PENGGUNAAN MEDIA WORDWALL DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI PADA KELAS X FASE E5 DI SMAN 1 BAYANG PESISIR SELATAN

Authors

  • Resta Nofri Ramadhan Universitas PGRI Sumatra Barat
  • Buchari Nurdin Universitas PGRI Sumatra Barat
  • Sarbaitinil Universitas PGRI Sumatra Barat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30433

Keywords:

Kata Kunci:1, Media pembelajaran 2, Wordwall 3, Pembelajaran Sosiologi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya media yang digunakan pada pembelajaran Sosiologi di SMAN 1 Bayang Penelitian ini bertujuan untuk. (1). Membahas rancangan pembelajaran Sosiologi dengan menggunakan media Wordwall untuk meningkatkan efektivitas dan keterlibatkan perserta didik. (2), Mengetahui cara yang tepat dalam menggunakan media Wordwall dalam pembelajaran Sosiologi (3). Menemukan faktor-faktor yang menghambat dan mendukung pembelajaran Sosiologi dengan menggunakan media Wordwall. memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang implementasi media ini. Metode penelitian ini yang dipakai kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang di lakukan adalah wawancara mendalam, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data ini reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Wordwall dalam pembelajaran Sosiologi. Hasil menujukan bahwa terdapat 8 tahap dalam merancang pengunaan media wordwall (1). Masuk ke akun wordwall (2). Buat akun (3),Buat aktifitas(4).Buat judul materinya (5).Templet (6).Soal (7).Tema (8). Tautan link. Tahap cara mengunakan media Wordwall ada 4 tahap (1).Menampilkan apliasi wordwall (2).Memberikan intruksi kepada perserta didik (3).Memastikan siswa tidak ada yang mengang handphone (4). Guru menampilkan medi. Faktor Pendukung ada 3 (1). Ketersedian Fksilitas teknologi (2) Motivasi belajar siswa yang tinggih (3) Guru Menguasasi Teknologi (4) Pembelajaran Berbasis Aktif dan Kolaboratif Faktor Penghambat Pembelajaran ada 4 tahap (1) Keterbatasan akses internet (2) Belum semua guru terbiasa dengan medi digital (3) Gangguan Teknis saat pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Maryanti, S., Hartati, S., & Kurniawan, D. T. (2022). Assesment for learning, educandy &wordwall.

(SaThierbach et al., 2015)Kurniasih, D., Rusfiana, Y., Subagyo, A., & Nuradhawati, R. (2021). Teknik Analisa. Alfabeta Bandung, 1–119. www.cvalfabeta.com

Widiatmika, K. P. (2015). No Title. In Pada Koran Kuning : Sebuah Studi Mengenai Koran Lampu Hijau (Vol. 16, Issue 2).

Maryanti, S., Hartati, S., & Kurniawan, D. T. (2022). Assesment for learning, educandy &wordwall.

Wahyudin, D., Subkhan, E., Malik, A., Hakim, M. A., Sudiapermana, E., LeliAlhapip, M., Nur Rofika Ayu Shinta Amalia, L. S., Ali, N. B. V., & Krisna, F. N. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. Kemendikbud, 1–143.

Suyanto, B. (Ed.). (2011). Metode Penelitian Sosial. Jakarta. Kencana

Rahman, A. (Ed.). (2014). Media Pembelajaran. PT. Raja Gravindo Persada.

(Rahman & Nasryah, 2019)Akhiruddin, & Rosnatang. (2017). Pembelajaran sosiologi.

(Akhiruddin & Rosnatang, 2017)Akhiruddin, & Rosnatang. (2017). Pembelajaran sosiologi.

Studi, P., Kimia, P., Ilmu, F., Dan, T., Islam, U., & Syarif, N. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERIODIK UNSUR.

Jurnal:

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.

Hasan, H. (2022). Pengembangan Sistem Informasi Dokumentasi Terpusat Pada STMIK Tidore Mandiri. Jurasik (Jurnal Sistem Informasi Dan Komputer), 2(1),23–29.

Ma’ruf, A., & Alfurqan, A. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Kahoot sebagai Digital Game Based Learning dalam Evaluasi Pembelajaran PAI di SMA Negeri 2 Padang. As-Sabiqun, 4(5), 1276–1287.

Mania, S. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 220–233.

Rahmat sinaga, B. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning Dengan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Kode: Jurnal Bahasa, 7(1), 79–88.

Pembelajaran, S. (n.d.). Strategi Pembelajaran.Aan Prabowo, Heriyanto, S.Sos., M. I. (2013). Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik (E-Book) Oleh Pemustaka di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu

Demsa, S., Agustina, S., Anita, S. christina, & Anang, W. (2021). No Title No Title No Title. Continum of Care Pada Ibu Dengan Anak Stunting Dan Perilaku Kunjungan Posyandu Balita Pada Masa Pandemi Covid-19, 13(April), 1–11.

Vebrianto, R., Anwar, A., Studi, P., Pendidikan, M., Madrasah, G., Islam, U., Sultan, N., & Riau, S. K. (2022). Metode Dalam Proses Pembelajaran: Studi Kasus pada Implementasinya. Buana Pendidikan, 18(1), 43–48.

Zainiyati, H. S. (2010). Model Dan Strategi Pembelajaran Aktif (Teori dan Praktek dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam). Putra Media Nusantara Surabaya & IAIN PRESS Sunan Ampel, 1–232.

Oktavia, S., & Mutiara, T. M. (2024). Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Dengan Penggunaan Media Wordwall Pada Pembelajaran PPKn. 10(4), 1162–1168.

Aan Prabowo, Heriyanto, S.Sos., M. I. (2013). Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik (E-Book) Oleh Pemustaka di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(2), 1–9.

Ulya, Z. (2024). Penerapan Teori Konstruktivisme Menurut Jean Piaget dan Teori Neuroscience dalam Pendidikan. Al-Mudarris: Journal of Education, 7(1), 12–23. https://doi.org/10.32478/vg1nnv56

Widiatmika, K. P. (2015). Title. In Etika Jurnalisme Pada Koran Kuning : Sebuah Studi Mengenai Koran Lampu Hijau (Vol. 16, Issue 2).

Downloads

Published

2025-08-04