A,The SHOW AND TELL METODE KREATIF UNTUK MENGASAH KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH
SHOW AND TELL METODE KREATIF UNTUK MENGASAH KETERAMPILAN BERBICARA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30336Keywords:
Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), fiction stories, reading comprehension skills, digital comic mediaAbstract
Rendahnya keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia menjadi perhatian penting dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh metode show and tell terhadap keterampilan berbicara siswa di kelas V Madrasah Ibtidaiyah, khususnya pada materi teks pidato. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, jenis quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group desain. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas V, dengan sampel sebanyak 48 siswa yang terbagi menjadi dua kelompok diantaranya kelas eksperimen yaitu kelas Vb yang berjumlah 24 siswa dan kelas kontrol yaitu kelas Va yang juga berjumlah 24 siswa. Data dikumpulkan melalui pretest secara lisan dan posttest dengan lisan, dan dianalisis menggunakan uji t independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi (sig 2-tailed) adalah 0,003, yang berarti 0,003 < 0,05 pada taraf signifikan 0,05. Selain itu, diperoleh nilai thitung sebesar 3,140 dan ttabel sebesar 1,678, yang menunjukkan bahwa 3,140 > 1,678. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari metode show and tell terhadap keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V Madrasah Ibtidaiyah.Downloads
References
Larosa, A. S., & Iskandar, R. (2021). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Pantun di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3723–3737. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1207
Maria Ulviani, Rimang, S. S., & Amin, S. (2023). Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Pendidikan Kecakapan Hidup Di SDN Taeng Kabupaten Gowa. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(03), 4214–4240. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/10951
Mubin, M., & Aryanto, S. J. (2024). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(03), 554–559. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3429
Rahma, T., Kuryanto, M. S., & Kironoratri, L. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Group Investigation Berbantuan Media Puzzle. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 478–483. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4694
Rima Rikmasari, Fanny Sumirat, S. M. (2024). Metode Show and Tell Sebagai Solusi untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. PEDAGOGIK, XII(1), 1–11. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_Sistem_Pembetungan_Terpusat_Strategi_Melestari
Santika, I. G. N., & Sudiana, I. N. (2021). Insersi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Ditinjau dari Perspektif Teoretis. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 464. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.42052
Sianturi, R. I. E., & Citraningtyas, C. C. E. (2024). Meningkatkan Kemampuan Berbicara, Kepercayaan Diri dan Berpikir Kreatif dengan Metode Show and Tell pada Siswa Nursery. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 2050–2056. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3284
Syamsuddin, R. (2021). Buku Keterampilan Berbahasa Indonesia (pp. 1–100). https://www.researchgate.net/publication/351496295_Buku_Keterampilan_Berbahasa_Indonesia
Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought, I(I), 105–113. https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/660/569
Wiranda, C. A., Affandi, L. H., & Setiawan, H. (2024). Pengaruh Metode Show and Tell Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III SD. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 12(1), 62–70. https://jiwpp.unram.ac.id/index.php/widya/article/view/257
Wulandari, M. A., & Liansar, V. (2022). Efektivitas Metode show and tell dalam kemampuan berpidato berdasarkan gender di sekolah dasar. Tjyybjb.Ac.Cn, 27(2), 58–66. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13387
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.