PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENUMBUHKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS 4 PADA MATA PELAJARAN IPAS
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30466Keywords:
Teams Games Tournament (TGT), Keaktifan Belajar, IPASAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas IV di SDN O Mangunharjo. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya keaktifan siswa selama pembelajaran IPAS, yang ditandai dengan kurangnya partisipasi, interaksi, dan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru kelas, siswa, dan wakil kepala sekolah, serta dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TGT mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa secara signifikan. Siswa terlihat lebih aktif dalam mencatat, bertanya, menjawab, berdiskusi, serta antusias dalam mengikuti turnamen kuis kelompok. Unsur permainan dan kerja sama dalam TGT menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, kompetitif, dan partisipatif. Guru berperan sebagai fasilitator yang mengarahkan siswa untuk bekerja sama, berpikir kritis, dan bertanggung jawab terhadap keberhasilan tim. Selain itu, model ini juga mendorong pengembangan karakter sosial siswa seperti sportivitas, tanggung jawab, dan solidaritas. Disimpulkan bahwa model TGT efektif dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan TGT sebagai alternatif strategi pembelajaran aktif, khususnya pada mata pelajaran IPAS dan kelas setara di jenjang sekolah dasar.Downloads
References
Gunawan, D., Musthafa, B., & Wahyudin, D. (2022). Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Verbal Linguistik Intelligence untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 6(2), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Melong, L. J. (2004). Metodologi Penelitian Kalitatif; edisi revisi,. PT Remaja Rosdakarya.
Mertayasa, I. W. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Mice Target Board untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Journal of Education Action Research, 6(1), 48–57.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2020). Qualitative Data Analysis (Fourth Edi). SAGE Publication.
OECD. (2019). PISA 2018 results (Volume I): What students know and can do. OECD Publishing. https://doi.org/https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Prabawati, P. L. S., Jampel, I. N., & Suma, I. K. (2025). Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament pada Pembelajaran IPAS terhadap Partisipasi dan Hasil Belajar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1228–1237.
Rahayu, S., Fatmaryanti, S. D., & Ngazizah, N. (2025). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1), 461–472.
Rahmawati, S., Trisiana, A., & Mustofa, M. (2023). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (TGT) pada Pembelajaran Tematik Integratif. Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 3826–3831.
Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice (Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik) (Alih Bahasa: N. Yusron). Nusa Media.
Wulandari, D. A., Trianan, S. A., Aufaa, M. A., & Azizah, W. A. (2024). Peningkatan Karakter Percaya Diri pada Peserta Didik melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 22470–22478. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/20984
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.