ANALISIS KEMAMPUAN DISPOSISI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SDN SAMBIREJO 01 KECAMATAN GAYAMSARI KOTA SEMARANG

KEMAMPUAN DISPOSISI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Authors

  • Kristanta Dwi Nugraha Universitas PGRI Semarang
  • Sukamto, Ferina Agustini Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30459

Keywords:

disposisi matematis, pemecahan masalah matematis, pembelajaran matematika SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan disposisi matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV SD Negeri 01 Sambirejo. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari 28 siswa dan 1 guru kelas IV.   Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan disposisi matematis siswa berada dalam kategori sedang dengan rata-rata persentase 73,6%. Aspek disposisi yang paling menonjol adalah kegigihan dan ketekunan (83%), sedangkan kepercayaan diri masih perlu ditingkatkan (73%). Di sisi lain, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah, dengan hanya 17% siswa yang mampu menyelesaikan soal tes secara benar. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami masalah (29% mampu), merencanakan solusi (36% mampu), dan melaksanakan perhitungan (29% mampu). Temuan ini mengindikasikan perlunya perbaikan strategi pembelajaran matematika, khususnya dalam pengembangan pemecahan masalah. Rekomendasi penelitian mencakup penerapan metode pembelajaran yang lebih interaktif, peningkatan alokasi waktu belajar matematika, serta kolaborasi antara guru dan orang tua. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan pembelajaran matematika di sekolah dasar dengan menekankan pada pendekatan yang dapat meningkatkan baik disposisi maupun kemampuan pemecahan masalah siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azis, A. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam

Menyelesaikan Soal Cerita pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(1), 64–72.

https://doi.org/10.31219/osf

.io/7fpjz

Damayani, A. T. (2024). Pengembangan Media Monopoli Matematika berbasis Student Teams Achievement Divisions untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Pecahan Kelas V Semester 2 Sekolah Dasar. Wawasan Pendidikan, 4(1), 59–73. https://doi.org/10.26877/wp. v4i1.16644

Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/eko mbis.v2i1.48

Hajar, Y. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Dari Disposisi Matematis. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 64–77.

https://doi.org/10.46918/eq uals.v5i2.1388

Hanifah Ameliah, I., & Munawaroh,

M. (2016). pengaruh keingintahuan dan rasa percaya diri siswa terhadap hasil belajar matematika kelas vii mts negeri i kota cirebon. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 5(1), 9–21.

Hasibuan, A. C. U., & Dori Lukman Hakim. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Tahapan Polya. Didactical Mathematics, 4(1), 156–162.

https://doi.org/10.31949/dm

.v4i1.2014

Haryati, D. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Melalui Model Pembelajaran. 4(3), 316–

321.

Hendriana, H., Johanto, T., & Sumarmo, U. (2018). The role of problem-based learning to improve students’ mathematical problem-solving ability and self confidence. Journal on Mathematics Education, 9(2), 291–299.

https://doi.org/10.22342/jme

.9.2.5394.291-300

Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Gida Kadarisma, 3(1),

153.https://doi.org/10.3360 3/jnpm.v3i1.2033

Hudojo, Herman. 2001.

Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Universitas Negeri Malang.

Kurniawati, K., Santoso, S., & Utomo,

S. (2021). the Effect of Snowball

Throwing and Problem Based Learning Models on Students’ Social Science

Learning Motivation At Grade Iv Sunan Ampel Demak Cluster. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(4), 1102.

La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah

Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2019). Penelitian pendidikan matematika.

Moleong, Lexi J. "Metodologi penelitian kualitatif/Lexy J. Moleong." (2017).

Ningsih, S. Y. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik Di Smp Swasta Tarbiyah Islamiyah. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 3(1), 82–90.

https://doi.org/10.30743/me s.v3i1.223

Nizammudin, M., Sukamto, S., & Priyanto, W. (2022). Analisis Kemampuan Disposisi Dan Kemampuan Penalaran Matematis

Siswa Kelas Iv Pada Materi Bangun Datar Di Sd Negeri Bantengmati 02 Demak. Wawasan Pendidikan, 2(2), 566–573.

https://doi.org/10.26877/wp

.v2i2.10033

Nopriana, T. (2015). Disposisi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Geometri Van Hiele. FIBONACCI Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 1(2), 80–94.

Polya, G. (2004). Reviewed Work: How to Solve It A New Aspect of Mathematical Method. The Mathematical Gazette, 30, 181.

http://www.jstor.org/stable/3 609122?origin=crossref

Pristiwanti, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bio edu.v6i2.7305

Rosalina, L., & Junaidi, J. (2020). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Sosiologi Pada Kelas XII IPS di SMAN 5 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan

Pembelajaran, 1(3), 175–

181.

https://doi.org/10.24036/sik ola.v1i3.24

Sugiyono, P. D. "Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D 2016." Bandung: PT. Alfabeta (2016).

Setiawan, F. T., Suyitno, H., & Susilo, B. E. (2017).

Analysis of Mathematical Connection Ability and Mathematical Disposition Students of 11th Grade Vocational High School. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(2), 152–162.

https://doi.org/10.15294/uj me.v6i2.13135

Sunendar, A. (2016). Mengembangkan Disposisi Matematik Melalui Model Pembelajaran Kontekstual. Jurnal THEOREMS, 1(1),

1–9.

Tamardiyah, N. D. (2017). Minat Kedisiplinan dan

Ketekunan Belajar

terhadap Motivasi Berprestasi dan Dampaknya pada Hasil Belajar Matematika SMP. Manajemen Pendidikan, 12(1), 26–37.

https://doi.org/10.23917/jmp

.v12i1.2972

Widyasari, N., Dahlan, J. A., & Dewanto, S. (2016).

Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Smp Melalui Pendekatan Metaphorical Thinking. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 28. https://doi.org/10.24853/fbc. 2.2.28-39

Wiguna, C. S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Poe Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Geografi Gea, 13(1), 30–41.

https://doi.org/10.17509/ge a.v13i1.3306

Winda & Noor, F. A. (2016). Hubungan Hasil Belajar dan Tingkat Berfikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika”. Jurnal Pendidikan Matematika. ISSN: 2442-3041. Math

Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika. ISSN: 2442-

3041., 2(3), 191–200.

https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php

/math/article/view/49

Wowor, A. J., & Kalangi, R. (2015). Hubungan antara motivasi kedisiplinan dengan persepsi prestasi kerja setelah lulus pada praja ipdn kampus sulawesi utara. 2, 107–119.

Downloads

Published

2025-08-04