Pengaruh Penggunaan Project Based Learning (PjBL) dan Self-Efficacy terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDN 1 Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30335Keywords:
Project Based Learning Self-efficacy Hasil Belajar IPAS Sekolah Dasar Kelas IVAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) dan self-efficacy terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN 1 Tanggunggunung. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keaktifan dan hasil belajar peserta didik akibat dominasi metode ceramah dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra-eksperimental tipe one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dan angket self-efficacy, yang dianalisis menggunakan uji t dan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model PjBL berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar (thitung = 5.486 > ttabel = 2.110, sig. = 0.000); (2) Self-efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar (thitung = 4.140 > ttabel = 2.110, sig. = 0.000); dan (3) Secara simultan, PjBL dan self-efficacy berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik (Fhitung = 48.675 > Ftabel = 3.55, sig. = 0.000). Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi model pembelajaran yang aktif dengan faktor psikologis internal peserta didik secara sinergis dapat meningkatkan hasil belajar secara optimal. Penelitian ini merekomendasikan penerapan PjBL dan penguatan efikasi diri sebagai strategi dalam pembelajaran IPAS.Downloads
References
Aan, K. (2016). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Deepublish.
Aisyah, N., & Novita, R. (2025). Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pendidikan Inovatif, 10(1), 45–53.
Bandura, A. (1994). Self-efficacy. In V. S. Ramachaudran (Ed.), Encyclopedia of human behavior (Vol. 4, pp. 71–81). New York: Academic Press.
Fadillah, R., & Takiddin, M. (2022). Penerapan Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(2), 89–97.
Fitriani, A., & Pujiastuti, H. (2021). Pengaruh self-efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 55–63.
Kartini, L. (2023). Penerapan Project Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA dan self-efficacy siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 13(3), 112–120.
Karmana, H. (2024). Dampak model pembelajaran berbasis proyek terhadap literasi sains dan hasil belajar IPA. Jurnal Sains dan Pendidikan, 18(2), 34–41.
Munawaroh, S. (2021). Model Project Based Learning dalam pembelajaran abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 26–33.
Pratiwi, R. A., & Hayati, A. (2021). Hubungan self-efficacy dengan motivasi belajar siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 7(2), 73–80.
Purwananti, L., & Kotimah, H. (2019). Pengaruh variasi metode pembelajaran terhadap minat belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4(2), 21–29.
Redhana, I. W. (2019). Pembelajaran abad ke-21: Tantangan dan peluang. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 1–13.
Sartana, I. M., Widiastuti, N. L. P. S., & Darmawan, I. G. A. (2020). Self-efficacy dan hubungannya dengan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 14–23.
Somantri, N. (2010). Mengajar IPS di sekolah dasar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Widiasworo, S. (2016). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan dan Inovasi, 3(2), 88–95.
Zimmerman, B. J. (2000). Self-efficacy: An essential motive to learn. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 82–91.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.