Pemanfaatan Permainan Tradisional sebagai Implementasi Etnosains di Sekolah Dasar Negeri Jetak 2 Kabupaten Sragen

Authors

  • Wulan Rossandra Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30334

Keywords:

tradisional games, ethnoscience, elementary school

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemanfaatan permainan tradisional sebagai media pembelajaran IPA di sekolah dasar dalam konteks etnosains. Pembelajaran kontekstual dianggap penting agar siswa lebih mudah memahami konsep sains. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek guru dan siswa kelas IV SD Negeri Jetak 2. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta dianalisis dengan teknik reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional seperti ketapel, karet gelang, adu panco, tarik tambang, dan bakiak membantu siswa memahami konsep IPA secara konkret. Guru menilai pendekatan ini efektif dan siswa menunjukkan antusiasme tinggi. Keberhasilan implementasi dipengaruhi oleh kreativitas guru, kedekatan budaya permainan dengan siswa, serta dukungan lingkungan sekolah. Pendekatan ini memperkuat keterkaitan antara budaya lokal dan pembelajaran sains.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pengembangan dan Pembinaan

Bahasa.

Susanti, A., Darmansyah, A., & Aulia,

N. (2022). Permainan

Tradisional:Upaya Pewarisan

Budaya Dan Pendidikan Karakter

Melalui Kearifan Lokal Di Sekolah

Dasar. Dikoda: Jurnal Pendidikan

Sekolah Dasar, 3(01), 40–51.

https://doi.org/10.37366/jpgsd.v3i0

1.1063

Triansyah, A. (2023). Pengetahuan

Peserta Didik Di Kota Pontianak

Terhadap Permainan Rakyat Dan

Olahraga Tradisional. Riyadhoh :

Jurnal Pendidikan Olahraga, 6(1),

43.

https://doi.org/10.31602/rjpo.v6i1.1

0845

Downloads

Published

2025-08-06