makian menggunakan nama hewan, ejekan, serta ungkapan yang merendahkan atau menakut-nakuti lawan bermain.Downloads
References
Afandhi, D. (2025). Kesantunan
Berbahasa Pada Gen Alpha: Studi
Kasus di Sekolah Dasar. Dalam
Didaktika: Jurnal Kependidikan (Vol.
14, Nomor 1).
https://jurnaldidaktika.orgAkmal, A. F., & Suputra, G. A. (2022).
Ketidaksantunan Berbahasa pada
Pemain Game Online Mobile
Legends: Ketidaksantunan. Jurnal
Senarai Bastra, 2(3), 166–174.
Asmoroningtyas, B. (2021). Strategi
Ketidaksantunan Positif dalam Acara
Talkshow Brownis Trans TV. Nuansa
Indonesia, 22(2), 118.
https://doi.org/10.20961/ni.v22i2.4611
Astuti, E. (2022). Dampak Pemerolehan
Bahasa Anak Dalam Berbicara
Terhadap Peran Lingkungan.
Educatif : Journal of Education
Research, 1, 87–96.
Asy’ary, M. L., Rini, S., & Kusumawati, E.
R. (2023). Pengaruh Game Online
terhadap Pemerolehan Bahasa Anak
Sekolah Dasar. Fondatia, 7(1),
27–40.
https://doi.org/10.36088/fondatia.v7i1.
2896
Culpeper, J. (2011). Impoliteness Using
Language to Cause Offence.
Cambridge. University Press.
Darojah, Z., Ihsan, B., & Sukowati, I.
(2024). Penggunaan Jenis Kata Tabu
pada Tuturan Anak Usia 6-12 Tahun
(Kajian Sosiolinguistik) (Vol. 1, Nomor
1). https://e-
jurnal.unisda.ac.id/index.php/rungkat||
https://e-
jurnal.unisda.ac.id/index.php/rungkat
Hamila, H., & Rustan, E. (2023). The
Impact of the Free Fire Online Game
on Language Attitudes Elementary
School Students. Pedagogik Journal
of Islamic Elementary School,97–110.
https://doi.org/10.24256/pijies.v6i1.39
63
Ikhsan, K. N. (2024). Etika, Moral
Kesantunan Berbahasa. Language :
Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa
dan Sastra, 4(1), 14–19.
https://doi.org/10.51878/language.v4i
1.2811
Marcella, D., & Sazali, H. (2023).
Fenomena Trash-Talking Antar
Pemain Game Online Mobile
Legends: Bang Bang (Studi Kasus
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN
Sumatera Utara). Jurnal Indonesia :
Manajemen Informatika dan
Komunikasi, 4(3), 1138–1145.
https://doi.org/10.35870/jimik.v4i3.33
5
Nelwati, S., Khalilur Rahman, H., Imam
Bonjol Padang, U., & Sunan Kalijaga
Yogyakarta, U. (2022). Analisis Teori
Konitif Jean Piaget terhadap
Perkembangan Bahasa pada Anak
Usia Sekolah Dasar. Dalam Jurnal
Riset Pendidikan Dasar dan Karakter
(Vol. 4).
https://ejurnal.stkipadzkia.ac.id/index
Putri, S. K. (2021). Strategi
Ketidaksantunan Berbahasa dalam
Film Televisi (FTV) Indonesia.
Nuansa Indonesia, 23(1).
https://jurnal.uns.ac.id/ni
Rodhiyatullahmi, Makmun, S., & Muslim,
B. (2022). Peran Gawai Terhadap
Pemerolehan Bahasa Anak Usia 7-12
Tahun di Desa Ombe Baru
Kecamatan Kediri Kabupaten
Lombok Barat. Jurnal Ilmiah Telaah,
7(1), 38–47.
Sakti, D. K. P., Anrial, A., & Kamil, P.
(2022). Dampak Negatif Game Online
Mobile Legend Terhadap Etika
Komunikasi (Kebiasaan Trash
Talking) Siswa di Sd Negeri 08
Prumnas Batu Galing [Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Curup]. https://e-
theses.iaincurup.ac.id/2131/
Theresia, A., & Nisa, B. (2024).
Impoliteness Strategies Based On
Culpeper’s Model: A Discourse
Analysis Of A Man Called Otto.
International Journal of Humanity
Studies (IJHS), 8(1), 67–79.
https://doi.org/10.24071/ijhs.v8i1.724
2
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.