Pengembangan Buku Ensiklopedia Pada Pembelajaran IPS Berbasis Pendekatan Kontekstual Di Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Delia puspita sari Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30515

Keywords:

Minat belajar, Penelitian dan pengembangan, Ensiklopedia, Minat belajarKontekstual, IPS, ADDIE

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan suatu produk berupa ensiklopedia pada pembelajaran IPS berbasis pendekatan Kontekstual. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa terhadap materi keberagaman budaya Indonesia dalam pembelajaran IPS, yang disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran yang menarik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Responden dalam penelitian ini terdiri dari ahli materi, ahli bahasa, ahli media, Guru kelas IV serta peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini wawancara, observasi, dan kuesioner. Hasil uji coba buku ensiklopedia kepada ahli materi memperoleh nilai 9,4%, ahli media memperoleh nilai 9,2%, dan ahli bahasa memperoleh nilai 8,6%. Sedangkan hasil uji coba kepada peserta didik secara one to one memperoleh nilai 95,2%, secara small group memperoleh nilai 93,5%, dan secara field test memperoleh nilai 9,5%. Hal ini menunjukan bahwa buku ensiklopedia pada pembelajaran IPS berbasis pendekatan kontekstual memperoleh nilai sangat layak dengan rentang skor 81% - 100% sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bab 6 “Indonesiaku Kaya Budaya” kelas IV sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djiwandono, P. I., & Yulianto, W. E. (2023). Penelitian kualitatif itu mengasyikkan: Metode penelitian untuk bidang humaniora dan kesusastraan. Penerbit Andi.

AZ-ZAHRA, L. N. (2024). HUBUNGAN KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI GUGUS 4 KECAMATAN CITEUREUP (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA).

Akuba, M., & Uno, W. A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran LCD Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di SDN 15 Tilamuta Kabupaten Boalemo. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 945-951.

HENDRINA, L. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MUATAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA).Fariq, A. (2011).

Syahputra, E. (2020). Snowball Throwing Tingkatan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publishing.

Syukur, M. G., & Nugraha, H. (2024). Model Aktivitas Fisik Berbasis Outdoor Activity Untuk Kepemimpinan Anak Pra Remaja. Journal Olahraga Rekat (Rekreasi Masyarakat), 3(1), 56-64.

Tobamba, E. K., Siswono, E., & Khaerudin, K. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap hasil belajar IPS ditinjau dari minat belajar siswa sekolah dasar. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(2), 372-380.

Downloads

Published

2025-08-03