IMPLEMENTASI PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING DALAM MATA PELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V
IMPLEMENTASI PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING DALAM MATA PELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30519Keywords:
Cullturally responsive teaching, Problem Based Learning (PBL, IPAS,, Hasil Belajar, Budaya lokalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V.B SD Negeri 55 Palembang dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) melalui penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). CRT merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan latar belakang budaya, nilai-nilai lokal, serta pengalaman hidup siswa ke dalam proses pembelajaran, sehingga materi menjadi lebih relevan, kontekstual, dan bermakna. Pendekatan tersebut dikombinasikan dengan model Problem Based Learning (PBL), yang menekankan pemecahan permasalahan nyata yang berasal dari lingkungan sekitar peserta didik. Penelitian dijalankan dengan menerapkan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Guru mengaitkan materi IPAS dengan budaya peserta didik, memberi ruang kepada peserta didik untuk berbagi pengalaman, serta melakukan pemetaan latar belakang budaya guna menyusun kelompok belajar heterogen. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya kenaikan yang signifikan dalam capaian belajar siswa; rata-rata nilai meningkat dari 63,70 pada tahap prasiklus, menjadi 72,59 pada siklus pertama, dan mencapai 86,67 pada siklus kedua. Ketuntasan belajar klasikal meningkat dari 37,04% menjadi 88,88%. Hasil ini membuktikan bahwa penerapan pendekatan CRT mampu menciptakan suasana belajar yang lebih inklusif, menghormati keberagaman dan pencapaian belajar siswa secara keseluruhan.Downloads
References
Amanda, Y., Albina, M., & Albina, M. (2024). Analisis Tujuan Pembelajaran Menurut Ade Darman Regina. QAZI: Journal of Islamic Studies, 1(2), 106-112.
Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Azizah, A. (2021). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15-22.
Enjelina, R. F., Damayanti, R., & Dwiyanto, M. (2024). Penggunaan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Edutama: Jurnal Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 39-51.
Hidayah, K. A., Pratiwi, D. E., & Hastungkoro, H. N. A. (2024). Penerapan model pbl melalui pendekatan crt untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas 1 di sdn putat jaya iv-380 surabaya. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika, 2(5), 94-102.
Isma, T. W., Putra, R., Wicaksana, T. I., Tasrif, E., & Huda, A. (2022). Peningkatan hasil belajar siswa melalui problem based learning (PBL). Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 155-164.
Nasution, N., Dewi, E., & Ummah, S. V. R. Q. (2023). Pengembangan karakter komunikatif dan disiplin melalui metode culturally responsive teaching dengan pembelajaran sosial emosional pada pembelajaran sejarah siswa kelas X-2 SMAN 1 Kalitidu. Journal on Education, 6(1), 2408-2420.
Ponidi, N. A. K. D., Trisnawati, D. P., Erliza Septia Nagara, M. K., Dwi Puastuti, W. A., & Leni Anggraeni, B. H. (2021). Model pembelajaran inovatif dan efektif. Penerbit Adab.
Rahman, T., & Pd, M. (2018). Aplikasi model-model pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas. CV. Pilar Nusantara.
Riduwan. 2015. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta. Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas pembelajaran statistika pendidikan menggunakan uji peningkatan n-gain di PGMI. Jurnal basicedu, 5(2), 1039-1045.
Sulastri, S., Setiyawan, H., & Widyaningrum, R. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Dengan Menerapkan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Pada Siswa Kelas IV SDN Jajartunggal 3 Surabaya. Perspektif: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Bahasa, 2(2), 167-173.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara.
Virmayanti, N. K., Suastra, I. W., & Suma, I. K. (2023). Inovasi Dan Kreatifitas Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 515-527.
Zahra, N. U. (2024). Tranformasi Pembelajaran IPAS Di Sekolah Dasar Melalui Kurikulum Merdeka: Tantangan dan Peluang. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 9(3), 157-160.
Zulaeha, I., Sintarani, C., Aminah, S., Taripah, & Lekatompessy, A. (2024). Spektrum Pembelajaran Bahasa di Era Merdeka Belajar. Cahaya Ghani Recovery.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.