Pemanfaatan Permainan Tradisional sebagai Implementasi Etnosains di Sekolah Dasar Negeri Jetak 2 Kabupaten Sragen
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30334Keywords:
tradisional games, ethnoscience, elementary schoolAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemanfaatan permainan tradisional sebagai media pembelajaran IPA di sekolah dasar dalam konteks etnosains. Pembelajaran kontekstual dianggap penting agar siswa lebih mudah memahami konsep sains. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek guru dan siswa kelas IV SD Negeri Jetak 2. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta dianalisis dengan teknik reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional seperti ketapel, karet gelang, adu panco, tarik tambang, dan bakiak membantu siswa memahami konsep IPA secara konkret. Guru menilai pendekatan ini efektif dan siswa menunjukkan antusiasme tinggi. Keberhasilan implementasi dipengaruhi oleh kreativitas guru, kedekatan budaya permainan dengan siswa, serta dukungan lingkungan sekolah. Pendekatan ini memperkuat keterkaitan antara budaya lokal dan pembelajaran sains.Downloads
References
Pengembangan dan Pembinaan
Bahasa.
Susanti, A., Darmansyah, A., & Aulia,
N. (2022). Permainan
Tradisional:Upaya Pewarisan
Budaya Dan Pendidikan Karakter
Melalui Kearifan Lokal Di Sekolah
Dasar. Dikoda: Jurnal Pendidikan
Sekolah Dasar, 3(01), 40–51.
https://doi.org/10.37366/jpgsd.v3i0
1.1063
Triansyah, A. (2023). Pengetahuan
Peserta Didik Di Kota Pontianak
Terhadap Permainan Rakyat Dan
Olahraga Tradisional. Riyadhoh :
Jurnal Pendidikan Olahraga, 6(1),
43.
https://doi.org/10.31602/rjpo.v6i1.1
0845
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.