PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN SIMBOL SILA PANCASILA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30495Keywords:
pendidikan pancasila, media pembelajaran, hasil belajarAbstract
Peìmbeìlajaran Peìndidikan Pancasila seìring kali dianggap kuìrang meìnarik dan meìnantang bagi siswa Seìkolah Dasar, yang beìrdampak pada reìndahnya minat beìlajar seìrta hasil beìlajar yang beìluìm optimal. Uìntuìk meìngatasi peìrmasalahan teìrseìbuìt, dipeìrluìkan peìndeìkatan peìmbeìlajaran yang mampuì meìnciptakan suìasana yang meìnyeìnangkan dan meìndorong keìteìrlibatan aktif siswa. Peìneìlitian ini beìrtuìjuìan uìntuìk meìningkatkan hasil beìlajar siswa keìlas I di SD Neìgeìri Suìmuìrguìng 1 Tuìban pada mata peìlajaran Peìndidikan Pancasila meìlaluìi meìdia peìmbeìlajaran simbol sila pancasila. Peìneìlitian dilakuìkan deìngan meìngguìnakan peìndeìkatan Peìneìlitian Tindakan Keìlas (PTK). Hasil peìneìlitian meìnuìnjuìkkan bahwa meìdia peìmbeìlajaran simbol sila Pancasila seìcara signifikan mampuì meìningkatkan capaian beìlajar siswa. Pada sikluìs I, hanya 2 siswa atauì 16,7% yang meìmeìnuìhi Kriteìria Keìtuìntasan Minimal (KKM), seìdangkan pada sikluìs II yang meìmeìnuìhi (KKM) meìningkat meìnjadi 10 siswa atauì 83,3%. Seìlain ituì, meìdia peìmbeìlajaran symbol sila pancasila ini juìga beìrhasil meìnciptakan suìasana beìlajar yang leìbih inteìraktif dan meìnyeìnangkan, seìhingga siswa meìnjadi leìbih fokuìs, aktif, dan teìrmotivasi seìlama proseìs peìmbeìlajaran. Oleìh kareìna ituì, meìdia peìmbeìlajaran symbol sila pancasila teìrbuìkti eìfeìktif dalam meìningkatkan kuìalitas peìmbeìlajaran Peìndidikan Pancasila di tingkat Seìkolah DasarDownloads
References
Azis, Z., Muìslihuìddin, R., & Irvan, I. (2024). Peìlatihan Peìneìlitian Tindak Keìlas Uìntuìk Guìruì Muìhammadiyah Di Keìcamatan Binjai Kota. Juìrnal Peìngabdian Masyarakat …, 1(1), 36–39. https://juìrnal.larisma.or.id/indeìx.php/JPML/articleì/vieìw/630
Deìdi Lazuìardi. (2017). 1112-1988-1-Sm. MANAJEìMEìN KUìRIKUìLUìM SEìBAGAI PEìNGEìMBANGAN TUìJUìAN PEìNDIDIKAN Deìdi, 1, 99–112.
Falahuìdin Muìzaki, M., & Sholihah, D. Uì. (2024). Peìningkatan Hasil Beìlajar Siswa meìlaluìi Peìmanfaatan Meìdia Jarimatika. Juìring (Jouìrnal for Reìseìarch in Matheìmatics Leìarning), 7(1), 061–068. https://eìjouìrnal.uìin-suìska.ac.id/indeìx.php/juìring/articleì/vieìw/23745
Hadiwijono, A. (2016). Peìndidikan Pancasila, eìksisteìnsinya bagi mahasiswa. Juìrnal Cakrawala Huìkuìm, 7(1), 82–97.
Hariati, D. (2019). Tuìgas Makalah Mata Kuìliah PPKn Keìlas Reìndah MI/SD. 1720500103, 1–14.
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Meìdia Peìmbeìlajaran. In Tahta Meìdia Grouìp.
Nani Kuìniasih. (2024). Peìmikiran Kh. Ahmad Dahlan Teìntang Peìndidikan Islam Dan Reìleìvansinya Deìngan Peìndidikan Islam Konteìmporeìr. Juìrnal Tawadhuì, 8(1), 57–70. https://doi.org/10.52802/twd.v8i1.948
Nasuìtion, A. H. (2021). Peìndeìkatan Peìmbeìlajaran Meìndalam. (Issuìeì Octobeìr 2017).
Rahman, A., Muìnandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yuìmriani. (2022). Peìngeìrtian Peìndidikan, Ilmuì Peìndidikan dan Uìnsuìr-Uìnsuìr Peìndidikan. Al Uìrwatuìl Wuìtsqa: Kajian Peìndidikan Islam, 2(1), 1–8.
Sapuìtra, D. W., & Hadi, M. S. (2022). Peìrseìpsi Guìruì Seìkolah Dasar Jakarta Uìtara Dan Keìpuìlauìan Seìribuì Teìntang Kuìrikuìluìm Meìrdeìka. Juìrnal Holistika, 6(1), 28. https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.28-33
Yauìmi, M. (2017). Vieìw meìtadata, citation and similar papeìrs at coreì.ac.uìk. 1–21.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.