PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS MINAT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SDN 12 SARAE KOTA BIMA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30387Keywords:
Pembelajaran Berdiferensiasi; Minat; Motivasi belajar; SiswaAbstract
Berdasarkan observasi awal, Sekolah Dasar Negeri 12 Sarae menunjukkan perkembangan dari segi fasilitas dan tenaga pendidik. Namun, motivasi belajar siswa masih tergolong rendah. Partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran tampak minim, dan hasil wawancara dengan wali kelas mengungkapkan bahwa siswa kurang fokus, tidak tertarik pada materi, bersikap acuh tak acuh, dan menunjukkan kesiapan belajar yang rendah. Kondisi ini mendorong guru untuk mencari pendekatan pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berbasis minat terhadap motivasi belajar siswa. Model ini dianggap mampu menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan, minat, dan gaya belajar siswa, serta memberikan ruang belajar yang lebih efisien dan alami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif statistik. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dengan bantuan perangkat lunak SPSS 16.0. Data primer dikumpulkan melalui angket dan hasil nilai ujian siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi berbasis minat tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari koefisien korelasi sebesar -0,43 dengan nilai t hitung sebesar -1,235 yang lebih kecil dari t tabel sebesar 1,734. Nilai koefisien regresi variabel X sebesar -0,43 menunjukkan bahwa peningkatan variabel X justru berkorelasi negatif terhadap Y. Adapun kontribusi pengaruh sebesar 43%, sementara 57% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian.Downloads
References
Almujab, S. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi: Pendekatan Efektif Dalam Menjawab Kebutuhan Diversitas Siswa. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8, 1–17. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Aminuriyah, S., Markhamah, & Sutama. (2022). Pembelajaran Berdifferensiasi: Meningkatkan Kreatifitas Peserta Didik. Jurnal Mitra Swara Ganesha, 9(2), 89–100.
Ana, R. F. R. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN Kendalrejo 02 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Jurnal Simki Pedagogia, 4(1), 87–98. https://doi.org/10.29407/jsp.v4i1.18
Andajani, K. (2022). Modul Pembelajaran Berdiferensiasi. Mata Kuliah Inti Seminar Pendidikan Profesi Guru, 2.
Anggraini, S., & Sukartono, S. (2022). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5287–5294. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3071
Arifin, M., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Model Pembelajaran Blended Learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 2339–2347. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1201
Arikunto, S. (2020). No Title. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Edisi 14(Rineka Cipta).
Berdiferensiasi, P., Rangka, D., & Belajar, M. M. (2022). Jurnal jendela pendidikan. 2(04), 529–535.
Charismana, D. S., Retnawati, H., & Dhewantoro, H. N. S. (2022). Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Indonesia: Kajian Analisis Meta. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 9(2), 99–113. https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333
Dornyei, Z. (2020). No Title. The Language Learning and Teachinng, 2(4).
Eviota, J. S., & Liangco, M. M. (2020). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan, 14(September), 723–731.
Fitriyah, F., & Bisri, M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman Dan Keunikan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(2), 67–73. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p67-73
Gymnastiar, A. M. (2024). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM. 07, 24–45.
Hera, T., & Elvandari, E. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Pada Pembelajaran Tari Daerah Sebagai Dasar Keterampilan Menari Tradisi. Jurnal Sitakara, 6(1), 40–54. https://doi.org/10.31851/sitakara.v6i1.5286
Indrawati, N., Rahmawati ,. I., &Purmomo. (2021). No Title. Motivation and Interest in Learning among Indonesia Student, 25(3), 113–130.
Indriani, F. I. F., Prabaningtyas, A., & Kurniasari, C. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Pemenuhan Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 9(1), 16–34. https://doi.org/10.32505/azkiya.v
Ita Puspitasari, Putri Hasanah Kusumaningrum, Septiana Ardiningsih, Sulisetias Dinarti, & Teni Wahyuningsih. (2024). Implementasi Pembelajaran Diferensiasi dalam Mengatasi Keberagamaan Gaya Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 82–93. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2720
LATIFAH, D. N. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 68–75. https://doi.org/10.51878/learning.v3i1.2067
Nur Khoiri, Metodologi Penelitian Pendidikan: Ragam, Model, & Pendekatan, ..., hlm. 132.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, ..., hlm. 42.
Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya), hlm. 221.
Mariyatul, S., Amalia, N., Prastini, E., & Karta, S. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Siswa yang Beragam. 2(2), 58–66.
MS, M. (2023). Pembelajaran Berdiferesiasi Dan Penerapannya. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 533–543. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.534
Noviana Desiningrum|2021. (2013). Kata kunci و. Kinabalu, 11(2), 50–57.
Nur khoiri. (2020). No Title. Metodologi Penelitian Pendidkan: Ragam, Model, & Pendekatan., 132.
Patten, M. L. (2021). No Title. Understanding Research Methods: An Overview of the Essentials, 10th ed(SAGE Publications).
Pebriyanti, D. (2023). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pemenuhan Kebutuhan Belajar Peserta Didik Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 5(01), 89–96. https://doi.org/10.53863/kst.v5i01.692
Ramadhani, D. A., & Muhroji, M. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3),
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.