ANALISIS KEMAMPUAN DISPOSISI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SDN SAMBIREJO 01 KECAMATAN GAYAMSARI KOTA SEMARANG
KEMAMPUAN DISPOSISI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30459Keywords:
disposisi matematis, pemecahan masalah matematis, pembelajaran matematika SDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan disposisi matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV SD Negeri 01 Sambirejo. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari 28 siswa dan 1 guru kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan disposisi matematis siswa berada dalam kategori sedang dengan rata-rata persentase 73,6%. Aspek disposisi yang paling menonjol adalah kegigihan dan ketekunan (83%), sedangkan kepercayaan diri masih perlu ditingkatkan (73%). Di sisi lain, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah, dengan hanya 17% siswa yang mampu menyelesaikan soal tes secara benar. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami masalah (29% mampu), merencanakan solusi (36% mampu), dan melaksanakan perhitungan (29% mampu). Temuan ini mengindikasikan perlunya perbaikan strategi pembelajaran matematika, khususnya dalam pengembangan pemecahan masalah. Rekomendasi penelitian mencakup penerapan metode pembelajaran yang lebih interaktif, peningkatan alokasi waktu belajar matematika, serta kolaborasi antara guru dan orang tua. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan pembelajaran matematika di sekolah dasar dengan menekankan pada pendekatan yang dapat meningkatkan baik disposisi maupun kemampuan pemecahan masalah siswa.Downloads
References
Azis, A. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam
Menyelesaikan Soal Cerita pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(1), 64–72.
https://doi.org/10.31219/osf
.io/7fpjz
Damayani, A. T. (2024). Pengembangan Media Monopoli Matematika berbasis Student Teams Achievement Divisions untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Pecahan Kelas V Semester 2 Sekolah Dasar. Wawasan Pendidikan, 4(1), 59–73. https://doi.org/10.26877/wp. v4i1.16644
Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/eko mbis.v2i1.48
Hajar, Y. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Dari Disposisi Matematis. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 64–77.
https://doi.org/10.46918/eq uals.v5i2.1388
Hanifah Ameliah, I., & Munawaroh,
M. (2016). pengaruh keingintahuan dan rasa percaya diri siswa terhadap hasil belajar matematika kelas vii mts negeri i kota cirebon. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 5(1), 9–21.
Hasibuan, A. C. U., & Dori Lukman Hakim. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Tahapan Polya. Didactical Mathematics, 4(1), 156–162.
https://doi.org/10.31949/dm
.v4i1.2014
Haryati, D. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Melalui Model Pembelajaran. 4(3), 316–
321.
Hendriana, H., Johanto, T., & Sumarmo, U. (2018). The role of problem-based learning to improve students’ mathematical problem-solving ability and self confidence. Journal on Mathematics Education, 9(2), 291–299.
https://doi.org/10.22342/jme
.9.2.5394.291-300
Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Gida Kadarisma, 3(1),
153.https://doi.org/10.3360 3/jnpm.v3i1.2033
Hudojo, Herman. 2001.
Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Universitas Negeri Malang.
Kurniawati, K., Santoso, S., & Utomo,
S. (2021). the Effect of Snowball
Throwing and Problem Based Learning Models on Students’ Social Science
Learning Motivation At Grade Iv Sunan Ampel Demak Cluster. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(4), 1102.
La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2019). Penelitian pendidikan matematika.
Moleong, Lexi J. "Metodologi penelitian kualitatif/Lexy J. Moleong." (2017).
Ningsih, S. Y. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik Di Smp Swasta Tarbiyah Islamiyah. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 3(1), 82–90.
https://doi.org/10.30743/me s.v3i1.223
Nizammudin, M., Sukamto, S., & Priyanto, W. (2022). Analisis Kemampuan Disposisi Dan Kemampuan Penalaran Matematis
Siswa Kelas Iv Pada Materi Bangun Datar Di Sd Negeri Bantengmati 02 Demak. Wawasan Pendidikan, 2(2), 566–573.
https://doi.org/10.26877/wp
.v2i2.10033
Nopriana, T. (2015). Disposisi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Geometri Van Hiele. FIBONACCI Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 1(2), 80–94.
Polya, G. (2004). Reviewed Work: How to Solve It A New Aspect of Mathematical Method. The Mathematical Gazette, 30, 181.
http://www.jstor.org/stable/3 609122?origin=crossref
Pristiwanti, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bio edu.v6i2.7305
Rosalina, L., & Junaidi, J. (2020). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Sosiologi Pada Kelas XII IPS di SMAN 5 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan
Pembelajaran, 1(3), 175–
181.
https://doi.org/10.24036/sik ola.v1i3.24
Sugiyono, P. D. "Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D 2016." Bandung: PT. Alfabeta (2016).
Setiawan, F. T., Suyitno, H., & Susilo, B. E. (2017).
Analysis of Mathematical Connection Ability and Mathematical Disposition Students of 11th Grade Vocational High School. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(2), 152–162.
https://doi.org/10.15294/uj me.v6i2.13135
Sunendar, A. (2016). Mengembangkan Disposisi Matematik Melalui Model Pembelajaran Kontekstual. Jurnal THEOREMS, 1(1),
1–9.
Tamardiyah, N. D. (2017). Minat Kedisiplinan dan
Ketekunan Belajar
terhadap Motivasi Berprestasi dan Dampaknya pada Hasil Belajar Matematika SMP. Manajemen Pendidikan, 12(1), 26–37.
https://doi.org/10.23917/jmp
.v12i1.2972
Widyasari, N., Dahlan, J. A., & Dewanto, S. (2016).
Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Smp Melalui Pendekatan Metaphorical Thinking. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 28. https://doi.org/10.24853/fbc. 2.2.28-39
Wiguna, C. S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Poe Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Geografi Gea, 13(1), 30–41.
https://doi.org/10.17509/ge a.v13i1.3306
Winda & Noor, F. A. (2016). Hubungan Hasil Belajar dan Tingkat Berfikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika”. Jurnal Pendidikan Matematika. ISSN: 2442-3041. Math
Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika. ISSN: 2442-
3041., 2(3), 191–200.
https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php
/math/article/view/49
Wowor, A. J., & Kalangi, R. (2015). Hubungan antara motivasi kedisiplinan dengan persepsi prestasi kerja setelah lulus pada praja ipdn kampus sulawesi utara. 2, 107–119.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.